16 Manfaat Teh Jahe untuk Kesehatan yang Sangat Penting

Menyeduh teh merupakan salah satu pilihan tersendiri juga bagi anda yang tidak menyukai kopi berbeda jika anda melihat manfaat cemara kipas , selain karena rasanya yang nikmat apalagi jika dipadu dengan makanan ringan, teh merupakan salah satu minuman yang sehat. Dan teh sendiri merupakan salah satu minuman wajib yang harus tersedia di rumah, bagi sebagian besar masyarakat Indonesia termasuk anda pasti merasa ada yang kurang jika tidak ada minuman yang satu ini.Hal ini juga mengacu kepada kebiasaan masyarakat yang menghidangkan teh sebagai salah satu teman ngobrol ketika ada tamu ataupun teman yang berkunjung ke rumah. Selain itu tanpa teh terkadang sore hari anda kurang terlengkapi, apalagi ketika musim hujan datang dengan kondisi cuaca yang sangat dingin.

Adapun berbagai inovasi mengenai teh yang bisa menjadi pilihan anda ketika bosan dengan rasa teh yang sama. Yaitu teh jahe, ini merupakan sebuah inovasi perpaduan antara teh dan jahe. Jahe sendiri merupakan jenis rempah- rempah dan termasuk ke dalam tanaman rimpang. Jahe memiliki nama ilmiah Zingiber officinale, biasanya jahe digunakan sebagai bahan makanan atau minuman. Dengan mencampurkan jahe ke dalam teh anda, tidak hanya rasa manis yang nikmat saja anda juga akan mendapatkan manfaat lain. Rasa teh jahe sendiri sangat lezat dengan perpaduan manis dan sedikit pedas. Selain karena rasanya yang nikmat, adapun kandungan nutrisi dari teh jahe yang sangat baik untuk kesehatan anda.

Kandungan Teh Jahe

  • Fluoride
  • Asam amino
  • Antioksidan
  • Polifenol
  • Quercetin
  • Kaempfrol
  • Myricetin
  • Kafein
  • Kalsium
  • Fosfor
  • Zingirona
  • Zingiberol
  • Bisabolena
  • Filandrena
  • Vitamin A, C dan E

Banyaknya kandungan nutrisi yang ada pada teh jahe membuatnya semakin banyak digemari oleh masyarakat. Selain itu teh jahe juga memiliki banyak sekali manfaat selain menutrisi tubuh anda. Bagi anda yang penasaran dengan apa saja manfaat teh jahe berbeda dengan manfaat teh putih, berikut penjelasannya.

Manfaat Teh Jahe

  1. Mengatasi Diare

Mengalami diare tidak hanya dapat membuat aktivitas terganggu tetapi juga sakit perut, anda dapat mengatasinya dengan cara menyeduh teh jahe tanpa campuran apapun.

  1. Mengatasi Sembelit

Bagi anda yang sering mengalami sembelit entah karena salah makan, masuk angin atau susah BAB, anda bisa mengkonsumsi teh jahe untuk mengatasinya. Sehingga sembelit anda hilang.


  1. Meredakan Asma

Kandungan nutrisi pada teh jahe dapat membuat saluran pernapasan menjadi lebih longgar berbeda jika anda melihat manfaat daun seledri untuk wajah, bagi anda yang memiliki riwayat penyakit asma anda bisa mengkonsumsi teh jahe saat asma anda kambuh.

  1. Melancarkan Peredaran Darah

Sering kesemutan hingga kram merupakan salah satu ciri dari kurang lancarnya peredaran darah anda. Agar peredaran darah anda lebih lancar dan tidak sering mengalami kesemutan, anda bisa mengatasinya dengan mengkonsumsi teh jahe secara berkala.

  1. Mencegah Alzeimer

Alzeimer merupakan salah satu penyakit yang kebanyakan dialami oleh orang berusia sekitar 40 hingga 50 tahun. Untuk mencegahnya dan untuk mengembangkan daya ingat anda, anda bisa mengkonsumsi teh jahe secara berkala.

  1. Mengatasi Nyeri Haid

Bagi wanita, mengalami nyeri saat haid merupakan salah satu hal yang mngganggu. Selain mengganggu aktivitas, begitu juga dengan mood. Untuk mengatasinya agar nyeri haid hilang, anda dapat mengkonsumsi teh jahe saat mengalaminya.

  1. Meningkatkan Sistem Imun

Teh jahe juga bermanfaat meningkatkan sistem kekebalan tubuh anda. Dengan memiliki sistem kekebalan tubuh yang baik berbeda dengan manfaat kulit manggiis, anda tidak akan mudah terkena penyakit flu, demam, hingga masuk angin.

  1. Meredakan Stress

Kandungan nutrisi serta kehangatan dari teh jahe dapat meredakan stress yang anda alami. Tidak hanya stress tetapi juga penat dan pusing karena masalah ataupun karena lelah.

  1. Meningkatkan Kesuburan Pria

Bagi anda pria yang ingin cepat memiliki momongan, anda bisa mencoba mengkonsumsi the jahe setiap pagi untuk meningkatkan kesuburan anda.

  1. Meningkatkan Nafsu Makan

Tidak hanya anak kecil, bahkan orang dewasa juga sering mengalami penurunan nafsu makan, untuk mengatasinya anda bisa mengkonsumsi teh jahe.

  1. Menghangatkan Tubuh

Cuaca yang dingin membuat kita seringkali susah untuk menghangatkan badan walau melakukan berbagai cara. Salah satu cara ampuh yang bisa anda lakukan yaitu meminum teh jahe hangat.

  1. Mencegah Kanker

Adapun kandungan antioksidan dan polifenol pada teh jahe yang dapat mencegah kanker.

  1. Menjaga Kesehatan Jantung

Bagi anda yang ingin memiliki jantung sehat, selain olahraga teratur anda juga bisa mengkonsumsi teh jahe secara berkala.

  1. Mengontrol Kadar Kolesterol

Dengan mengkonsumsi teh jahe secara rutin tanpa gula berbeda jika anda melihat manfaat susu beruang untuk paru- paru, anda dapat menjaga serta mengontrol kadar kolesterol sehingga selalu stabil.

  1. Menjaga Kesehatan Tulang

Kandungan kalsium dan fosfor pada teh jahe dapat membantu anda dalam menjaga kesehatan tulang dan menguatkannya.

  1. Menjaga Kesehatan Gusi dan Gigi

Selain menyehatkan tulang, kandungan kalsium dan fosfor pada teh jahe sangat baik untuk menjaga kesehatan gigi dan gusi. Ini sangat bermanfaat bagi anda yang ingin memiliki gigi putih dan sehat.

Itulah beberapa manfaat mengenai teh jahe yang dapat kami sampaikan, semoga informasi di atas dapat bermanfaat dan menambah wawasan anda.

, ,
Oleh :
Kategori : Minuman