10 Manfaat Daun Pinus bagi Manusia bagi Kesehatan dan Pertanian

Apakah Anda mengenal daun pinus? Seperti apakah bentuknya? Daun pinus merupakan salah satu tanaman khas Indonesia yang berbentuk jarum dan akan selalu berwarna hijau sepanjang tahun. Umumnya daun pinus ini memiliki bentuk yang ramping dan panjang. Daun pinus terkenal akan aromanya yang begitu segar. Seringkali, daun pinus digunakan untuk terapi.

Manfaat Daun Pinus Bagi Kesehatan

Berikut ini beberapa manfaat daun pinus untuk kesehatan, yaitu.

  • Menyembuhkan stroke

Berdasarkan hasil riset dalam Journal of Bone and Mineral Research (JBMR) pada tahun 2009, daun pinus berguna untuk menghambat rangsangan pemicu pertumbuhan sel radikal bebas stroke. Hasil studi menunjukkan bahwa daun pinus dapat menentaskan penyakit stroke dalam tingkat kronis. Manfaat daun pinus bagi manusia terhadap penyakit stroke disebabkan kandungan yang terkandung di dalamnya, yaitu protein, zat besi, fosfor, vitamin C, vitamin E, flavonoid, riboflavin – dengan manfaat riboflavin adalah mencegah migrain dan katarak, tiamin, dan niasin.

  • Menjaga kesehatan pembuluh darah

Menurut seorang pakar spesialis kesehatan medis dari Texas A&M College of Medicine, Dr. David P. Huston, M.D. mengemukakan bahwa sari pati daun pinus berguna bagi kesehatan sel-sel saraf pembuluh darah pemicu stroke bagi individu yang telah menginjak usia lansia, terutama kandungan vitamin C dan fosfor yang terkandung di dalamnya. Manfaat fosfor dan vitamin C di sini berguna untuk menjaga kesehatan fungsi saraf.

Bahkan, berdasarkan hasil riset dalam “The Michigan Journal of Medicine (MJM)” tahun 2012, daun pinus sangat bermanfaaat dalam menstabilkan optimasi produktivitas dan aktivitas pembuluh darah. Selain itu, kandungan zat besi dan fosfor dalam daun pinus bermanfaat dalam menangkal serangan radikal bebas yang dapat merusak sel saraf pembuluh darah, yang erat kaitannya dengan penyakit stroke.

  • Sumber vitamin C dan Antioksidan

Berdasarkan hasil riset Journal of Bone and Mineral Research, kandungan antioksidan pada daun pinus setara dengan kulit manggis, terutama kandungan flavonoid dan bioflavonoid. Kandungan senyawa antioksidan yang sangat tinggi ini berguna sebagai antioksidan. Manfaat antioksidan adalah dapat mencegah risiko kesehatan yang memburuk akibat banyaknya radikal bebas dalam kehidupan sehari-hari. Selain itu, daun pinus juga dikenal banyak mengandung vitamin C.

Manfaat vitamin C adalah sebagai asupan nutrisi untuk kesehatan dan kecantikan, karena komponen penting dari kolagen yang diperlukan untuk membentuk sel baru, otot, jaringan, dan pembuluh darah. Bahkan, vitamin C juga dapat menjadi elemen penting untuk sistem kekebalan tubuh karena merangsang produksi sel darah putih dan memiliki kualitas antioksidan yang membantu mencegah penyakit kronis.

Seringkali kandungan vitamin C dan flavonoid ini digunakan untuk mencegah timbulnya penyakit yang membahayakan kehidupan, seperti serangan jantung dan Alzheimer. Ekstrak daun pinus dapat menghasilkan senyawa pycnogenol yang dimanfaatkan sebagai suplemen diet, meringankan aliran darah, mengatasi kram yang terjadi saat menstruasi, mengatasi jet lag, mengatasi nyeri lutut, kram menstruasi, serta obat untuk meningkatkan memori pada orang lanjut usia.

  • Mengurangi stres

Berdasarkan hasil studi di Universitas Kyoto, Jepang, aroma daun pinus yang menyegarkan memiliki efek terapi yaitu mengurangi stres. Efek terapi akan didapatkan setelah menghirup aroma daun pinus selama kurang lebih 15 menit. Apabila Anda tidak memiliki daun pinus, maka minyak yang didapatkan dari minyak esensial pada daun pinus dapat dibeli di toko-toko obat terdekat. Selain meredakan stres, daun pinus juga dapat menenangkan emosi yang sedang tidak stabil.

  • Mengobati gangguan pernapasan

Apabila terdapat gangguan pernapasan yang mengganggu, seperti sinus, pilek, bronkitis, dan sesak napas, maka Anda dapat memanfaatkan minyak esensial dari daun pinus. Hal ini dilakukan karena mampu menghilangkan kelebihan lendir dan dahak di saluran pernapasan, serta menetralisir patogen atau bakteri yang ditemukan pada penyakit sinus. Caranya cukup mudah yaitu hanya dengan menghirup aroma minyak esensial yang telah dicampur air panas melalui mulut dan hidung.


  • Meredakan nyeri otot

Minyak esensial yang diperoleh dari ekstrak daun pinus juga berguna untuk meredakan nyeri otot. Caranya sangat mudah, yaitu hanya dengan memijat bagian otot yang nyeri dengan minyak pinus yang telah dicampur dengan minyak sayur. Khusus untuk obat oles, sebaiknya minyak pinus yang digunakan adalah dari tipe P. Pinaster dan bukan Scotch Pinus karena dapat mengakibatkan iritasi kulit.

  • Sumber vitamin A

Daun pinus juga dapat menjadi sumber vitamin A, yang mengandung karotenoid. Adapun manfaat vitamin A adalah berperan sebagai antioksidan dalam tubuh, terutama untuk mata, mencegah perkembangan katarak, meningkatkan visi kekuatan, dan memperlambat timbulnya degenerasi macula, dengan mengurangi stres oksidatif dalam sistem mata. Bahkan, daun pinus juga dapat menjaga kesehatan mata hingga lanjut usia.

Manfaat Daun Pinus untuk Pertanian

  • Bahan campuran pupuk

Ekstrak daun pinus dapat dimanfaatkan dan diolah menjadi bioherbisida, semacam bahan campuran untuk pembuatan pupuk yang akan membantu para petani dalam menanggulangi pertumbuhan gulma yang berlebihan. Hal ini disebabkan oleh kandungan kalium pada abunya yang sangat baik bagi tanaman.

, , , , ,
Oleh :
Kategori : Tumbuhan