10 Manfaat Nebulizer untuk Mengatasi Gangguan Pernapasan Secara Efektif

Batuk dan pilek merupakan penyakit yang umum diderita tidak hanya pada orang dewasa namun juga anak-anak. Berbeda dengan orang dewasa yang bisa mengatasinya dengan lebih baik anak-anak cenderung lebih sulit dan menjadi sangat rewel ketika terserang batuk atau pilek. Hidung dan tenggorokan terasa tersumbat namun tidak bisa dikeluarkan karena anak-anak biasanya belum bisa mengeluarkan ingus atau dahak seperti orang dewasa.

Baca juga: solusi batuk – manfaat nanas untuk batuk

Belum lagi sulit atau enggannya mereka mengonsumsi obat sehingga batuk dan pilek tidak kunjung sembuh. Untuk mengatasi hal ini secara lebih efektif ada yang namanya nebulizer atau yang lebih dikenal dengan terapi uap. Yaitu alat yang mengubah obat dalam bentuk cair menjadi uap sehingga langsung terhirup dan masuk ke saluran pernapasan sehingga dapat bekerja secara efektif. Oleh karena itu nebulizer umumnya digunakan untuk mengatasi berbagai penyakit atau gangguan yang menyerang saluran pernapasan.

Baca juga: manfaat aerosol – manfaat uap air panas

Terapi uap menggunakan nebulizer tersedia di rumah sakit atau dokter praktek. Selain itu anda juga bisa memilikinya sendiri di rumah sehingga lebih hemat waktu dan biaya. Namun perlu diperhatikan jenis dan dosis obat yang dimasukkan pada nebulizer harus berdasarkan resep dokter sesuai penyakit yang diderita. Selain anak-anak nebulizer juga bisa digunakan oleh orang dewasa yang enggan mengonsumsi obat secara oral dan lebih suka melakukan terapi uap.

Dengan menggunakan nebulizer penggunaan dosis obat dapat diturunkan dari biasanya karena obat langsung bekerja di sasaran tanpa harus singgah di mulut dulu sehingga efek samping obat juga dapat diminimalisir. Selain itu obat juga dapat bekerja secara lebih efektif karena langsung menuju organ yang terserang penyakit. Untuk lebih jelasnya berikut 10 manfaat nebulizer untuk mengatasi berbagai gangguan pernapasan:

1. Mengobati batuk

Seperti demam batuk bukanlah sebuah penyakit. Ia adalah reaksi sistem pertahanan tubuh untuk membersihkan saluran pernapasan dari lendir, debu, atau asap sehingga umumnya batuk bisa sembuh dengan sendirinya. Namun batuk juga dapat disebabkan oleh infeksi virus yang menyerang saluran pernapasan. Jika batuk tidak kunjung sembuh anda dapat berkonsultasi ke dokter untuk mengetahui penyebab dan obat yang tepat. Agar obat semakin efektif dan terserap dengan baik dapat digunakan alat bantu nebulizer.

Baca juga: manfaat obat ambroxol – manfaat lemon dan madu untuk batuk

2. Mengobati pilek

Selain batuk pilek juga merupakan penyakit yang umum diderita baik anak-anak maupun dewasa. Gejalanya bisa dilihat dari keluarnya ingus dari hidung, batuk, hidung tersumbat, bersin, suara serak, dan tidak enak badan. Pilek sendiri disebabkan oleh virus yang menyerang saluran pernapasan. Dengan menggunakan nebulizer pilek dapat disembuhkan secara efektif dan lebih cepat karena menyasar langsung daerah yang terkena penyakit.


3. Membantu mengeluarkan dahak

Tidak seperti orang dewasa anak-anak biasanya belum pandai mengeluarkan dahak sehingga masa penyembuhan batuknya lebih lama. Padahal dahak harus dikeluarkan untuk melancarkan pernapasan sehingga batuk lebih cepat sembuh. Oleh karena itu dianjurkan menggunakan nebulizer yang dimasukkan obat bronkodilator untuk melebarkan otot pada saluran pernapasan dan ekspektoran untuk mengencerkan dahak. Setelah terapi uap dengan nebulizer bantulah anak mengeluarkan dahak tersebut dengan cara menepuk pelan dada dan punggungnya.

Baca juga: 17 manfaat minyak kayu putih untuk kesehatan – manfaat rebusan daun salam

4. Mengobati penyumbatan saluran pernapasan

Dengan menggunakan nebulizer dapat membantu menghilangkan dan membuang benda-benda penghambat kelancaran saluran pernapasan seperti dahak sehingga pernapasan menjadi lancar kembali.

Baca juga: manfaat madu untuk paru paru – manfaat kunyit untuk paru paru

5. Mengobati pneumonia pada bayi

Bayi yang batu lahir apalagi yang tidak mendapat asi rentan menderita pneunomia atau infeksi paru-paru karena sistem kekebalan tubuhnya yang masih lemah sehingga tidak dapat melawan bakteri, jamur, ataupun virus penyebab infeksi. Untuk mengatasi pneumonia pada bayi dapat digunakan nebulizer sehingga obat dapat bekerja secara lebih efektif menuju bagian yang terkena infeksi.

Baca juga: manfaat kunyit hitam – manfaat daun sambiloto untuk kolesterol

6. Mengurangi gejala sinusitis

Manfaat nebulizer lainnya adalah untuk mengurangi gejala sinusitis yang menyerang dinding sinus. Gejala-gejala sinusitis seperti hidung tersumbat, demam, sakit kepala, dan napas berbau dapat diringankan dengan melakukan terapi uap menggunakan nebulizer.

Baca juga: manfaat mengunyah cengkeh – manfaat minum cuka apel

7. Terapi untuk penderita asma

Asma merupakan penyakit kronis yang bersifat kambuhan jika terpicu oleh hal-hal tertentu seperti asap rokok, bulu binatang, debu, udara dingin, atau aktivitas fisik yang berlebihan. Untuk itu penting bagi penderita asma untuk mengetahui dan menghindari faktor pemicunya. Terapi uap menggunakan nebulizer sangat dianjurkan bagi penderita asma disamping penggunaan inhaler pereda asma.

Baca juga: manfaat daun sirsak untuk asma – manfaat semut jepang untuk asma

8. Mengatasi cystic fibrosis

Penyakit ini merupakan penyakit genetik yang mengakibatkan kelainan dimana lendir-lendir di dalam tubuh menjadi lebih kental dan lengket. Hal ini menyebabkan terjadinya penyumbatan pada berbagai saluran di dalam tubuh terutama saluran pencernaan dan pernapasan. Penderita penyakit ini belum bisa sembuh total karena belum ditemukan obatnya. Hanya dapat dilakukan perawatan untuk meredakan gejala-gejalanya serta mencegah terjadinya infeksi dan komplikasi. Salah satu perawatan atau terapi yang dapat dilakukan adalah terapi uap menggunakan nebulizer.

Baca juga: manfaat vitamin e

9. Mengatasi COPD atau penyakit paru-paru kronik

Menurut ilmu medis COPD atau penyakit paru-paru kronik tidak dapat disembuhkan sehingga penderitanya hanya dapat melakukan tindakan-tindakan untuk meringankan gejala yang ditimbulkan dengan mengonsumsi obat atau melakukan terapi uap menggunakan nebulizer.

Baca juga: manfaat susu untuk paru paru – manfaat redoxon


10. Membantu penyerapan obat secara lebih cepat dan mudah

Dengan menggunakan nebulizer berbagai obat-obatan terutama sekali yang berhubungan dengan penyakit pernapasan dapat lebih cepat dan mudah diserap karena langsung menyasar organ pernapasan. Berbeda dengan konsumsi obat secara oral yang harus mengalami serangkaian proses agar dapat menuju organ yang dituju. Selain lebih lama juga lebih rentan tidak terserap maksimal karena ada kemungkinan obat tertinggal atau terserap di bagian-bagian tubuh tertentu.

Baca juga: manfaat pernapasan segitiga – manfaat latihan pernafasan tenaga dalam

Itulah diantara manfaat nebulizer dalam mengatasi  berbagai gangguan pada saluran pernapasan. Dapat dilihat bahwa penggunaan nebulizer menjadikan proses pengobatan lebih efektif dibandingkan mengonsumsi obat secara oral karena bekerja lebih cepat menyasar organ pernapasan yang mengalami gangguan.

, , , ,
Post Date: Saturday 30th, September 2017 / 14:32 Oleh :
Kategori : Solusi Kesehatan