5 Manfaat Pohon Ketapang Kencana untuk Lingkungan

Pohon ketapang kencana memiliki nama latin Terminalia mantaly. Pohon ketapang kencana ini termasuk pohon yang sekarang sangat menjadi perhatian karena memiliki beragam manfaat. Untuk sebagian orang pohon ini termasuk pohon ekslusif karena harganya yang cukup mahal dibandingkan pohon – pohon lainnya. Pohon ketapang kencana memiliki bentuk seperti payung. Untuk akar sendiri pohon ketapang kencana ini memilii jenis akar tunggang. Akar tunggang memiliki peran untuk menjaga keseimbangan dan kekokohan pohon yang dapat tumbuh sekitar 4 meter ini. Oleh sebab itu jika Anda ingin menanam pohon ini pastikan memiliki halaman yang cukup luas.

Dan jangan lupa ada beberapa pohon ketapang kencana yang tidak memiliki akar tunggang, untuk itu harus waspada saat ingin membeli pohon ini. Pohon ini banyak dijumpai ditaman-taman dan untuk perawatan pohon ini termasuk mudah sekali. Anda hanya perlu melakukan penyiraman sebanyak dua kali sehari yaitu pada pagi dan sore hari. Ditambah lagi dengan pemberian pupuk secukupnya saat dipelukan. Adapun manfaat pohon ketapa kencana untuk lingkungan antara lain adalah sebagai berikut :

1.Tanaman hias

Pertama kegunaannya untuk lingkungan adalah sebagai tanaman hias yang indah. Saat sekarang ini banyak sekali ibu – ibu yang tertarik untuk menanam tanaman hias dirumahnya. Biasanya tanaman hias yang ditanam di perkarangan rumah bertujuan untuk membuat rumah indah dan halaman tidak tampak gersang yang merupakan manfaat tanaman hias secara umum. Pohon ketapang kencana ini bisa menjadi salah satu alternatifnya. Keunggulan dari pohon ketapang kencana ini adalah warna daunnya yang indah karena memiliki warna merah dan hijau sehingga menjadikan pohon ini cantik untuk di pandang. Selain itu ada juga manfaat tanaman aglaonema yang bisa dijadikan sebagai salah satu tanaman hias.

2. Peneduh dari sinar matahari

Manfaat cahaya matahari pada pagi hari memang baik untuk kesehatan kulit. Namun sinar matahari pada pukul sepuluh hingga tiga sore tidak baik karena mengandung sinar uva dan uvb yang dapat mengakibatkan kanker kulit jika Anda terpapar terlalu sering dan lama. Itu kenapa selain harus menggunakan tabir surya juga gunakan pelindung seperti topi atau baju dan celana panjang. Manfaat pohon ketapang kencana yang kedua adalah peneduh dari sinat matahari. Pohon ini memiliki dahan yang banyak dan bercabang sehingga bisa menjadi penyaring sinar mahatari pada siang hari. Jika ditanam di rumah bisa melindungi rumah dari sinar matahari secara langsung.

3. Menyejukkan sekitar

Pohon ketapang cendana juga memiliki peran untuk menyejukkan sekitar lingkungan. Menyejukkan lingkungan sekitar ini cocok saat udara siang yang panas. Ini karena pohon umumnya menghasilkan oksigen dari proses pembakaran makanan mereka. Dan kita tahu bahwa manfaat udara bagi manusia adalah untuk bernafas. Itu kenapa memilih menanam pohon ketapang kencana ini termasuk salah satu pilihan yang pintar. Dan Anda tidak perlu ragu lagi untuk membudidayakannya karena manfaat yang sangat penting untuk menyejukan kesegaran lingkungan. Lingkungan yang sejuk menjadikan rumah lebih indah dan ramah. Anda juga bisa melepaskan keletihan seharian dengan memandang pohon ini atau sekedar lewat didekatnya sekedar saja.

4. Menyerap polusi

Setiap pohon memiliki peran untuk menyerap polusi termasuk pohon ketapang cendana yang berperan untuk menyerap polusi yang ada dilingkungan. Polusi merupakan partikel debu yang bertebaran, selain debu polusi juga bisa berasal dari pembakaran sampah atau lahan dan asap kendaraan bermotor dan mobil. Polusi sangat mudah dijumpai dijalanan dan lingkungan yang luar. Dan manfaat utama dari pohon ketapang kencana ini adalah menyerap polusi yang ada dilingkungan sekitar. Jadi pohon ini sangat memiliki fungsi yang vital sekali bagi lingkungan dan udara di sekitarnya.

5. Meningkatkan konsetrasi

Manfaat pohon ketapang cendana yang kelima adalah untuk meningkatkan konsentrasi. Pohon ketapang kencana ini memiliki daun yang rindang sehingga teduh dibawahnya membawa suasana yang sangat nyaman. Tidak heran jika melakukan aktifitas belajar mengajar dibawah pohon ketapang cendana ini dapat membantu untuk meningaktkan konsentrasi. Konsentrasi dalam belajar diperlukan agar pelajaran yang disampaikan bisa di mengerti oleh yang menerima pelajaran. Terlebih lagi konsentrasi memang sangat perlu untuk ditunjang dengan kondisi suasana yang nyaman dan teduh seperti berada dibawah pohon ketapang cendana ini.

Nah, itulah beberapa manfaat yang dapat diambil dari pohon ketapang cendana. Dimana pohon ini termasuk yang sulit dijumpai karena memang harganya mahal. Namun untuk manfaatnya bagi lingkungan sekitar tidak perlu diragukan lagi. Pohon ini sangat memiliki beragam manfaat seperti yang telah disebutkan diatas. Keunggulan lainnya adalah pohon ketapang cendana ini sangat cocok sekali ditanam dimanapun bisa di tepi jalan, di perkarangan rumah, di halaman kantor atau di lapangan sekolah Anda. Intinya semakin Anda rajin merawatnya maka pohon ini akan tumbuh subur.

 

, ,
Oleh :
Kategori : Tumbuhan