12 Manfaat Tanah Mediteran Secara Ekonomi dan Pertanian

Terdapat beberapa jenis tanah yang bisa Anda temukan namun tahukan Anda bahwa tak hanya jenis dan karakteristiknya saja yang berbeda tapi pemanfaatnnya juga ternyata bisa berbeda untuk satu jenis tanah dengan yang lainnya. Salah satunya adalah jenis tanah mediteran yang juga dikenal dengan istilah tanah alfisol dengan karakteristik utama berwarna abu-abu dan berkapur.

Manfaat Tanah Mediteran Secara Ekonomi dan Bidang Pertanian

Tanah mediteran merupakan salah satu jenis golongan tanah yang dianggap subur karena kaya akan kandungan mineral mulai dari aluminium, besi, air dan bahan organik lainnya. Dengan kata lain, manfaat tanah mediteran sangatlah jika ditilik dari sisi ekonomi karena sangat menguntungkan untuk pertanian bahkan juga dianggap memiliki banyak sekali korelasi untuk kesejahteraan manusia.

Manfaat Tanah Mediteran Secara Ekonomi

  1. Digunakan untuk Membuat Bahan Bangunan

Saat ini banyak orang berlomba-lomba mencari solusi ekonomis untuk membangun sebuah hunian. Tanah mediteran juga digunakan sebagai salah satu solusi yang bisa digunakan untuk membuat bahan bangunan. Salah satunya adalah dengan cara memanfaatkan tanah mediteran sebagai bahan campuran pengganti pasir untuk dicampur dengan semen.

  1. Untuk Bahan Kapur yang Kokoh

Salah satu karakteristik utama tanah yang merupakan pelakukan dari batuan kapur adalah memiliki karakteristik yang kokoh. Jadi tidak heran masyarakat tradisional dulu juga sering memanfaatkan tanah mediteran sebagai bahan bangunan karena memang cukup kokoh walaupun saat ini sudah banyak pilihan untuk bahan dasar bahan bangunan tapi tidak ada salahnya mempertimbangkan tanah mediteran jika jenis tanah ini cukup mudah ditemukan dilingkungan Anda.

  1. Bermanfaat untuk Pondasi Bangunan

Tidak banyak orang tahu bahwa tanah mediteran juga bisa dimanfaatkan untuk menjadi pondasi bangunan karena karakteristik tanahnya yang memang cocok digunakan untuk menjadi campuran pembuatan bahan bangunan.

  1. Bisa Digunakan untuk Campuran Semen

Biasanya ketika akan membangun sebuah bangunan media semen adalah yang paling mudah dan paling gampang diaplikasikan. Namun semen juga membutuhkan campuran supaya bisa kokoh dan bertahan lama. Kebanyakan orang menggunakan media pasir sebagai bahan pencampur semen tapi ternyata juga bisa menggunakan tanah mediteran sebagai pengganti pasir.

  1. Bahan Dasar Kerajinan Gerabah

Secara umum orang menggunakan tanah liat untuk membuat kerajinan gerabah namun ternyata tanah mediteran juga memiliki nilai ekonomis lebih untuk digunakan sebagai bahan dasar pembuatan kerjainan gerabah.

Manfaat Tanah Mediteran untuk Pertanian

  1. Baik untuk Pertanian

Seperti yang sudah disebutkan di atas bahwa tanah mediteran tergolong dalam jenis tanah yang terbentuk secara alami sehingga kandungan alaminya sangat terjaga. Tanah ini mengandung banyak sekali kandungan mineral yang dapat dimanfaatkan sebagai lahan pertanian ataupun perkebunan tergantung karakteristik tanahnya apakah lebih cocok untuk pertanian, persawahan atau perkebunan.

  1. Termasuk Golongan Tanah Merah

Sebagai salah satu golongan tanah merah, tanah mediteran dianggap sebagai tanah yang memiliki banyak sekali kandungan alami. Itulah sebabnya tanah ini dikenal sebagai salah satu jenis tanah yang subur karena kaya akan kandungan mineral dan mampu mengikat air dalam jumlah banyak. Sesuai jenisnya tanah mediteran bisa digunakan sebagai lahan pertanian untuk menanam padi sampai jenis tanaman palawija, jagung dan pohon jati.

  1. Cocok untuk Menanam Padi

Perlu Anda ingat bahwa tanah mediteranpun masih dibagi dalam beberapa jenis tergantung pada kadar mineral yang dikandung di dalamnya. Beberapa tanah mediteran yang terdapat di provinsi Jawa tergolong cocok untuk menanam padi dengan karakteristik utama tanah mediteran berwarna keabu-abuan gelap.

  1. Mampu Menampung Banyak Air

Salah satu karakteristik utama tanah mediteran adalah bahwa tanah ini mampu menampung banyak air. Beberapa petani tradisional masih memanfaatkan tanah ini untuk menyimpan cadangan air terutama di musim kemarau ketika lahan pertanian atau perkebunan kesulitan untuk mendapatkan air.

  1. Juga Cocok untuk Tanaman Palawija

Karakteristik tanah mediteran adalah mengandung banyak kapur. Menurut ilmu pertanian tanah berkapur sangat cocok untuk digunakan sebagai lahan perkebunan untuk menanam palawija. Selain itu tanah jenis ini juga cocok untuk bertanam jagung dan jati karena kedua jenis tanaman tersebut tidak memerlukan banyak air.

  1. Bisa Digunakan sebagai Penghambat Gulma

Tanah kampur memiliki sifat yang cukup panas sehingga secara tradisional banyak para petani memanfaatkan tanah ini untuk digunakan sebagai penghambat pertumbuhan gulma secara alami sekaligus penghalau hama untuk tanaman terutama pada tanaman jeruk.

  1. Digunakan untuk Menurunkan Kadar Keasaman Tanah

Satu lagi manfaat tanah mediteran untuk pertanian yaitu sampai saat ini masih dimanfaatkan oleh para petani untuk menurunkan kadar keasaman tanah secara alami sehingga kesamaan tanah menjadi normal.

Ternyata ada banyak sekali manfaat tanah mediteran untuk kehidupan manusia. Namun Anda juga harus tahu bahwa bahkan tanah jenis inipun memiliki beberapa jenis dipengaruhi oleh kadar mineral yang terkandung di dalamnya. Berdasarkan penilitian tanah mediteran yang berwarna keabu-abuan dianggap lebih subur dibandingkan dengan tanah mediteran yang berwarna kemerahan.

, ,
Oleh :
Kategori : Alam