Inilah 7 Manfaat Pisang Ambon untuk Asam Lambung

Kandungan asam lambung yang tinggi dapat mengakibatkan berbagai gangguan kesehatan seperti perut terasa kembung, bau napas tidak sedap dan mulut terasa asam, kondisi ini tentu sangat mengganggu anda menjalani segala kegiatan dan aktivitas kerja. Banyak faktor yang membuat asam lambung naik secara drastis seperti banyak mengkonsumsi makanan dengan kadar lemak tinggi, hingga banyak mengkonsumsi minuman keras dan merokok.

Salah satu cara alami yang bisa anda lakukan untuk pengobatan asam lambung adalah mengkonsumsi buah pisang, khususnya jenis pisang ambon. Pisang ambon memiliki berbagai kandungan zat yang membantu menurunkan kadar asam lambung. Jenis pisang ini juga mengandung banyak nutrisi yang baik untuk kesehatan, berikut adalah manfaat pisang ambon untuk asam lambung dan kesehatan tubuh.

  1. Menurunkan Asam Lambung

Pisang ambon mampu meredam produksi asam lambung agar tak berlebih. Pisang ambon memiliki kandungan zat antasida yang membantu mengurangi produksi asam lambung. Asam lambung memang dibutuhkan untuk membantu proses pencernaan makanan, salah satunya membantu penyerapan vitamin B12 oleh tubuh. Namun jika kandungan asam lambung tinggi maka akan menimbulkan banyak gangguan kesehatan. Agar anda bisa terhindar dari gangguan asam lambung yang tinggi, konsumsilah pisang ambon secara rutin, selain mampu menurunkan dan mencegah naiknya asam lambung, kandungan nutrisi yang dimiliki pisang ambon juga baik untuk kesehatan tubuh.

  1. Kandungan pH Ideal

Pisang ambon memiliki tingkat pH yang cukup ideal untuk tubuh manusia yaitu antara 5 sampai 6. Kandungan pH ini mampu membantu meringankan gangguan asam lambung yang anda derita. Pilihlah pisang ambon yang benar-benar matang agar tingkat keasamannya juga rendah. Anda dapat mengkonsumsi pisang ambon secara rutin namun dalam jumlah yang sedikit. Saat anda menggunakan pisang ambon sebagai penurun asam lambung sebaiknya dibarengi dengan mengkonsumsi banyak air putih, hal ini dilakukan agar penurunan asam lambung dapat berjalan lebih efektif.

  1. Melancarkan Pencernaan

Asam lambung juga dapat mempengaruhi kesehatan pencernaan, dengan kondisi asam lambung yang tinggi tak jarang gangguan pencernaan sering terjadi. Agar anda bisa menghindari gangguan pencernaan, mengkonsumsi pisang ambon saat kondisi asam lambung sedang tinggi dapat menjadi salah satu solusi alternatif. Pisang ambon memiliki kandungan serat yang cukup banyak, manfaat serat ini tentu berguna untuk membantu kelancaran sistem pencernaan.

  1. Menjaga Cairan Dalam Tubuh Seimbang

Cairan tubuh yang seimbang berperan penting dalam proses metabolisme tubuh. Ketika asam lambung meningkat sering kali kondisi cairan dalam tubuh tidak seimbang, hal ini bisa mengganggu proses metabolisme tubuh. Agar proses metabolisme berjalan normal kembali anda bisa mengkonsumsi pisang ambon sebagai solusinya, sama seperti pisang pada umumnya, pisang ambon juga memiliki kandungan kalium yang cukup besar. Manfaat kalium utamanya mengatur keseimbangan cairan di dalam tubuh. Mengkonsumsi pisang ambon selain membantu menurunkan asam lambung juga menjaga proses metabolisme tubuh berjalan normal dan lancar.

  1. Menjaga Kesehatan Mulut

Salah satu masalah kesehatan yang muncul ketika asam lambung naik adalah masalah kesehatan mulut seperti bau mulut tak sedap dan mulut terasa asam. Salah satu cara yang bisa anda lakukan untuk mengatasi hal ini adalah mengkonsumsi pisang ambon. Buah pisang memiliki kandungan vitamin C yang cukup besar, manfaat vitamin C ini sangat berguna untuk menjaga kesehatan mulut anda. Selain itu dengan rasa pisang ambon yang manis membantu mengurangi mulut yang terasa asam.

  1. Sumber Energi

Pisang ambon dapat menjadi sumber energi untuk tubuh. Banyaknya mineral dan vitamin yang terdapat dalam pisang ambon, mampu membantu kebutuhan energi yang diperlukan oleh tubuh. Mungkin anda sudah tahu, mengapa banyak orang yang mengkonsumsi pisang sebelum melakukan olahraga berat ? ya, itu karena pisang dapat menghasilkan energi cukup besar yang dibutuhkan oleh tubuh. Selama asam lambung naik, mengkonsumsi pisang ambon dapat menjadi salah satu sumber energi anda.

  1. Sumber Elektrolit

Selain berguna sebagai sumber energi, pisang ambon nyatanya juga dapat dijadikan sebagai sumber elektrolit. Kekurangan elektrolit pada tubuh di saat asam lambung meninggi dapat membuat tubuh terasa lemas, hal ini bisa anda atasi dengan mengkonsumsi pisang ambon. Pisang ambon memiliki kandungan elektrolit yang dibutuhkan oleh tubuh seperti sodium maupun kalium. Mengkonsumsi pisang ambon juga menjadi alternatif sumber elektrolit alami bagi tubuh.

Manfaat makan pisang ambon untuk asam lambung cukup beragam utamanya membantu menurunkan asam lambung dan memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh saat asam lambung yang tinggi menyerang. Namun begitu, tak semua orang yang asam lambungnya tinggi cocok mengkonsumsi pisang ambon ini, sebab nyatanya beberapa orang juga tak mengalami dampak yang signifikan setelah mengkonsumsi pisang ambon saat asam lambung naik. Namun anda tak perlu khawatir, pisang ambon memiliki berbagai kandungan zat gizi yang menyehatkan tubuh.