5 Manfaat Lahan Gambut bagi Lingkungan dalam Kehidupan

Kebakaran lahan gambut yang sering terjadi merupakan suatu peristiwa yang sangat disayangkan, karena di samping merusak lingkungan juga menimbulkan banyak kerugian banyak pihak. Hal ini menjadi salah satu tanda masih kurangnya kepedulian dan kesadaran masyarakat terhadap lingkungan terutama manfaat dari lahan gambut itu sendiri.

Lahan gambut di Indonesia sendiri tersebar di wilayah Sumatera, Kalimantan dan Papua yang memiliki ketebalan dari 12 meter hingga 20 meter di daerah tertentu. Banyaknya manfaat tanah gambut bagi kehidupan yang bisa diperoleh karena lahan gambut banyak menyimpan karbon dua kali lebih tinggi jika dibandingkan dengan jenis lahan lainnya. Pada artikel kali ini akan diulas mengenai apa saja manfaat lahan gambut di dalam kehidupan, seperti berikut ini:

1. Menjadi lahan pertanian yang mumpuni

Penduduk yang tinggal di wilayah lahan gambut pada umumnya akan memanfaatkannya menjadi lahan perkebunan untuk ditanami berbagai macam tanaman seperti kelapa sawit, karet, padi, sayur mayur dan lain sebagainya. Sehingga tidak heran jika masyarakat di sekitarnya banyak yang menjadi petani untuk memperoleh penghasilan. Hal ini disebabkan karena seperti halnya dengan manfaat sulfur pada tanah pertanian, struktur tanahgambut mengandung hasil pelapukan ratusan bahkan ribuan tahun yang sangat baik untuk pertumbuhan tanaman.

2. Menyediakan sumber dan menyimpan cadangan air

Untuk memperoleh manfaat sumber daya air dalam kehidupan sehari-hari juga dapat mengandalkan dari lahan gambut yang ada. Lahan gambut memiliki peran sebagai sumber air di daerahnya, dapat menyimpan cadangan air dan dapat menjadi resapan air yang baik. Sehingga pada musim penghujan lahan gambut bisa menampung air hujan, yang selain dapat dijadikan cadangan juga dapat membantu pencegahan banjir di daerah sekitarnya.

3. Menjadi tempat tinggal flora gambut dan fauna

Salah satu manfaat lahan gambut sebagai hutan gambut adalah menjadi tempat hidup flora yang memang berhabitat di lahan gambut maupun menjadi rumah untuk berbagai jenis satwa. Hal ini tentunya akan terus berlangsung jika lahan gambut dijaga, dan dilestarikan dengan baik, serta tidak dilakukan eksploitasi atau perusakan seperti pembukaan lahan dengan pembakaran. Dengan dijaganya lahan gambut tidak hanya melindungi makhluk hidup di dalamnya, namun juga dapat mencegah terjadinya bencana seperti kabut asap maupun kebakaran lahan.

4. Dapat dijadikan sebagai lahan peternakan

Di samping bagus menjadi lahan pertanian, lahan gambut juga dapat meningkatkan manfaat peternakan bagi manusia. Lahan gambut banyak dimanfaatkan oleh masyarakat untuk beternak hewan seperti uanggas, sapi atau kambing, bahkan bisa dipakai untuk beternak ikan dengan membuat keramba saat musim hujan. Dan sekarang ini sudah banyak bagian lahan gambut yang dijadikan sumber hasil ternak, untuk mendukung perekonomian masyarakat sekitar.

5. Mengurangi dampak dari pemanasan global

Pemanasan global memang menjadi permasalahan yang mendunia, yang tidak kunjung membaik namun bisa dikurangi dampaknya. Seperti halnya dengan manfaat penghijauan bagi lingkungan manusia, lahan gambut bisa membantu mengurangi dampak pemanasan global dengan menahan gas yang dihasilkan dari rumah kaca seperti metan dan karbon. Gas-gas inilah yang menjadi salah satu penyebab utama terjadinya perubahan iklim dunia dan pemanasan global.

Untuk mendapatkan manfaat dari adanya lahan gambut yang berkelanjutan, adalah tugas manusia untuk menjaga dan melestarikan lahan gambut demi kebaikan bersama-sama. Demikian ulasan mengenai berbagai manfaat lahan gambut di kehidupan manusia.