7 Manfaat Sinar Matahari Sore Yang Baik Untuk Kesehatan

Sebagai negara tropis, Indonesia dianugerahi salah satu hal yang tidak dimiliki dengan baik oleh negara lainnya di dunia ini yakni pancaran sinar matahari yang dapat berlangsung dalam waktu lama. banyaknya sinar matahari baik sore dan pagi hari menjadikan salah satu daya tarik wisatawan asing untuk dapat ke Indonesia dalam kaitannya memanfaatkan sinar matahari tersebut. Daya tarik tersebut terutama diinginkan oleh wisatawan yang negaranya tidak mendapatkan banyak sinar matahari sepanjang tahun.

Ada beberapa bentuk alasan mengapa banyak wisatawan asing yang datang ke Indonesia menginginkan sinar matahari, padahal bagi penduduk Indonesia lebih banyak merasakan kondisi kurang nyaman terhadap adanya terik matahari sepanjang hari. Salah satu alasan terkait sinar matahari tersebut adalah adanya manfaat cahaya matahari bagi tubuh dan kesehatan baik itu sinar matahari pagi maupun sinar matahari sore. Berikut penjelasan mengenai manfaat sinar matahari sore yang dapat diperhatiikan dalam ulasan di bawah ini.

1. Meningkatkan kualitas tidur

Manfaat dari sinar matahari sore yang pertama adalah membantu dalam meningkatkan kualitas tidur seseorang. Karena aktivitas yang berat sepanjang hari dan beberapa penyebab lainnya, seeorang memang terkadang memiliki kualitas tidur yang kurang baik sehingga dapat berdampak pada kesehatannya secara tidak langsung. Berjemur atau melakukan aktivitas luar di sore hari saat ada sinar matahari langsung membantu dalam pelepasan hormon melatonin dalam tubuh. Hormon melatonin yang cukup di dalam tubuh tersebutlah yang memicu peningkatan kualitas tidur seseorang.

2. Membantu mengatasi insomnia

Insomnia atau kondisi kesulitan untuk tidur dan bahkan menjadikan seseorang yang mengalaminya terjaga sepanjang malam. Insomnia dapat dipicu oleh beberapa kondisi diantaranya seperti gaya hidup yang tidak sehat, adanya gangguan psikologis seperti depresi, skizopenia, bipolar, dsb, gangguan kesehatan seperti gangguan hormonal, gangguan organ kemih, sendi dan otot, serta pernafasan. Selain itu juga dapat dipicu oleh faktor lingkungan maupun konsumsi obat obatan tertentu. Salah satu manfaat sinar matahari sore adalah membantu dalam mengatasi kondisi insomnia yang tentunya bisa berpengaruh buruk pada kesehatan.

3. Mengaktifkan vitamin D di dalam tubuh

Salah satu manfaat sinar matahari baik pagi maupun sore adalah mengaktifkan atau membentuk vitamin D di dalam tubuh dari kandungan makanan dan minuman yang dikonsumsi. Vitamin D dibentuk dari 7-dedrocholesterol yang diubah menjadi vitamin D3 oleh adanya sinar matahari yang memapar tubuh. Vitamin D3 tersebut melalui proses di dalam tubuh akan diubah kembali menjadi vitamin D yang memiliki manfaat positif. Beberapa manfaat vitamin D bagi kesehatan tubuh diantaranya seperti menjaga kesehatan tulang, meremajakan kulit yang sudah usang, mencegah terjadinya beberapa kondisi kanket, dan membantu dalam meningkatkan kekebalan tubuh.

4. Membantu mengontrol kadar kortisol

Manfaat sinar matahari sore lainnya yang di dapat ketika melakukan aktivitas di sore hari adalah membantu dalam mengontrol kadar kortisol di dalam tubuh. Kortisol merupakan salah satu hormon di dalam tubuh yang dapat menjadi pemicu keadaan stres. Kortisol yang tinggi di dalam tubuh juga menjadi salah satu pemicu terjadinya peningkatan berat badan. Paparan sinar matahari sehat dapat membantu mengontrol kadar kortisol agar tidak tinggi sehingga kondisi stres dan peningkatan berat badan tidak terjadi.

5. Meningkatkan kekebalan tubuh

Manfaat matahari bagi kehidupan manusia terutama paparan sinarnya yang baik untuk tubuh salah satunya sinar matahari sore adalah membantu secara tidak langsung meningkatkan kekebalan tubuh. Manfaat tersebut bisa diperoleh dengan cara berjemur atau beraktivitas di sore hari tepatinya diatas pukul 4 sore. Proses berjemur juga sebaiknya tidak dilakukan dalam waktu yang cukup lama yakni kurang lebih 15 sampai 30 menit saja karena adanya resiko yang dapat diterima oleh tubuh ketika waktu berjemur dilakukan terlalu lama dan pada jam jam yang tidak tepat.


6. Meningkatkan sirkulasi darah

Ada manfaat lain dari paparan sinar matahari sore yang positif bagi tubuh manusia yakni membantu meningkatkan sirkulasi darah di tubuh sehingga kebutuhan nutrisi dan oksigen pada setiap organ dapat terpenuhi dengan baik. Kondisi sirkulasi yang baik tentu akan membantu menjaga kesehatan kardiovaskular dalam tubuh. Dampak positif ini juga berlaku dalam manfaat sinar matahari pagi.

7. Manfaat lainnya

Selain beberapa manfaat yang disebutkan diatas, ada beberapa manfaat lain dari aktivitas berjemur di atas sinar matahari sore diantaranya seperti membantu dalam mengatasi permasalahan depresi yang banyak terjadi akibat tuntutan hidup dan permasalan hidup, memberikan mood yang lebih baik dan mengatasi kondisi gangguan pada mood, membunuh kumah jahat, secara tidak langsung dapat menurunkan berat badan, serta mencegah terjadinya beberapa permasalahan pada kesehatan tubuh.

Itulah beberapa penjelasan mengenai manfaat sinar matahari sore yang perlu diperhatikan dengan baik. Untuk memperoleh manfaat tersebut, proses berjemur atau dikombinasikan dengan manfaat olahraga sore di bawah sinar matahari harus dilakukan pada jam yang sesuai dengan durasi waktu tubuh mendapatkan paparan sinar matahari yang tidak berlebihan agar efek samping yang ada dapat dicegah.

, , ,
Oleh :
Kategori : Alam