6 Manfaat Minum Susu Kental Tanpa Air yang Harus Diketahui

Belakangan ini, susu kental manis sering dianggap sebagai produk olahan yang memiliki nilai gizi tidak terlalu tinggi bahkan dianggap berbahaya untuk kesehatan. Namun sebetulnya, susu kental ini tetap baik dan aman untuk dikonsumsi serta tidak berbahaya untuk kesehatan apabila dikonsumsi dalam batas tertentu dan tidak berlebihan menurut seorang pakar dari sebuah Universitas terkemuka Indonesia. Mengkonsmsi susu kental bahkan secara langsung dan tidak dicampur dengan air tetap baik dilakukan asal dengan porsi yang wajar dan tetap diimbangi dengan mengkonsumsi sayur sayuran, buah buahan, biji bijian dan juga tetap minum air putih cukup untuk menghindari tubuh dari dehidrasi. Selain itu, pilih juga susu kental yang rendah atau bahkan tanpa kandungan lemak sama sekali sehingga bisa lebih menyehatkan untuk tubuh. Lalu, apa saja sebenarnya manfaat minum susu kental tanpa air sama sekali untuk tubuh?, berikut penjelasan selengkapnya untuk anda.

  1. Kandungan Protein Lebih Mudah Dicerna

Seperti yang kita ketahui, segala jenis susu baik itu susu murni, susu bubuk dan juga manfaat susu kental manis mengandung kadar protein yang sangat tinggi. Akan tetapi kelebihan yang bisa didapat ketika anda minum susu kental tanpa dicampur dengan air adalah kandungan protein didalamnya bisa dicerna tubuh jauh lebih mudah dibandingkan dengan protein yang terkandung dalam susu cair. Hal ini didapat karena susu kental sudah mengalami proses kondensasi dimana akan terbentuk dadih flokulen baik di perut dibandingkan dengan dadih yang lebih besar dalam susu cair.

  1. Kandungan Karbohidrat Lebih Mudah Dicerna

Tidak hanya protein dalam susu kental yang lebih mudah dicerna, namun saat anda minum susu kental tanpa air maupun dengan air, maka manfaat karbohidrat dalam susu kental akan lebih mudah dicerna dan diasimilasikan. Zat ini akan memasok panas serta sumber energi yang dibutuhkan tubuh manusia. Apabila anda diet rendah lemak, maka membutuhkan proporsi karbohidrat yang lebih besar sehingga susu kental ini baik dikonsumsi.

  1. Konsentrasi Vitamin dan Mineral Lebih Banyak

Dalam proses pembuatannya, susu kental dibuat dari susu segar yang dipanaskan dalam suhu tinggi sehingga kadar air dalam susu kental akan menguap dan berubah menjadi susu padat yang lebih baik. Inilah yang menyebabkan konsentrasi vitamin, mineral dan nutrisi dalam susu kental lebih banyak dibandingkan dengan susu segar.

  1. Mendukung Asupan Gizi Harian

Minum susu kental tanpa air juga bisa mendukung asupan gizi harian yang dibutuhkan oleh tubuh mengingat tidak selamanya makanan yang dikonsumsi setiap hari sudah cukup baik untuk memenuhi kebutuhan tubuh. Manfaat kalsium tinggi dalam susu kental salah satunya bisa mendukung kekuatan tulang yang diperkaya juga dengan kandungan gizi makro seperti karbohidrat, protein dan 9 jenis vitamin lainnya.


  1. Meningkatkan Tidur yang Berkualitas

Minum setidaknya 1 sendok makan susu kental sebelum tidur tanpa tambahan air juga sangat bagus dilakukan untuk memperbaiki pola tidur. Dalam susu kental mengandung asam amino esensial triptofan yakni perkursor atau bahan baku pembentukan hormon melatonin dan serotonin yang berguna untuk memicu rasa kantuk pada tubuh. Untuk itu, minum susu kental sebelum tidur akan membuat tidur lebih lelap dan bisa mengatasi lelah yang biasanya terjadi ketika tubuh tidak mendapatkan kualitas tidur yang baik.

  1. Menambah Semangat Sepanjang Hari

Bagi anda yang seringkali melewatkan jam makan, maka minum susu kental tanpa air juga baik dilakukan. Kandungan vitamin B1 dalam susu ini akan berperan sebagai koenzim yakni merubah manfaat karbohidrat menjadi sumber energi sehingga anda bisa tetap beraktivitas selama satu hari tanpa lelah.

Dari ulasan ini bisa dilihat jika jenis susu ini tidak seburuk seperti pemberitaan yang banyak beredar saat ini. Ada cukup banyak manfaat minum susu kental tanpa air yang bisa anda dapatkan khususnya bagi anda yang sering melewatkan jam makan karena kesibukan beraktivitas setiap hari. Untuk itu, susu kental tetap aman dikonsumsi namun jangan terlalu berlebihan sebab segala sesuatu yang berlebihan tetap tidak baik dilakukan.

, , , ,
Oleh :
Kategori : Minuman