8 Manfaat Berpacaran

Pacaran merupakan hal yang sudah lumrah dilakukan oleh remaja pada umumnya. Hubungan cinta yang dijalin dengan ikatan pacaran oleh remaja kadang disebut juga dengan cinta monyet. Tak sedikit dari mereka yang putus dan nyambung dalam menjalani hubungan. Pacaran dianggap negatif oleh sebagian besar orang karena dikatakan dapat mengganggu konsentrasi belajar dan waktu belajar bagi remaja yang masih dalam masa sekolah.

artikel terkait:

Manfaat Pacaran

Tidak selamanya hubungan pacaran adalah suatu hal yang negatif. Malahan, pacaran yang dilakukan oleh sebagian kalangan remaja atau orang dewasa memiliki beberapa manfaat yang baik. Beberapa manfaat dari pacaran diantaranya:

  1. Belajar Menjalani Rumah Tangga

Pacaran adalah hubungan dua insan yang berbeda jenis, sama halnya dengan suami istri. Pacaran dapat dikatakan juga miniatur dari rumah tangga. Berani memutuskan berpacaran berarti akan menuntut seseorang untuk mencoba hidup bersama dengan lawan jenis dan memiliki ikatan dengan lawan jenis. Hidup bersama bukan berarti hidup dalam satu rumah, tetapi dalam satu perasaan yang disatukan. Dimana keduanya harus belajar banyak hal untuk dapat bertahan dan menyelesaikan masalah yang dihadapi dengan dewasa.

artikel terkait: manfaat tidak mencuri

  1. Belajar Untuk Saling Pengertian

Dengan menjalani hubungan pacaran, berarti kedua orang yang terjalin dalam ikatan tersebut harus mengerti tentang pasangannya. Mengerti tentang waktu, perasaan dan pikiran lawan pasangannya. Ketika ada sesuatu yang tidak disukai oleh salah satunya, maka salah satu yang lain harus mengerti untuk menjaga perasaan lawan pasangannya. Selain dalam hal perasaan, pengertian juga meliputi berbagai hal lainnya. Saling pengertian yang dibangun bersama akan menentukan keberlangsungan hubungan berpacaran.

artikel terkait: manfaat perilaku terpuji

  1. Merasakan Senang dan Sedih Bersama

Dalam menjalani hubungan pacaran, tidak melulu hubungan tersebut akan mulus dan semua yang dihadapi selalu bahagia. Ketika menjalani hubungan pacaran pasti juga akan merasakan cerita sedih. Ikatan hubungan pacaran memberikan pelajaran tentang senang dan sedih yang dirasakan selama menjalani hubungan.

artikel terkait: manfaat bersosialisasi dengan orang lain

  1. Menambah Wawasan

Memiliki seorang pacar dengan latar belakang dan kebisaan serta bidang yang berbeda dapat membantu pasangannya memiliki wawasan yang lebih luas. Banyak obrolan kecil yang dilakukan secara intens, membuat satu pasangan dengan pasangannya mengetahui beberapa hal yang terkadang belum diketahui sebelumnya. Terlebih jika salah seorang mahasiswi yang memiliki pacar seorang mahasiswa kemudian menjalani studi dengan bidang yang berbeda. Lambat laun, keduanya akan memahami bahkan paham apa yang dipelajari satu sama lain.

artikel terkait: manfaat olahraga sepak bola

  1. Mengenal Sifat Lawan Jenis

Ketika memutuskan untuk melakukan pacaran, berarti seseorang tersebut harus mengenal seseorang dengan lebih dalam. Sifat pasangan terkadang sangat berbeda dengan yang diharapkan sebelumnya. Oleh karenanya, agar hubungan berjalan dengan langgeng, maka keduanya harus mampu mengenali sifat satu sama lain agar dapat saling mengerti kelebihan dan kekurangan sifat yang dimiliki oleh pasangannya. Semakin pengertian dan semakin memahami sifat satu lain, maka hubungan tersebut dapat dijaga, masalah dapat diselesaikan dengan baik dan tercipta hubungansatu sama lain dengan harmonis.

artikel terkait: manfaat mempelajari ilmu pengetahuan sosial

  1. Membentuk Pola Pikir Dengan Pasangannya

Hubungan pacaran dapat membuat pola pikir dan sudut pandang tentang lawan jenisnya. Hubungan sosialisasi yang dilakukan secara intens oleh dua orang membuat satu sama lain mengerti lebih dalam. Hal tersebut dapat membentuk pemikiran tentang lawan sejenisnya bahkan secara umum. Pengertian tersebut dapat membentuk pola pikir yang positif untuk memahami lawan jenis.

artikel terkait: manfaat jembatan

  1. Lebih Bijak Dalam Menghadapi Masalah

Setiap hubungan yang dijalani satu orang dengan yang lain pasti tak luput dengan adanya masalah. Termasuk dalam menjalani hubungan pacaran, pastinya banyak masalah yang dihadapi, entah masalah yang ringan maupun masalah yang berat sekalipun. Dengan berpacaran, setiap orang dengan pasangannya akan mencari solusi berdua atas masalah yang dialami dalam hubungan tersebut. Terbiasa menghadapi masalah akan membuat orang yang berpacaran lebih bijak dalam mengatasi masalah.

artikel terkait: manfaat olahraga capoeira

  1. Menambah Kedewasaan

Pacaran menambah kedewasaan seseorang, bukan secara umur atau raut muka yang semakin tua. Akan tetapi, melalui pacaran seseorang dituntut untuk memahami orang lain secara intens. Secara tidak sadar hal ini akan membuat salah satu, atau satu sama lain saling pengertian dan dapat mengalah pada waktu harus mengalah, memberi nasehat saat diperlukan. Beberapa hal lain dari pacaran juga dapat menambah kedewasaan, seperti ketika saling berbagi ketika membutuhkan, saling bekerja sama jika ada sesuatu hal yang tidak dapat dilakukan seorang diri.

artikel terkait: manfaat zakat dari segi keagamaan, akhlak dan sosial

Selain beberapa hal tersebut, manfaat dari pacaran sendiri juga dapat ditinjau dari beberapa aspek, diantaranya:

Pacaran ditinjau dari aspek ekonomi. Berpacaran bukan melulu soal makan bersama, jalan bersama, dan melakukan hal yang lain yang hanya membuang uang saja. Pacaran yang dilakukan secara sehat dan dewasa dapat mendatangkan keuntungan tersendiri, bahkan dalam bidang ekonomi. Pacaran yang dilakukan dengan komitmen yang baik, dapat membentuk kedua insan yang terikat dalam pacaran memiliki ide kreatif untuk tabungan masa depan.

Beberapa orang yang menjalani pacaran, bukan tidak mungkin untuk memiliki rencana mendirikan usaha bersama dan membuat suatu investasi tabungan untuk masa depan. Kerjasama usaha yang dibangun bersama pacar bisa jadi menjadi salah satu semangat tersendiri yang dapat membuat bisnis yang dirintis bersama sejak awal menjadi berkembang karena adanya semangat dan rasa cinta di dalamnya.

artikel terkait: manfaat tidak sunat

Pacaran ditinjau dari aspek sosial. Manusia memang salah satu makhluk sosial yang hidup dengan saling membutuhkan antara satu dengan yang lain. Salah satu bentuk sosialisasi yang dilakukan oleh kaum remaja atau orang dewasa yakni dengan berpacaran. Dengan berpacaran, dua orang yang terikat dalam hubungan tersebut akan berlatih bersosialisasi tentang banyak hal. Sosialisasi yang dilakukan oleh dua orang yang bersatu dalam ikatan pacaran dapat memberikan pengalaman bersosialisasi tersendiri dibandingkan sosialisasi dengan keluarga, atau orang lain tanpa ikatan pacaran.

Meskipun pacaran juga memiliki banyak manfaat, namun harus diperhatikan juga pacaran yang dijalani. Apabila masih duduk di bangku kuliah ataupun sekolah, tetap batasi waktu berpacaran karena dapat mengganggu waktu belajar. Selain itu juga tetap jaga etika dalam berpacaran yang sewajarnya saja, tidak terlalu berlebihan seperti sudah berumah tangga. Yang paling penting dalam hubungan berpacaran agar dapat bermanfaat, sebaiknya pacaran juga dijadikan sebagai salah satu cara untuk saling memotivasi untuk meraih masa depan satu sama lain. Dengan demikian, tidak hanya merasakan sensasi pacaran saja, namun juga ada sesuatu yang dapat bernilai positif ketika menjalani pacaran.