11 Manfaat Perilaku Tawakal Bagi Kehidupan

Manusia diturunkan di bumi ini oleh Tuhan dengan tujuan menjadi khalifah atau pengelola dan penjaga bumi. Manusia juga diberikan derajat yang lebih tinggi dibandingkan dengan makhluk hidup lainnya. namun demikian manusia juga memiliki banyak kelemahan dan keterbatasan. Oleh karena itulah meskipun manusia adalah makhluk hidup terbaik yang pernah diciptakan oleh Tuhan namun kita juga tidak bisa mengabaikan Tuhan. Salah satu sifat yang harus dimiliki oleh manusia adalah memiliki sifat tawakal.

artikel terkait:

Sifat tawakal adalah sifat dimana sepenuhnya menyerahkan semua urusan dunia kepada Allah SWT semata. Namun bukan hanya pasrah saja dan tidak melakukan hal apapun tetapi juga harus diimbangi dengan usaha dan doa semampu kita masing-masing. dengan berusaha semaksimal mungkin dan selalu memiliki sifat tawakal pastinya kehidupan di dunia ini akan menjadi lebih berarti bagi manusia karena Tuhan sudah menjaminnya demikian.

Manfaat dan Keutamaan sifat tawakal

Sifat tawakal memiliki beberapa keutamaan bagi mereka yang mau senantiasa menyerahkan segala urusan dunianya entah itu senang atau sedih atau sulit harus dijalani dengan hati ikhlas dan semata-mata hanya untuk Tuhan yang maha Esa. Berikut ini adalah keutaamaan bagi mereka yang memiliki sifat tawakal.

  1. Menjadi manusia yang mulia dan terhormat

Salah satu hal yang dijamin oleh Tuhan kepada mereka yang memiliki sifat tawakal adalah akan diberikan derajat yang lebih tinggi dibandingkan dengan manusia lain yang tidak tawakal yaitu mendapatkan kedudukan yang lebih mulia dan terhormat di mata Tuhan yang Maha Esa. Meskipun banyak orang yang tidak mempercayainya namun inilah faktanya. Jadi, ketika anda melihat orang sedang dalam masa sulit seperti jatuh miskin janganlah anda menyepelekan mereka karena bisa jadi mereka itu orang yang tawakal dan derajatnya lebih mulia daripada anda di dunia dan akhirat nanti.

artikel terkait: manfaat antropologi

  1. Terhindar dari rasa gelisah

Sesuai dengan firman Tuhan yang Maha Esa “tidak akan ada rasa gelisah dan keluh kesah bagi mereka yang selalu bertawakal.” Orang yang tawakal tidak akan memiliki rasa gelisah dan takut terhadap apa yang akan dan belum terjadi. mereka selalu yakin bahwa semuanya sudah diatur dengan baik oleh suratan takdir Tuhan Yang Maha Esa. Meskipun sedang dalam kesulitan dan menghadap maut namun hal mereka yang senantiasa tawakal tidak akan takut justru mereka semakin tegar dan siap menghadapi apapun yang akan terjadi.

artikel terkait: manfaat puasa 40 hari

  1. Memiliki rasa percaya diri tinggi

Mereka yang memiliki sifat tawakal dalam perilakunya juga akan memiliki rasa percaya diri tinggi. hal ini terutama jika mereka sedang dalam kesulitan atau sicemooh oleh orang lain. Mereka memiliki keyakinan kuat bahwa apapun bisa terjadi jika Tuhan menghendaki. Tuhan akan selalu memberikan pertolongan, memberikan rezeki, bencana dan segala hal di kehidupan di dunia ini.

artikel terkait: manfaat tahi lalat

  1. Dijamin diberikan kemudahan baik di dunia maupun di akhirat

Dengan memiliki sifat tawakal, Allah menjajikan kepada mereka yang tawakal sebuah kemudian dalam menghadapi segala urusan baik itu di dunia maupun di akhirat apapun itu kesulitan yang dihadapinya. Misalnya saja orang yang sedang dalam lilitan hutang, jika dia memiliki sifat tawakal maka akan selalu diberikan kemudahan yang tidak disangka-sangka. hal ini dikarenakan rezeki akan datang dari segala penjuru bagi mereka yang selalu ingat dan pasrah kepada Allah swt.

artikel terkait: manfaat umroh

  1. Mudah adaptasi dengan segala jenis permasalahan

Bukan hidup namanya jika tidak ada yang namanya permasalahan. Permasalahan adalah salah satu hal yang harus dihadapi oleh semua orang di dunia ini meskipun sebaik atau sekaya apapun orang itu. Mereka yang tawakal tidak akan mudah jatuh, menyerah dan putus terhadap masalah yang dihadapinya meskipun terasa sangat berat. Orang yang tawakal memiliki rasa sabar yang sangat luas sehingga dirinya bisa mengikhlaskan apa yang sudah terjadi dan bisa bangkit kembali untuk memulai kehidupan baru yang lebih baik.

artikel terkait: manfaat malam jumat kliwon

  1. Mempetebal iman

Jika anda saat ini memiliki sifat egois dan selalu ingin menang sendiri maka anda bisa menghilangkannya dengan sifat tawakal. Hal ini dikarenakan mereka yang tawakal akan memiliki sifat sabar yang sangat luas sehingga mereka tidak berfikir untuk menyombongkan apapun yang dimilikinya. jadi jika anda sedang dalam masalah besar jangan putus asa dan serahkan semua urusan kepada Allah. Allah akan senang pada orang yang tawakal dan tidak egois. Hal ini juga bisa menebalkan iman kepada Allah swt lebih besar.

artikel terkait: manfaat OKI

  1. Menjadikan seseorang mandiri

Mungkin anda tidak akan menyadarinya namun jika sifat tawakal itu diterapkan sejak dini maka akan membuat seseorang menjdi lebih mandiri dan dewasa serta mampu menghadapi masalah yang dihadapinya lebih baik dibandingkan dengan mereka yang tidak percaya bahwa Allah lah pembantu segala masalah manusia di dunia ini. sifat tawakal bisa menjadi pondasi untuk tidak menjadikan kelemahan sebagai halangan dan rintangan justru kelemahan harus dijadikan sebagai kelebihan dalam diri sendiri. Melalui sifat tawakal juga seseorang akan mampu menghargai sesuatu atau seseorang lebih baik.

artikel terkait: manfaat jihad

  1. Dicukupkan rezeki

Jangan gelisahkan rezekimu karena rezekimu sudah Allah janjika namun gelisahkan amalmu karena Allah tidak menjajikan surga. Mungkin itu adalah kalimat yang sangat tepat untuk mendiskripsikan bahwa kehidupan di dunia ini sudah dijanjikan rezekinya dan semua manusia tidak perlu putus asa serta menyerah pada keadaan. Orang yang tawakal akan senantiasa sabar dan diberikan rezeki yang cukup. namun harus anda ingat bahwa rezeki yang dimaksudkan adalah rezeki untuk hidup bukan untuk memenuhi kebutuhan gaya hidup. Jadi jika anda selama ini masih mengeluh dengan keadaan mungkin anda harus menelaah kembali apakah tuntutan gaya hidup anda terlalu tinggi dari apa yang seharusnya menjadi kebutuhan.

artikel terkait: manfaat ziarah kubur

  1. Diberikan kenikmatan tiada hentinya

Orang yang senantiasa bertawakal kepada allah akan diberikan kenikmatan yang tiada hentinya. Rasa tawakal kepada Allah juga harus diimbangi dengan kinerja dan usaha yang keras dan maksimal namun tetap ikhlas melakukannya dan seolah-olah apa yang dikerjakannya hanya semata-mata untuk mendapatkan ridho dari Allah swt. Mereka ini akan diberikan rezeki yang tidak disangkanya dalam bentuk yang tidak selalu uang namun membuat mereka hidup dengan tentram. Hal ini tentu saja berkebalikan dengan orang yang mencari nafkah tidak halal misalkan saja seperti hasil korupsi,  meskipun uangnya banyak namun pasti akan selalu diberi hati yang tidak tenang dan senantiasa gelisah. Jadi meskipun mereka ini punya harta yang melimpah namun mereka tidak pernah bisa menikmati kekayaannya karena lebih banyak menderita karena gelisah dan gundah gelana.

artikel terkait: manfaat ruqyah

  1. Dijauhkan dari godaan syetan

Setan diturunkan ke bumi karena mereka ingin membalas dendam kepada anak cucu adam yang sudah membuat mereka menjadi makhluk yang paling hina. Oleh karena itu mereka kan berjuang sekuat tenaga untuk bisa menggoda manusia dan terjerumus ke dalam lembah dosa hitam. Nah, keutamaan yang akan didapatkan oleh orang yang tawakal adalah mereka ini akan senantiasa dijauhkan dari godaan syetan sehingga kehidupan mereka lebih bermanfaat dan terhindar dari perbuatan yang dilarang oleh swt yang mengakibatkan dosa.

artikel terkait: manfaat sedekah

  1. Tidak melewati proses hisab dan langsung masuk surga

Manfaat lainnya dari memiliki sifat tawakal adalah orang tersebut akan mampu masuk surge tanpa harus menjalani proses hisab terlebih dahulu. Ini tentu saja akan sangat menguntungkan karena hisab menjadi salah satu patokan untuk melihat apakah timbangan dosa atau pahala yang lebih berat. Jadi, anda lebih baik mulai belajar untuk memiliki sifat tawakal kepada Allah supaya bisa masuk surge tanpa melalui proses hisab.

Tawakal merupakan sifat mulia baik bagi orang lain maupun di mata Tuhan yang maha esa. Oleh karena itu sudah seharusnya semua orang memiliki sifat tawakal ini. sifat tawakal memang tidak bisa datang begitu saja dan harus dilatih dari lama. Berikut ini adalah beberapa hal yang bisa menjadi pelajaran untuk memperoleh sifat tawakal.

  • Tidak berusaha untuk mencari harta kekayaan dunia terlalu serius dalam artian tidak peduli dengan orang lain bahkan melakukan hal-hal yang sudah jelas dilarang oleh Tuhan. Hal ini misalnya saja melakukan korupsi, penipuan, tindakan criminal dan lainnya.
  • Tidak terlalu bersedih saat terjadi kehilangan baik itu kehilangan benda atau seseorang dan berusaha untuk mengikhlaskan apa yang sudah terjadi dan hilang.
  • Menjalani kehidupan dengan sederhana tidak foya-foya dan pamer kekayaan.
  • Selalu berusaha untuk mencapai cita-cita yang diinginkan dengan cara yang jujur dan benar
  • Selalu ingat kepada Allah dan berdoa kepada Allah mengenai segala hal.
  • Setelah berusaha semaksimal mungkin jangan lupa untuk menyerahkan semua hasilnya kepada allah swt.
  • Berusaha untuk selalu menerima segala hasil dan keputusan di dalam kehidupan dengan hati yang ikhlas entah itu hal baik atau buruk

artikel terkait: 17 manfaat memeluk agama islam dan esensi ajarannya yang benar

Demikianlah ulasan mengenai manfaat tawakal, semoga bisa menjadikan anda dan kita semua manusia yang lebih baik dan bermanfaat baik untuk diri sendiri maupun untuk orang lain. Sekian dan terima kasih. Semoga bermanfaat ya.

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , ,
Post Date: Saturday 20th, August 2016 / 03:45 Oleh :
Kategori : Sosial