7 Manfaat Musim Kemarau untuk Kehidupan Masyarakat

Musim kemarau selalu identik dengan tidak adanya hujan, kekeringan, udara kering, panas, susah air dan masih banyak lagi hal-hal negatif yang diasosiasikan dengan musim kemarau termasuk jenis-jenis penyakit seperti diare yang dianggap disebabkan oleh musim kemarau. Tapi tahukan Anda dibalik semua hal tersebut ternyata juga banyak sekali manfaat musim kemarau.

Apa Itu Musim Kemarau?

Sebelum membahas lebih jauh tentang manfaat musim kemarau ada baiknya Anda mengetahui terlebih dahulu apa itu sebenarnya musim kemarau. Musim kemarau juga dikenal dengan musim kering yang dipengaruhi oleh angin muson dan hanya terdapat di daerah beriklim tropis. Jadi Indonesia termasuk salah satu negara beriklim tropis yang mengalami musim kemarau.

Manfaat Musim Kemarau

Setelah mengetahui apa itu musim kemarau berikut adalah beberapa hal yang tentunya penting juga untuk diketahui yaitu manfaat musim kemarau bagi kehidupan masyarakat pada umumnya.

  1. Proses Penjemuran Menjadi Lebih Cepat

Salah satu manfaat utama dari musim kemarau adalah segala jenis proses penjemuran menjadi lebih cepat. Di skala rumah tangga, para ibu rumah tangga akan senang karena cucian cepat kering. Dari segi ekonomi pun musim kemarau dengan matahari berlimpah tentunya akan menguntungkan para pebisnis laundry, petani garam tradisional sampai para pembuat ikan asin karena proses penjemuran tidak akan terkendala.

  1. Potensi Penggunaan PLTS

Walaupun PLTS di Indonesia masih kurang populer tapi PLTS merupakan potensi penghasil listrik saat musim kemarau. Terutama bagi wilayah-wilayah yang belum mendapat pasokan listrik, penggunaan tenaga surya lewat surya panel sangat membantu menyediakan ketersediaan listrik skala kecil maupun skala menengah.

  1. Saat Musim Kemarau Cuaca Cenderung Stabil

Ketika musim kemarau cuaca memang cenderung stabil sehingga potensi bencana yang biasanya terjadi pada musim penghujan seperti tanah longsong dan banjir juga tidak terjadi pada musim kemarau. Para nelayan juga lebih aman melaut mencari ikan saat musim kemarau karena cuaca akan cerah dan baik untuk navigasi.

  1. Lebih Mudah Melakukan Segala Aktifitas

Musim kemarau merupakan waktu yang tepat untuk melakukan segala aktifitas di luar rumah. Jika Anda ingin pergi berlibur dengan keluarga, musim kemarau adalah saat yang tepat untuk melakukannya. Anda bisa berlibur ke pantai, berkemah ataupun sekedar melakukan kegiatan di luar rumah.

  1. Populasi Nyamuk Berkurang

Salah satu ancaman yang sering terjadi pada musim penghujan adalah mewabahnya penyakit yang disebabkan oleh nyamuk. Pada musim kemarau para orangtua boleh sedikit lega karena pada musim ini populasi nyamuk akan berkurang drastis karena kurangnya genangan air walaupun tentu saja tetap harus waspada.

  1. Waktu Tepat untuk Menanam Palawija

Banyak petani mengeluh ketika musim kemarau sawah irigasi mereka akan kekurangan pasokan air. Oleh karena itu dari pada hanya bergantung pada satu jenis tanaman, musim kemarau merupakan waktu yang tepat untuk memanfaatkan sawah irigasi yang kering untuk menanam tanaman palawija yang juga memiliki nilai ekonomi yang tinggi.

  1. Transportasi Laut Lancar

Salah satu manfaat yang bisa Anda dapatkan ketika musim kemarau adalah transportasi laut akan lancar dan tidak terkendala karena seperti yang disebutkan pada poin nomer tiga, kondisi cuaca pada musim kemarau cenderung stabil. Dengan tingginya harga tiket pesawat akhir-akhir ini mungkin transportasi laut bisa menjadi solusi atau alternatif pilihan jika ingin bepergian sekalian mencari pengalaman baru.

Dampak Negatif dari Musim Kemarau

Tentunya baik itu musim hujan ataupun musim kemarau selalu ada dampak negatifnya dan berikut adalah beberapa dampak negatif yang ditimbulkan akibat datangnya musim kemarau.

  • Salah satu dampak negatif yang paling utama ketika musim kemarau adalah susah air terutama di beberapa daerah dataran tinggi. Namun akibat hal ini biasanya muncul beberapa jenis pekerjaan dadakan seperti tukang gali sumur, penjual air dan segala jenis minuman yang dijual menggunakan es dan dingin menjadi lebih laku dari biasanya.
  • Musim panas juga sering dihubungkan dengan mewabahnya penyakit diare. Well, hal ini sebenarnya tergantung akan kelalaian pribadi setiap orang, karena kecenderungan orang saat cuaca panas adalah ingin minum yang dingin-dingin. Es yang digunakan untuk membuat minuman belum tentu menggunakan air bersih sehingga hal tersebutlah yang sering menjadi penyebab utama diare bukan musim kemarau.
  • Kebakaran hutan merupakan masalah tahunan yang terjadi di Indonesia karena memang ketika cuaca kering, musibah ini kerap kali terjadi. Peran serta pemerintah serta masyarakat sekitar untuk senantiasa menjaga lingkungan sangatlah penting dalam proses pencegahan bencana kebakaran hutan ini.

Musim kemarau ternyata juga bisa menjadi berkah bagi kehidupan masyarakat terutama bagi petani garam tradisional dan para pembuat ikan asin karena dapat bermanfaat secara ekonomi bagi mereka. Jadi sebenarnya baik itu musim hujan atau musim kemarau atau mungkin musim buah-buahan kalau di Indonesia semuanya memilki banyak manfaat tersendiri tinggal kita menyikapi bagaimana baiknya menangani dampak negatif yang mungkin ditimbulkan.