5 Manfaat Pohon Tabebuya

Pohon tabebuya memiliki julukan sebagai pohon sakuranya Indonesia. Pohon ini berasal dari brazil dan sekarang sangat mudah di temui terutama di daerah Bandung. Pohon tabebuya ini merupakan pohon yang memiliki batang besar dan tinggi. Dijuluki sebagai pohon sakura karena saat bunganya mekar hampir semua dahan memiliki bunga dan penampakan ini persis sama dengan penampakan saat bunga sakura mekar. Biasanya bunga dari pohon tabebuya ini mekar dimusim kemarau. Pertengahan bulan yaitu bulan juni. Bunganya memiliki tiga warna yaitu kuning, merah dan putih.

Namun untuk jenisnya pohon tabebuya ini lebih banyak ditanam yang memiliki warna kuning. Alasan dibalik itu semua adalah warna kuning pohon tabebuya lebih dapat mudah untuk diadaptasi di lingkungan dibandingkan dengan pohon jenis tabebuya lainnya. Terlebih lagi warna kuning juga tampak indah untuk di pandang mata saat bunga – bunga dari pohon tabebuya ini bermekaran.

Keutamaan dari pohon tabebuya kuning yang mudah beradaptasi sehingga tidak menyulitkan untuk merawatnya. Merawat pohon tabebuya sendiri hampir sama dengan pohon lainnya. Anda hanya perlu menyiram dan memberi pupuk secukupnya setiap hari. Dan saat pohon tabebuya ini masih kecil berilah pagar pelindung agar tidak rusak karena ulah binatang atau tangan manusia. Pohon yang indah ini juga terkenal sebagai pohon yang ramah lingkungan. Nah, dari sekian banyak penjelasan diatas berikut ini manfaat pohon tabebuya yang ditanam dilingkungan antara lain sebagai berikut ini :

1.Pohon pelindung

Manfaat tabebuya yang pertama adalah sebagai pohon pelindung. Pohon tabebuya dapat melindungi lingkungan sekitarnya karena memiliki batang yang besar. Pohon pelindung ini bertugas untuk melindungi lingkungan sekitar dari sinar matahari karena cuaca yang panas. Contoh pada siang hari pohon ini dapat menjadi tempat peneduh sekaligus tempat beristirahat untuk mendinginkan badan. Contoh pohon pelindungan lainnya adalah manfaat cemara sebagai pohon pelindung. Dan sebagai pohon pelindung tabebuya juga bisa dijadikan tempat peneduh saat hujan turun ini karena dahannya yang banyak cabang sehingga benar – benar tepat disebut sebagai pohon pelindung.

2. Meneduhkan perkarangan rumah

Manfaat rumah sehat sangat berguna sekali untuk menjaga kesehatan para penghuni rumah. Dan salah satu ciri rumah yang sehat adalah rumah yang ditanami oleh banyak pohon. Salah satunya adalah pohon tabebuya. Pohon ini termasuk pohon yang memiliki fungsi meneduhkan perkarangan rumah. Sehingga perkarangan akan tampak teduh, bersih dan indah. Sebagai salah satu pohon yang meneduhkan perkarangan rumah keberadaan pohon ini juga dapat melindungan rumah dari paparan cahaya matahari secara lansung sehingga hawa panas dari cahaya matahari tidak begitu terasa. Meskipun manfaat cahaya matahari sangat banyak namun manfaat cahaya matahari yang terbaik untuk tubuh adalah cahaya matahari pada pagi. Pada saat siang hari sinar matahari justru dikhawatirkan akan menimbulkan kanker kulit jika mengenai kulit. Itu kenapa kita dianjurkan untuk menggunakan tabir surya jika harus keluar rumah dalam waktu yang cukup lama.

3. Tanaman hias

Manfaat pohon tabebuya yang ketiga adalah sebagai tanaman hias. Tanaman hias yang berfungsi untuk menjaga keindahan perkarangan rumah. Karena berperan sebagai salah satu tanaman hias maka pohon ini banyak dijumpai di perkarangan rumah, kantor atau sekolah. Dan sebagai tanaman hias pohon ini cocok sekali karena memiliki bunga yang indah pada saat mekar. Warna yang banyak dijumpai khususnya di Indonesia adalah bunga berwarna kuning. Dan pohon tabebuya ini merupakan pohon yang banyak disukai khususnya kaum wanita. Karena saat mekar maka pohon ini akan tampak seperti bunga sakura yang sedang mekar. Indah sekali sehingga tidak membuat mata jemu memandang.

4. Membuat udara sekitar lebih bersih

Pohon tabebuya juga memiliki peran untuk membuat manfaat udara sekitar menjadi lebih bersih. Jika tanaman ini di tanam di tepi jalan maka keberadaan dari pohon tabebuya ini dapat membantu menyerap polusi udara lingkungan dari debu dan asap kendaraan yang melintasi jalan tersebut. Sama seperti pohon lainnya yang mengeluarkan oksigen untuk proses pembuatan makanan sehingga keberadaan pohon ini sangat membantu sekali membuat udara sekitar menjadi lebih bersih.

5. Pupuk

Pupuk berguna untuk menutrisi tanaman agar tumbuh lebih subur contohnya manfaat pupuk kcl. Bunga dari pohon tabebuya yang telah mekar biasanya akan mulai layu dan jatuh ketanah. Kabar baiknya ternyata bunga dari pohon tabebuya ini dapat dijadikan sebagai pupuk untuk menyuburkan tanaman. Caranya juga cukup mudah Anda hanya perlu mengumpulkan bunga dari pohon tabebuya yang telah berjatuhan kemudian diamkan selama beberapa hari. Setelah bunga mengalami pembusukkan maka bungan tersebut bisa dijadikan sebagai pupuk. Pupuk tersebut bisa digunakan untuk pohon tabebuya kembali ataupun pohon lain yang memerlukan pupuk juga.

Nah, itulah beberapa manfaat dari pohon tabebuya, pohon yang menyerupai pohon sakura.

 

, ,
Oleh :
Kategori : Tumbuhan