15 Manfaat Membaca Asmaul Husna Setiap Hari

Sebagai soerang muslim pasti kita telah mengetahui tentang asmaul husnah. Asmaul husna adalah 99 nama yang dimiliki Allah. Nama-nama inilah yang melambangkan dan memperlihatkan betapa besarnya kekuasaan Allah, hanya Allah lah tempat hambanya meminta,dan tiada Tuhan selain Allah. Asmaul husna ada agar kita mengetahui dan faham akan kekuasaan Allah. Ada banyak keajaiban dan keistimewaan dalam asmaul husna. Hal ini sesuai dengan firman Allah dalam surat Al-A’raaf ayat 7, yang berbunyi :

Dan milik Allahlah nama-nama indah, dan mohonlah kepadanya dengan menyebut nama-nama tersebut.”

Selain itu Rasulullah juga bersabda,

Allah mempunyai 99 nama, seratus kurang satu, barangsiapa yang memahaminya akan masuk surga” (HR Bukhari dan Muslim).

Dengan membaca dan memahaminya niscaya kita akan mendapatkan manfaat dan berkah dari bacaan tersebut, kita akan senantiasa akan mendapatkan kebaikan dan perlindungan Allah. Maka tak heran banyak orang-orang muslim yang setiap hari melantunkan nama-nama indah ini. Salah satu contohnya di madrasah-madrasah, setiap pagi sebelum masuk kelas mereka mengaji bersama dan melantunkan asmaul husna bersama. Hal ini sangat baik bagi peserta didik khususnya dan masyarakat umumnya. Itulah beberapa pengenalan tentang asmaul husna, selanjutnya kita akan membahas yang kita dapatkan dari manfaat membaca asmaul husna :

  1. Membuka Pintu Rezeki

Allah maha kaya, Allahlah yang memberikan rezeki untuk kita. rezeki yang kita terima sudah ditakdirkan oleh Allah sesuai dengan apa yang kita lakukan dan usahakan. Kita sebagai umat muslim dalam mencari rezeki adalah dengan bekerja dan biasanya dibantu dengan manfaat sholat dhuha. Namun ada cara lain yang bisa membantu anda mencari rezeki, yaitu dengan membaca Asmaul husna. Dalam asmaul husna ada beberapa nama yang menunjukkan bahwa Allah maha kaya, dan jika dibaca secara rutin niscaya pintu rezeki kita akan terbuka yaitu  al-mughni, al ghaniyyu, dan lainnya. (Baca juga : manfaat sedekah – manfaat zakat fitrah)

  1. Menyembuhkan penyakit

Hampir semua orang jika sakit, akan pergi ke dokter atau ,minum obat-obatan. Perlu kitan ketahui  bahwa itu hanya perantara, penyembuh dan obat sesungguhnya adalah Allah. Allah akan memberikan kesembuhan semua penyakit baik fisik maupun hati jika mereka berdoa dengan tulus pada Allah, bisa juga membaca lantunan asmaul husna, karena ada nama yang menunjukkan bahwa Allah itu memiliki sifat penyembuh, yaitu  ad-dhar, an-nafi’. (Baca juga : manfaat dzikir)

  1. Mendapat keselamatan

Allahlah pelindung kita dari segala marabahaya, kita harus senantiasa meminta perlindungan agar hidup kita ini selamat. Dengan membaca asmaul husna terus menerus niscaya anda akan senantiasa mendapat perlindungannya. Beberapa nama yang memiliki makana perlindungan adalah al-mani’u,  al-mughsitu, dan lainnya

  1. Mendapat ampunan

Sebagai manusia biasa kita tidak pernah luput dari dosa. Hampir tiap hari sengaja atau tidak, disadari atau tidak kita berbuat dosa baik kecil, maupun besar. Dengan begitu kita wajib untuk meminta ampun kepada allah. Dengan membaca asmaul husna secara rutin insyaallah dosa-dosa yang pernah kita perbuat akan diampuni oleh Allah, seperti dalam salah satu namaNya  yaitu  al-affuwu (maha memberi ampunan). (Artikel terkait : manfaat istighfar)

  1. Memperoleh kemudahan

Dalam hidup ini pasti kita pernah mendapat cobaan dan rintangan dalam proses kita mencapai tujuan hidup. Namun dengan kesulitan tersebut kita harus tetap optimis dapat melewatinya. Dengan meminta kepada allah melalui membaca asmaul husna secara ikhlas dan penuh pengharapan niscaya Allah akan memberikan kemudahan bagi setiap masalah anda. Hal ini terbukti dengan adanya beberapa nama Allah yang memiliki makna sebagai pemberi kemudahan dan kelapangan, diantaranya al-barru, al-muqtadir.

Baca juga :

  1. Memperoleh keturunan

Bagai anda yang belum memiliki keturunan saat ini, tetaplah optimis dan senantiasa berdoa dan meminta kepada Allah, salah satu caranya adalah dengan membaca dan mengamalkan asmaul husna. Dari beberapa nama yang dimiliki Allah ada satu nama yang memiliki makna Allah akan memberikan keturunan bagi hambanya yaitu al wahidu.

  1. Menumbuhkan rasa percaya diri

Bagai anda yang merasa kurang percaya diri dengan kemampuan yang anda miliki atau anda yang memiliki anak yang kurang percaya diri. Ada cara ampuh yang bisa digunakan untuk mengatasi masalah ini, memang kita bisa membawa diri kita ke psikiater atau psikolog dan motivator namun hasilnya belum tentu memuaskan. Cara yang tepat adalah meminta dan berdoa pada Allah dengan menyebut nama-nama indahnya. Karena Allah memiliki nama yang bermakna memberikan keyakinan pada diri seorang muslim, yaitu al- wajidu. (Baca juga : manfaat menggunakan jilbab)

  1. Mengendalikan nafsu

Kita sebagai manusia dibekali akal dan nafsu oleh Allah, bila berbicara tentang nafsu maka lebih cenderung membawa ke hal-hal negatif. Maka ada cara ampuh untuk tetap bisa mengendalikan nafsu kita dengan cara membaca dan melantunkan asmaul husna. Ada beberapa asma yang bila kita baca terus menerus akan mampu mengontrol hawa nafsu kita, antara lain  al-mumit, al-muhshi.

Artikel terkait :

  1. Menjaga keharmonisan rumah tangga

Pasti semua rumah tangga menginginkan sakinah, mawaddah, warrahmah. Ada satu cara yang bisa anda lakukan untuk tetap menjaga keharmonisan dalam rumah tnagga anda, yaitu dengan melantunkan nama-nama indah yang dimiliki Allah, salah satu nama yang baik untuk keharmonisan rumah tangga anda adalah al wadud.

  1. Mencerdaskan otak

Asmaul husna merupakan salah satu nutrisi yang baik bagi otak kita, baik dalam menjaga kesehatan otak, menyeimbangkan otak kanan dan kiri dan lainnya. Selain makan-makanan sehat dan menerapkan pola hidup sehat, anda juga bisa menerapkan cara yang satu ini, yaitu melantunkan asmaul husna. Karena dalam 99 namaNya ada beberapa nama yang berbicara tentang kecerdasan dan kepintaran, antara lain al hakim, al alliyu, al-ilmu. (Baca juga manfaat gerakan sholat)

  1. Terhindar dari sifat lupa

Lupa adalah hal yang wajar bagi manusia, bahkan ada istilah yang berbunyi manusia adalah tempatnya lupa. Namun kita bisa mencegah lupa hinggap pada diri kita. Manfaat membaca asmaul husna secara kontinyu maka kita akan terhindar dari yang namanya lupa, hal ini dibuktikan dengan adanya nama Allah yang bermakna menjaga kita dari sifat lupa, yaitu ar-rahman.

  1. Mendekatkan diri pada Allah

Tujuan hidup kita di dunia ini tak lain dan tak bukan adalah senantiasa beribadah kepada Allah dan mendekatkan diri kepadaNya. Ada salah satu ibadah yang mampu mendekatkan kita dengan Allah, salah satunya adalah membaca dan memahami asmaul husna, nama-nama indah yang dimiliki allah. (Baca juga : manfaat sholat)

  1. Menjadi muslim yang sejati

Belum sempurna jika kita belum tahu dan mengerti kekuasaan Allah. Adanya asmaul husna membantu kita untuk sennatiasa memahami dan mengerti tanda-tanda kekuasaan Allah. Dengan membaca dan memahami asmaul husna maka kita kan semakin mengerti tentang apa tujuan hidup kita sebnarnya dan kita akan menjadi muslim yang sebenar-benarnya bukan hanya di KTP saja.

  1. Memperkuat persatuan dan kesatuan

Allah telah mengajarkan saling berkasih sayang kepada sesama. Dengan asmaNya yang berbunyi ar-rahim, atau maha penyayang. Dengan memahami sifat penyayang ini, kita akan saling menyayangi dan melindungi antar sesama dan saling tolong menolong ketika ada yang membutuhkan. Dengan begini persatuan dan kesatuan, kita akan menemukan arti kenyamanan di hidup ini. (Artikel terkait : manfaat bersosialisasi dengan orang lain)

  1. Memperkuat keimanan seorang hamba

dengan senantiasa membaca dan memahami nama-nama yang dimiliki oleh Allah, kita senantiasa semakin yakin bahwa memang tiada Tuhan selain Allah, dan semua kebaikan berasal dariNya, serta patutnya kita hanya meminta kepada Allah. Dengan begini keimanan yang kita miliki akan sempurna tanpa keraguan sedikitpun.

Itulah beberapa manfaat yang akan kita dapatkan ketika kita membaca dan memahami makana dari asmaul husna. Anda bisa membaca dan melantunkan asmaul husna setiap saat semau anda, dimanapun kapanpun anda bisa melakukannya, namun lebih afdolnya lakukan aktivitas ini dalam keadaan suci, seperti ketika sholat wajib ataupun sunnah, ketika membaca Al-Qur’an dan lain sebagainya.

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , , ,
Post Date: Thursday 16th, June 2016 / 06:23 Oleh :
Kategori : Pendidikan