13 Manfaat Makanan Halal Untuk Agama dan Kesehatan

Makanan yang dikatakan halal tidak hanya sekedar bagaimana mendapatkan makanan tersebut, namun juga tentang apakah makanan tersebut baik untuk tubuh dan sesuai dengan ajaran Allah SWT. Bagi umat muslim, makanan tidak hanya sekedar untuk mengisi perut dan menyehatkan badan saja, akan tetapi juga harus tinggi akan kandungan gizi dan harus memiliki nilai halal baik untuk cara mendapatkan makanan tersebut atau kandungan yang ada dalam makanan. Larangan untuk mengkonsumsi berbagai makanan yang tidak halal ternyata bukan hanya sekedar larangan tanpa alasan, namun sebenarnya juga bisa merugikan tubuh sekaligus melanggar kaidah agama Islam. Sedangkan manfaat makanan halal yang bisa diperoleh oleh tubuh sangat beragam khususnya menurut ajaran agama Islam dan beberapa diantaranya adalah sebagai berikut.

  1. Terhindar Dari Akhlak Mazmumah

Hanya mengkonsumsi berbagai jenis makanan dan minuman yang halal akan membuat seseorang bisa terhindar dari akhlak mazmumah yang artinya terhindar dari tingkah laku tidak terpuji atau perbuatan yang jahat dimana semua itu bisa merusak keimanan dan menjatuhkan martabat sebagai seorang manusia.

  1. Menjauhi Sumber Penyakit

Mengkonsumsi makanan dan minuman yang diharamkan mempunyai banyak mudharat seperti sumber penyakit yang akan membuat tubuh semakin lemah bahkan menjadi salah satu orang yang dibenci oleh Allah dan juga Rasul-Nya. Sementara dengan mengkonsumsi makanan halal, maka sistem kekebalan tubuh bisa semakin meningkat untuk melawan penyakit sekaligus juga mendapatkan ridho Allah SWT.

  1. Mendapatkan Ridha Allah SWT

Kegunaan lain dari mengkonsumsi makanan halal adalah agar ketika menyantap makanan nantinya ridha Allah SWT bisa didapatkan karena sudah mentaati segala perintah-nya khususnya dalam memilih jenis makanan dan minuman yang halal.

  1. Sumber Tenaga

Makanan halal juga memiliki akhlakul karimah sebab jika makanan halal dikonsumsi nantinya akan berubah menjadi sumber energi yang tidak hanya bisa digunakan untuk beraktivitas seperti belajar atau berolahraga namun juga bisa digunakan dalam beribadah.

  1. Menjaga Hati dan Akal

Mengkonsumsi hanya makanan halal juga nantinya akan berpengaruh positif pada pikiran dan juga hati seseorang. Mengkonsumsi makanan yang halal maka juga akan memperbaiki hati begitu juga dengan sebaliknya apabila mengkonsumsi makanan haram seperti manfaat daging anjing maka bisa membuat hati seseorang tercemar sekaligus berpengaruh terhadap kekhusukan pada saat beribadah termasuk dalam shalat. Mengkonsumsi makanan halal juga akan menjauhi diri dari kekerasan hati yang nantinya membuat seseorang juga tidak mampu melihat kesusahan orang lain dan tidak mau memberi bantuan pada orang tersebut.

  1. Menuntun ke Surga

Makanan haram yang dikonsumsi seperti manfaat daging babi akan berubah menjadi daging. Daging tersebut nantinya akan membawa seseorang menuju ke neraka seperti yang sudah disebutkan dalam hadits Rasulullah SAW. Untuk itu, dengan mengkonsumsi makanan yang sudah jelas tentang kehalalannya, maka kita akan terhindar dari api neraka tersebut.


  1. Memperbaiki Keturunan

Mengkonsumsi makanan halal termasuk hanya memberikan makanan halal pada anak nantinya juga bisa menghasilkan kebaikan. Sebaliknya jika memberikan makanan haram pada anak seperti manfaat minyak babi, maka hal tersebut bisa merusak akhlak dan juga kebaikan pada diri anak. Untuk itu sebagai orang tua, pastikan untuk selalu memberikan makanan halal pada anak anak agar bisa terhindar dari sifat dan sikap anak yangs ering membangkang dan sulit diatur.

Manfaat Makanan Halal Lain

Selain beberapa kegunaan dari makanan halal yang sudah kami berikan diatas, masih ada beberapa manfaat lain yang bisa diperoleh dari makanan halal seperti:

  • Memberikan ketenangan dalam kehidupan dan kegiatan sehari hari
  • Menjaga kesehatan baik jasmani dan rohani
  • Mendapatkan perlindungan dari Allah SWT
  • Memperoleh iman dan ketaqwaan dari Allah SWT
  • Memperoleh kepribadian jujur dalam hidup dan sikap yang apa adanya
  • Mendapatkan rezeki yang barokah baik dunia dan juga akherat

Selain bisa memberikan banyak keuntungan untuk kesehatan tubuh, manfaat makanan halal yang dikonsumsi juga bisa memberikan banyak keuntungan dalam segi agama sehingga bisa selalu berada dalam perlindungan Allah SWT.

, , ,
Oleh :
Kategori : Makanan