7 Manfaat Puasa Untuk Penderita Hipertensi yang Belum Banyak Diketahui

Tekanan darah tidak stabil baik tekanan darah rendah ataupun tinggi sama sama bisa mengganggu kesehatan tubuh seseorang. Hipertensi atau tekanan darah tinggi menjadi salah satu jenis penyakit yang harus diwaspadai yang disebabkan karena tekanan darah pada dinding arteri yang meningkat. Beberapa gejala yang biasa ditimbulkan dari hipertensi diantaranya adalah pandangan menjadi kabur, sakit kepala yang sering terjadi karena tekanan darah meningkat, jantung terasa lebih berdebar, Vertigo yang terjadi hampir setiap hari, pendarahan lewat hidung atau dikenal dengan mimisan, sensitif dan lebih mudah marah akan sesuatu hal, sulit berkonsentrasi dan masih banyak lagi yang lainnya. Sementara menjelang bulan Ramadhan, pertanyaan yang sering muncul mengenai hipertensi adalah diperbolehkan dan bisa memberikan manfaat berpuasa atau tidaknya melakukan ibadah puasa untuk penderita tekanan darah tinggi. Namun sebenarnya, ada begitu banyak manfaat puasa untuk hipertensi yang sangat penting bagi kesehatan terutam untuk penderita tekanan darah tinggi dan beberapa diantaranya akan kami ulas dalam artikel berikut ini.

  1. Menjaga Kestabilan Tekanan Darah

Tekanan darah yang naik umumnya terjadi karena pola makan yang tak terkontrol secara baik dan juga ditambah dengan emosi yang selalu disertai dengan rasa cemas. Saat sedang berpuasa, maka tubuh akan mengurangi produksi hormon adrenalin penyebab tekanan darah menjadi naik. untuk itu, melakukan ibadah puasa sangat baik untuk menurunkan kebiasaan tersebut sampai tekanan darah bisa kembali normal.

  1. Menurunkan Kadar Kolesterol

Selain bisa menjaga kestabilan tekanan darah, puasa juga baik dilakukan penderita hipertensi karena bisa menurunkan kadar kolesterol tinggi. Apabila kadar kolesterol menumpuk dalam pembuluh darah, maka nantinya bisa mengakibatkan penumpukan endapan kolesterol sehingga risiko hipertensi semakin meningkat. Selain itu, melakukan puasa dengan teratur juga bisa menurunkan risiko penyakit kardiovaskular seperti trigliserida, kadar gula darah dan juga berat badan.

  1. Membuang Racun Dalam Tubuh

Pada saat seseorang sedang berpuasa, maka secara otomatis juga akan membantu mengeluarkan racun dalam tubuh lewat keringat, urin dan juga tinja. Dengan melakukan puasa, maka penderita tekanan darah tinggi atau hipertensi bisa lebih sehat dibandingkan sebelumnya.

  1. Menurunkan Berat Badan

Bagi seseorang yang menjalankan ibadah puasa, dalam sebuah penelitian dibuktikan jika pada akhir puasa seseorang bisa menurunkan berat badan cukup banyak dna juga memperoleh penurunan tekanan darah baik untuk tekanan darah sistolik atau angka atas dan juga diastolik atau angka bawah. Penurunan tekanan darah secara signifikan ini tentunya sangat bermanfaat untuk menurunkan risiko kerusakan organ dan juga mencegah perkembangan risiko penyakit jantung.

  1. Mengurangi Kalori Dalam Tubuh

Banyak peneliti yang menyimpulkan jika menurunnya tekanan darah selama menjalankan ibadah puasa juga akan menurunkan jumlah kalori dalam tubuh. Hal inilah yang nantinya sangat penting untuk penderita tekanan darah tinggi atau hipertensi sehingga bisa mendapatkan tekanan darah yang normal pada akhir hari puasa yang dijalankan.


  1. Membersihkan Organ Pencernaan

Meski selama berpuasa akan membuat seseorang merasa lapar dan haus sepanjang hari, akan tetapi kegunaan dari puasa bisa memberikan efek seperti pembersihan tubuh dan juga manfaat detoksifikasi khususnya pada beberapa organ pencernaan yang juga berpengaruh pada menurunnya tekanan darah tinggi seseorang.

  1. Melancarkan Aliran Darah

Puasa juga memungkinkan organ bisa lebih sehat sekaligus melancarkan aliran darah pada tubuh. Hal ini nantinya yang akan memberikan dampak positif untuk mengendalikan tekanan darah. Pada saat berpuasa, seseorang akan cenderung mengendalikan makanan yang artinya bisa menurunkan asupan kalori ke dalam tubuh dengan ini, maka keseimbangan gizi bisa didapat sekaligus juga membuat tekanan darah kembali normal dan terkendali.

Demikian ulasan yang bisa kami berikan mengenai manfaat puasa untuk hipertensi. Sebagai tambahan, sebaiknya saat sedang sahur dan berbuka, kurangi asupan garam untuk mendapatkan manfaat puasa lebih maksimal sekaigus menjaga kinerja organ ginjal. Meningkatnya volume darah yang terjadi karena penyumbatan akibat garam nantinya bisa menyebabkan tekanan darah semakin meningkat.

, , ,
Oleh :
Kategori : Kebiasaan