20 Manfaat Cemara Kipas Tersembunyi Untuk Kesehatan dan Kecantikan

Cemara kipas yang kita kenal sebagai tanaman hias atau acara keagamaan umat Kristiani ini ternyata juga memiliki banyak khasiat yang baik untuk tubuh. Tanaman yang memiliki rasa manis ini mengandung beberapa senyawa kimia seperti polifenol, tanin, saponin dan flavonoida yang bisa digunakan sebagai pengobatan alami beberapa jenis penyakit dan juga kecantikan kulit serta rambut. Untuk keterangan lebih lengkap tentang manfaat cemara kipas bisa anda lihat dalam ulasan berikut ini.

  1. Mengatasi Insomnia

Insomnia merupakan gejala kelainan berupa kesulitan tidur atau tidak bisa tidur terlalu lama sesuai dengan kebutuhan tubuh. Khasiat yang terkandung dalam daun cemara kipas ini sangat baik untuk penderita insomnia agar bisa tidur dan durasi tidur juga mencukupi sesuai dengan kebutuhan tubuh manusia.

  1. Menjaga Kesehatan Emosional

Ekstrak dari daun cemara kipas yang dibuat sebagai minyak esensial ini sudah digunakan sejak lama oleh penduduk Amerika untuk meningkatkan spiritual dan juga kemampuan dalam menyembuhkan kesehatan emosional. Efek grounding dan juga stimulasi yang terkandung dalam tanaman ini akan sangat membantu untuk menyingkirkan kelemahan fisik dan mental serta stres yang terlalu berlebihan. Perasaan seperti depresi akan lebih ringan dengan penggunaan minyak esensial cemara kipas secara teratur. Monoterpen yang terkandung didalamnya juga sangat cocok digunakan untuk yoga dan meditasi karena bisa meremajakan emosional dan memperbarui emosional serta membersihkan perasaan yang tidak baik. Untuk cara menggunakannya dengan menambahkan 8 tetes minyak esensial cemara kipas pada vaporizer untuk menciptakan suasana berbeda di ruangan anda.

  1. Melegakan Pernapasan

Dalam tanaman cemara kipas juga mengandung sifat ekspektoran, dekongestan dan juga antitusif yang sangat baik digunakan sebagai antitusif dan dekongestan alami untuk mengatasi sumbatan pernapasan karena lendir dan dahak terlalu berlebihan dalam hidung dan pernapasan. Ektrak dari daun cemara kipas ini menjadi solusi baik untuk mengatasi beberapa penyakit pernapasan seperti pilek, solusi batuk, bronkitis, flu dan juga asma. Sedangkan sifat anti bakteri, sumber antioksidan, antiseptik dan antibiotik didalamnya akan memulihkan penyakit lebih cepat sekaligus meningkatkan sistem kekebalan tubuh sehingga tubuh tidak lagi rentan terhadap penyakit.

  1. Mengurangi Rasa Sakit

Sifat analgesik kuat yang ada dalam cemara kipas ini juga bisa digunakan sebagai obat alami untuk menghilangkan dan mengurangi rasa sakit akibat nyeri otot dan persendian. Kandungan dalam cemara kipas ini akan melancarkan peredaran darah ke otot dan persendian sehingga berbagai masalah seperti rematik, artitis dan nyeri akan sembuh lebih cepat.

  1. Meningkatkan Sistem Hormon

Cemara kipas yang diekstrak menjadi minyak esensial ini juga sangat baik untuk mendukung sistem hormon karena ampuh dalam merangsang hormon kortison. Konstituen terpenoid polisiklik didalamnya akan menstimulasi kelenjar adrenal, tiroid dan juga kelenjar pituitary yang berfungsi untuk mengatur dan menjaga kestabilan sekresi hormon dan kadar hormon di dalam tubuh. Pelepasan hormon adrenal akan diatur lebih baik untuk mengatasi stres dan bahkan bisa mengendalikan hipertiroidisme yang terjadi karena hormon tiroid terlalu aktif dan keluar dalam jumlah berlebihan.

  1. Mencegah Infeksi Saluran Kemih

Sifat anti bakteri dan anti mikroba yang ada dalam cemara kipas efektif dipakai untuk disinfeksi serta mencegah infeksi saluran kemih agar sistem ekskretoris dan genital bisa terjaga kebersihannya. Bakteri dan virus yang ada di area genital serta jamur akan berkurang dan bisa dicegah penyebarannya dan juga mempercepat proses penyembuhan.

  1. Mengatasi Sakit Otot

Sakit otot bisa disembuhkan secara mudah dengan memakai minyak esensial cemara kipas untuk memijat area tubuh yang sakit sehingga bisa memberikan kelegaan rasa sakit yang ditimbulkan sekaligus menyehatkan otot dan saraf sehingga bisa beraktivitas fisik secara maksimal.

  1. Mencegah Kontraksi Otot

Ekstrak dari cemara kipas juga bisa digunakan untuk mencegah kontraksi otot yang bisa berkembang menjadi kronis apabila tidak segera ditangani dengan baik. Rasa nyeri sendiri dan nyeri mayor ortopedi sangat disarankan untuk dikurangi supaya tidak berkembang semakin parah.

  1. Mencegah Radang Perut

Radang perut yang menimbulkan sensasi seperti terbakar merupakan masalah umum yang dialami 2 dari 10 orang di dunia. Mengkonsumsi makanan yang ditambahkan dengan minyak esensial cemara kipas terbukti ampuh untuk memberi kelegaan secara cepat di area perut anda seperti solusi maag.

  1. Mengatasi Masalah Paru Paru

Cemara kipas juga sangat efektif digunakan untuk mengobati segala masalah yang berkaitan dengan paru paru. Cemara kipas mengandung ekspektoran luar biasa sehingga menjadi obat alami ideal untuk segala penyakit paru paru seperti asma dan juga bronkitis.

  1. Mendukung Kelenjar Adrenal

Ekstrak cemara kipas juga sangat baik digunakan untuk mendukung dan menambah kekuatan kelenjar adrenal yang sangat penting untuk memberi kelegaan pada stres dan juga mengatasi lelah terlalu berlebihan.

  1. Meningkatkan Imunitas

Cemara kipas sangat efektif dan dianjurkan dikonsumsi untuk memperbaiki sistem kekebalan tubuh manusia secara alami yang tidak hanya mendukung imunitas tubuh namun juga melindungi sel tubuh dari infeksi serta serangan jamur.

  1. Mengatur Metabolisme

Cemara kipas yang diekstrak menjadi minyak menjadi alternatif dari minyak zaitun yang baik untuk mengatur fungsi dari metabolisme sekaligus mengendalikan segala jenis aktivitas metabolik tubuh dan mencegah gangguan metabolik yang menyerang tubuh.

  1. Merawat Kulit

Tidak hanya bisa mengatasi berbagai masalah di dalam tubuh, namun cemara kipas juga efektif digunakan untuk merawat segala jenis kulit sekaligus mengangkat sel sel kulit mati. Memijat kulit dengan minyak cemara kipas akan memberikan manfaat luar biasa untuk kulit yang akan membuat kulit bercahaya dan terawat secara menyeluruh.

  1. Menjaga Kesehatan Rambut

Untuk mendapatkan rambut yang terlihat bercahaya dan terawat, anda bisa menggunakan ekstrak cemara kipas ini untuk mengatasi berbagai masalah rambut seperti ketombe, rambut rontok dan juga uban. Akan tetapi untuk penggunaannya, konsultasikan dulu dengan dokter sebab mungkin saja menyebabkan efek samping.

  1. Meningkatkan Energi

Karena efek cemara kipas yang sangat baik sebagai sumber energi, maka menggunakan cemara kipas sebelum tidur harus dihindari karena bau yang dihasilkan akan membuat anda terjaga sepanjang malam. Namun saat digunakan dalam beraktivitas, maka tanaman ini akan meningkatkan mental serta fisik untuk menjalani hari hari anda supaya lebih baik karena sifatnya yang baik dalam mengeluarkan racun dalam tubuh.

  1. Menurunkan Stres

Tekanan yang dihadapi sehari hari karena kepadatan aktivitas bisa diturunkan dengan menggunakan cemara kipas karena sifat dalam tanaman ini yang akan mendukung adrenal yakni kelenjar yang membantu tubuh untuk bisa beradaptasi lebih baik terhadap stres sekaligus mengatasi sakit kepala. Stres kronis yang berkepanjangan sangat tidak baik jika diabaikan dan tidak diatasi.

  1. Memperbaiki Mood

Aroma wangi yang dihasilkan cemara kipas sangat menyenangkan dan ampuh untuk memperbaiki mood anda. Dengan bantuan diffuser, anda bisa menggunakan minyak esensial ini untuk meningkatkan mood anda secara alami.

  1. Meningkatkan Memori dan Konsentrasi

Kesulitan berkonsentrasi dan mengingat sesuatu juga bisa diatasi dengan menggunakan cemara kipas yang sangat baik dalam mempertajam ingatan dan menajamkan kemampuan mental anda. Mencium aroma ekstrak cemara kipas ini selama 10 menit akan memberikan peningkatan konsentrasi saat bekerja atau belajar.

  1. Meningkatkan Pencernaan

Radang yang sering terjadi pada sistem pencernaan karena mengkonsumsi makanan yang tidak sehat, kotor dan terlalu berlebihan akan membuat area perut tidak nyaman. Masalah ini bisa teratasi dengan minyak esensial cemara kipas untuk mengatasi masuk angin, perut kembung dan berbagai masalah perut lainnya dengan cara menggosok minyak esensial cemara kipas yang dicampur minyak kelapa selama beberapa menit.

Manfaat cemara kipas ternyata tidak hanya indah dan meneduhkan untuk digunakan sebagai tanaman hias di rumah, namun juga memiliki banyak kandungan bermanfaat untuk menyembuhkan penyakit, merawat rambut dan juga kulit secara alami. Semoga bisa bermanfaat.