4 Manfaat Terumbu Karang Bagi Ekosistem Laut dan Lingkungan

Terumbu merupakan endapan batuan kapur terbentuk dari kalsium karbonat, yang merupakan senyawa yang dihasilkan oleh karang dan biota laut lainnya. Di samping banyaknya manfaat terumbu karang bagi manusia, terumbu karang memiliki manfaat yang luas baik bagi biota laut maupun untuk lingkungan sekitar pantai. Pada dasarnya manfaat terumbu karang dapat terbagi menjadi tiga manfaat utama yaitu bagi perekonomian, bagi sosial dan bagi ekologi yaitu bagi ekosistem di sekitarnya.

Jika sebelumnya telah dibahas mengenai manfaat terumbu karang secara ekonomi, pada artikel ini akan dibahas mengenai manfaat dan peran terumbu karang untuk ekosistem laut dan lingkungan di sekitarnya. Di bawah ini merupakan 4 manfaat utama dari terumbu karang bagi ekosistem laut dan lingkungan, yaitu:

1. Tempat hidup biota laut

Manfaat terumbu karang bagi ekosistem laut paling penting adalah sebagai tempat hidup atau tempat tinggal bagi hewan dan makhluk hidup lain yang berada di sekitarnya. Terumbu karang memiliki berbagai fungsi bagi biota laut di sekitarnya, yaitu sebagai tempat tinggal, sebagai sumber makanan, serta sebagai tempat untuk tumbuh dan berkembang biak. Makhluk hidup yang berada di sekitar terumbu karang ini, saling hidup bersimbiosis bergantung satu sama lain untuk bertahan hidup. Apabila terumbu karang rusak, maka secara langsung juga akan merusak biota laut yang hidup di dalam terumbu karang.

2. Mencegah abrasi pantai

Melindungi daerah pesisir pantai, merupakan salah satu tugas atau manfaat hutan bakau atau padang lamun. Ternyata terumbu karang dapat membantu tugas tersebut dengan mencegah terjadinya abrasi oleh ombak. Terumbu karang akan membantu hutan bakau memperkecil energi pada ombak, sehingga ombak yang sampai di pesisir pantai tidak akan merusak. Selain membantu mencegah abrasi, terumbu karang juga dapat melindungi ekosistem yang ada di sekitar hutan bakau dan pesisir pantai.

3. Sumber keanekaragaman hayati

Jika dibandingkan dengan ekosistem lain di laut, terumbu karang merupakan satu ekosistem dengan tingkat keanekaragaman hayati yang paling tinggi. Keberadaan terumbu karang karang menjadi pusat keberagaman spesies, genetik atau makhluk hidup laut dengan tingkat ketahanan hidup yang tinggi karena saling hidup bersimbiosis. Manfaat terumbu karang bagi kehidupan akan semakin meningkat, jika keberagaman jenis ini terjaga dengan baik.

4. Membantu mengurangi pemanasan global

Terumbu karang memiliki fungsi yang cukup besar untuk mengurangi dampak pemanasan global. Tidak hanya manfaat terumbu karang bagi ekosistem laut, seperti layaknya hutan terumbu karang juga dapat menyerap gas karbondioksida di udara. Karbondioksida yang diserap akan diubah menjadi salah satu bahan baku terumbu dengan suatu reaksi kimia. Dalam melakukan proses ini, karang dapat dibantu oleh tumbuhan bersel satu yang hidup di dalamnya.

Terumbu karang merupakan salah satu ekosistem yang sensitif dengan sedikit perubahan iklim dan lingkungan. Jadi, berbagai perubahan lingkungan yang berasal dari alam maupun dari aktivitas manusia di sekitarnya dapat mempengaruhi kelestarian terumbu karang. Pada dasarnya kelestarian terumbu karang ini tidak hanya semata-mata untuk menjaga keberlangsungan hidup biota dan ekosistem laut.

Banyaknya manfaat sumber daya laut bagi manusia yang hidup di terumbu karang juga menjadi salah satu alasan terumbu karang harus dijaga kelestariannya. Sehingga tugas manusia adalah menjaga kelestarian terumbu karang dengan tidak melakukan eksploitasi berlebihan, mencemari laut dan usaha lain yang sifatnya merusak. Demikian ulasan mengenai beberapa manfaat terumbu karang bagi ekosistem laut dan lingkungan. Semoga bermanfaat.