6 Manfaat Plank Untuk Lengan Dan Bentuk Tubuh

Salah satu cara yang dapat dilakukan dalam menjaga kondisi kesehatan atau memberikan bentuk yang ideal pada tubuh seseorang adalah dengan melakukan olahraga secara teratur. Ada banyak jenis olahraga yang dapat dilakukan secara teratur dengan manfaat olahraga tertentu termasuk salah satunya dengan mengalami aktivitas latihan senam melalui berbagai macam metode dan jenis latihannya. Salah satu bentuk latihan yang dapat dilakukan disebut sebagai plank. Plank merupakan bentuk latihan tertentu yang akan dengan bentuk gerakan yang menjadikan tubuh harus bertumpu pada salah satu sisi dari tubuh. Plank tentu akan memberikan banyak manfaat lebih bagi tubuh secara umum dan bagian tertentu secara spesifik yang salah satunya adalah lengan. Berikut manfaat plank untuk lengan yang diantaranya dijelaskan dibawah ini.

  1. Mengecilkan lengan atas

Manfaat olahraga setiap hari pertama  dari aktivitas latihan plank yang dapat diperoleh pada lengan adalah membantu dalam mengecilkan bentuk lengan atas yang biasanya banyak dikeluhkan oleh para kaum hawa. Jenis plank yang dapat membantu mengecilkan lengan atas disebut sebagai lateral plank walk. Jenis latihan ini akan membantu melelehkkan lemak yang menumpuk pada lengan bagian atas sehingga dapat mengecilkan ukurannya hingga mencapai ukuran yang dirasa ideal. Plank dilakukan dengan cara memposisikan tubuh seperti akan push up dan memastikan tumpuan lengan tidak menekung kemudian mengerakkannya secara menyilang.

  1. Mengencangkan otot lengan

Dalam setiap gerakan plank yang dilakukan seperti dijelaskan diatas, tumpuan utama bagian tubuh yang mendapat porsi beban lebih adalah bagian lengan. Dengan adanya porsi beban lebih pada lengan tentu aktivitas plank akan menjadikan otot otot pada lengan lebih kencang. Kondisi kencangnya otot lengan tersebut akan menjadikan tubuh bagian atas memiliki bentuk yang lebih ideal, proprosional, dan terlihat lebih seksi bagi wanita.Latihan ini juga dapat dikombinasikan dengan manfaat push up secara rutin.

  1. Menjadikan lengan lebih kuat

Manfaat plank untuk lengan lainnya adalah membantu menjadikan lengan lebih kuat. Dengan lengan yang kuat maka akan lebih menjadikan tubuh lebih mudah mengangkat beban yang lebih berat juga. Plank memang memberikan banyak manfaat bagi lengan yang sebenarnya jika dilihat dari gerakannya seperti terlihat mudah namun ketika dicoba untuk melakukan plank pasti banyak yang tidak kuat untuk menahan tubuhnya sendiri hanya dalam beberapa detik saja.

Manfaat Plank Lainnya

Selain adanya manfaat plank untuk lengan, salah satu gerakan latihan senam dan fitnes tersebut jua memiliki banyak manfaat lainnya yang masih berhubungan dengan kondisi fisik maupun bentuk ideal tubuh. Berikut beberapa manfaat plank lainnnya diantaranya seperti di bawah ini.

  1. Mengencangkan otot perut

Meskipun beban berat dan tumpuan ada pada lengan maupun telapak tangan, otot perut juga akan mendapatkan porsi latihan yang cukup banyak dari jenis latihan senam yang disebut sebagai plank ini. Dengan porsi latihan yang banyak makan dapat menjadikan otot perlu lebih kencang. Selain perut yang kencang, perut juga akan terlihat lebih rata ketika menjalani latihan plank secara rutin. Dampak positif plank tersebut sama halnya dengan manfaat sit up untuk kesehatan tubuh.

  1. Meningkatkan metabolisme tubuh

Manfaat lainnya yang bisa diperoleh dari tekni latihan plank adalah membantu meningkatkan metabolisme tubuh. Meskipun dalam plank tidak ada gerakan apapun yang signifikan, ada banyak kalori yang akan terbakar. Melakukan aktivitas plank tersebut bukan hanya digunakan untuk memperbaiki bentuk tubuh saja namun juga dapat membantu menjaga sistem metabolisme tubuh berjalan dengan baik yang secara tidak langsung dapat menjaga kondisi kesehatan.


  1. Meningkatkan keseimbangan badan dan menjadikan tubuh flexible

Pada saat melakukan plank maka tangan akan mencoba untuk menjaga agar tubuh tidak terjatuh. Dengan bentuk latihan yang terus berulang tersebut maka dapat membantu meningkatkan kondisi keseimbangan badan menjadi lebih baik. Efek tersebut akan terasa ketika harus menjaga keseimbangan tubuh bahkan dengan satu kaki sekalipun. Selain keseimbangan tubuh yang meningkatan, melakukan plank juga dapat menjadikan tubuh lebih flexibel untuk digerakan. Agar tubuh lebih memiliki felxibilitas yang baik maka plank dapat dilakukan dengan berbagai macam variasi seperti plank menyamping.

  1. Menurunkan resiko sakit punggung

Melakukan plank ternyata juga dapat membantu menurunkan resiko terjadinya sakit pada bagian punggung. Resiko sakit punggung yang berkurang tersebut dapat diperoleh dari berkurangnya tekanan pada tulang belakang dan pinggul sebagai salah satu penyebab terjadinya sakit pada punggung. Dengan melakukan plank tiap hari maka punggung akan menjadi lebih kuat dan dapat menjadikan postur tubuh berubah lebih baik. Plank secara tidak langsung juga dapat digunaan untuk mengatasi stres dan melepas penat yang terjadi akibat aktivitas sehari hari.

Itulah beberapa penjelasan mengenai manfaat plank untuk lengan secara khusus dan manfaat manfaat lainnya. Plank sepertinya menjadi salah satu bentuk latihan yang terlihat sederhana namun dapat memberikan manfaat yang cukup baik bagi fisik dan bentuk tubuh. Manfaat olahraga sore dapat diperoleh dengan melakukan aktivitas plank yang sebenarnya terlihat mudah namun nyatanya cukup sulit.

, , ,
Oleh :
Kategori : Olahraga