10 Manfaat Sholat Sunah Fajar di Dunia dan Akhirat

Bagi setiap umat beragama, beribadah adalah salah satu pelengkap kehidupan. Ibadah memberikan banyak sekali manfaat, mulai dari manfaat dari segi kesehatan hingga manfaat dari segi kepuasan batin. Beribadah pun akan lebih memberikan pengaruh besar apabila dilakukan sebaik-baiknya.

Diluar ibadah wajib seperti sholat 5 waktu dan berpuasa, ada banyak ibadah sunnah lainnya yang bisa anda lakukan untuk memenuhi kebutuhan spiritual anda, salah satunya adalah sholat sunah fajar. Sholat sunah fajar adalah solat sunah yang dikerjakan sebelum anda menunaikan sholat wajib subuh.

Dan tahukah kamu keutamaan sholat sunnah fajar? Diriwayatkan di salah satu hadist Rasulullah SAW, bahwa dua rakaat sebelum fajar lebih baik dari dunia seisinya. Adapun tata cara melakukan sholat sunah fajar adalah sebagai berikut:

  • Niat Sholat Fajar. Tentunya dalam setiap melakukan ibadah, baik wajib maupun sunnah harus disertakan niat. Pastikan anda menata hati anda untuk mengatur niat mengerjakan segala ibadah semata-mata hanya karena Allah Ta’ala. Adapun niat sholat fajar adalah :

تَعَالَى لِلهِ رَكْعَتَيْنِ الْفَجْرِ سُنَّةَ أُصَلِّى

Ushalli sunnatal faj’ri rokataini lillahii ta’ala

  Artinya : Aku berniat melaksanakan sholat sunnah fajar dua rakaat karena Allah Ta’ala.

  • Membaca doa iftitah, surat Al-Fatihah, surat pendek. Selanjutnya setelah takbir, bacalah tuntunan sholat seperti biasa. Yaitu doa iftitah, surat Al-Fatihah, dan dilanjutkan dengan surat surat pendek pilihan anda.
  • Lakukan sholat seperti biasa, lanjutkan dengan dzikir dan doa setelah sholat. Baca juga: Manfaat Dzikir.

Mungkin untuk melakukan ibadah sunnah ini terlihat sederhana, namun ternyata ibadah sholat sunnah fajar membawa begitu manfaat yang luar biasa untuk hidup anda. Berikut ini beberapa manfaat sholat sunah fajar:

1. Sebagai Penghapus Dosa

Setiap hari setiap manusia tentunya tak pernah luput dari dosa, baik dosa besar maupun dosa kecil. Manusia seringkali meremehkan dalam melakukan dosa,  padahal nyatanya mati atau maut datang tak diduga dan sewaktu-waktu bisa menghampiri tanpa perduli sebanyak apa dosamu dan sesedikit apa amalanmu. Maka jika ingin dosa dosa terhapus, luangkanlah sedikit waktu untuk membiasakan diri melakukan ibadah sholat sunnah fajar. Sholat sunnah fajar dapat menghapus dosa-dosa anda yang pernah secara sadar atau tidak anda lakukan selama hidup. Baca juga: Manfaat Sholat Hajat.

2. Diharamkan Api Neraka

Berbahagialah bagi manusia yang memiliki amalan rutin mengerjakan ibadah sholat sunnah fajar. Karena Allah menjanjikan bahwa untuknya diharamkan api neraka. Bayangkan saja? Betapa besar keutamaan dari sholat sunnah fajar ini. Manusia saja tidak ada yang mampu untuk menghadapi atau melawan kekuatan api dunia, namun Allah bahkan telah menjanjikan anda untuk menyelamatkan dari siksaan dan jahatnya api neraka.

Sesungguhnya api neraka adalah api yang tidak akan berhenti menyiksa anda meskipun anda telah kesakitan dan terluka bagaimanapun parahnya. Karena api neraka memang Allah ciptakan untuk menyiksa umatnya yang menyia-nyiakan kehidupan dunia untuk melakukan kebaikan dan malah bangga terus menerus melakukan amalan yang mengandung banyak mudharat dan lupa akan kewajiban ibadahnya. Baca juga: Manfaat Membaca Asmaul Husna.

3. Mempermudah Datangnya Rezeki

Manusia yang rajin melakukan sholat sunnah fajar, Allah janjikan akan dipermudah urusan rejekinya. Karena pastinya orang tersebut sudah lebih awal bangun di pagi hari dibandingkan orang lainnya yang masih malas-malasan di kasur. Dengan bangun pagi, anda akan jauh lebih segar pikirannya dan memiliki semangat yang jauh lebih besar. Hal ini lah yang mensugesti anda untuk bekerja lebih giat sehingga mendatangkan rejeki yang jauh lebih besar dibandingkan anda tidak melakukan sholat sunnah fajar. Baca juga: Manfaat Doa Asmaul Husna.


4. Dibangunkan Rumah di Surga

Jika ditanya apa tujuanhidup anda? Jawaban yang tepat bukanlah “menjadi orang kaya”, atau “menjadi orang sukses”, dan sebagainya. Namun jawaban yang tepat adalah untuk “masuk surga selamat dari neraka”. Karena sesungguhnya kenikmatan di dunia adalah kenikmatan yang fana. Kenikmatan yang fana adalah kenikmatan yang tidak kekal, kenikmatan yang akan berhenti pada saatnya, dan kenikmatan yang tidak hakiki.

Kenikmatan yang abadi tidak lain dan tidak bukan adalah kenikmatan masuk ke dalam surga. Di dalam surga semua hal adalah hal yang abadi, seluruh yang anda inginkan tersedia, tercukupi, dan bayangkan saja nikmat bagi anda yang bersedia merutinkan sholat sunnah fajar. Anda dijanjikan Allah untuk dibuat rumah di surga nanti. Subhanallah, sesungguhnya itu adalah nikmat diatas nikmat. Maka beruntunglah para ahli sholat sunnah fajar. Baca pula: Manfaat Doa Sapu Jagat.

5. Cahaya Penerang saat Kiamat

Kiamat adalah tanda yang menunjukkan bahwa dunia akan segera lebur dan hancur. Dunia yang mana sering dibanggakan banyak orang atas kenikmatan yang mereka tawarkan akan lenyap begitu saja. Lalu bagaimanakah nasib manusia? Manusia yang tidak beriman dan sering lupa akan Allah tentunya akan disiksa baik di hari kiamat dan di akhirat. Namun, hal itu tidak berlaku bagi seorang ahli sholat sunnah fajar.

Bagi mereka, tidak hanya diselamatkan dari siksaan hari kiamat, bahkan Allah menjadikannya amalannya sebagai cahaya penerang untuknya di akhir dunia nanti. Cahaya itulah yang menuntun manusia, menyelamatkan, dan mengantarkannya ke tempat dimana semua hal bisa anda nikmati kapan saja, dimana saja, dan bagaimanapun keadaannya. Ya, itulah surga. Simak pula: Manfaat Istighfar 1000x Bagi Dunia dan Akhirat.

6. Lindungan dari Allah Selalu Menyertai

Allah adalah zat yang maha mencintai hambanya yang merajinkan ibadah sholat sunnah fajar. Dan sebagai gantinya Allah akan memberikan perlindungan ekstra terhadap hambanya itu. Allah akan memberikan lindungan baik di dunia maupun di akhirat. Lindungan tersebut tentunya adalah keamanan yang paling tinggi dan tidak ada yang bisa menandingi. Perlindungan yang Allah berikan akan menjauhkan anda dari qadar buruk yang awalnya telah dituliskan untuk anda. Sehingga dengan adanya perlindungan Allah, qadar tersebut berubah menjadi qadar baik. Baca pula: Manfaat Membaca Alquran.


7. Dicintai Allah

Sesungguhnya cinta yang paling sempurna dan paling abadi bukanlah cinta terhadap sesama manusia, melainkan adalah cinta Allah terhadap hambanya. Cinta Allah lah sebenarnya yang harus selalu dikejar manusia selama hidup didunia, karena cinta Allah akan mengantarkan kita pula kepada kebahagiaan dan ketentraman yang abadi selama-lamanya tanpa dibatasi oleh waktu. Baca pula: Manfaat Membaca Doa Kanzul Arsy.

8. Menyegarkan Pikiran

Dengan terbiasa melakukan sholat sunnah fajar, anda akan terbiasa mendapat suasana yang segar dan tentunya hal ini mensugesti kedalam pikiran anda. Anda akan terbiasa untuk berprasangka baik atau positive thingking, menjauhkan anda dari kebiasaan memiliki pola pikir yang pesimis, mudah menyerah, tidak semangat, dan lain-lain. Baca pula: Manfaat Wudhu Sebelum Tidur.

9. Melancarkan Aliran Darah

Bahkan tidak hanya sholat sunnah fajar, nyatanya setiap sholat adalah salah satu terapi kesehatan yang membuat aliran darah anda menjadi lancar. Diperkuat lagi dengan dilakukan Ibadah ini di waktu pagi hari saat anda baru saja bangun dari tidur. Hal ini sangat baik untuk aliran darah agar dapat menunjang proses atau sistem metabolisme dalam tubuh. Baca pula: Manfaat Puasa untuk Kesehatan Jasmani dan Rohani.

10. Membuat Tubuh Sehat

Bukan menjadi rahasia lagi, bahwa gerakan sholat memang diyakini dapat meningkatkan kesehatan tubuh manusia. Berbagai penyakit dapat dicegah hanya dengan melakukan sholat, baik sholat wajib maupun sunah. Baca juga: Manfaat Gerakan Sholat untuk Kesehatan Tubuh.

Demikian informasi mengenai manfaat sholat sunah fajar yang perlu Anda ketahui, terutama bagi umat muslim. Selain sebagai bekal menuju akhirat, juga bermanfaat bagi kehidupan Anda di dunia. Jadi sempatkanlah bangun lebih awal agar bisa melaksanakan sholat fajar.

, , ,
Post Date: Saturday 23rd, September 2017 / 08:14 Oleh :
Kategori : Kebiasaan