4 Manfaat Nata De Coco untuk Kesehatan

Nata de coco merupakan suguhan pelengkap minuman yang dibuat dari air kelapa dengan menggunakan bakteri Acetobacter Xylinum untuk proses fermentasinya. Meskipun kebanyakan nata pada umumnya dibuat dengan berbahan dasar air kelapa, namun nata de coco dapat dibuat dengan menggunakan bahan lain seperti santan kelapa, molases atau tetes tebu, serta sari buah lainnya seperti melon, nanas, jeruk, pisang, jambu biji, stroberi, dan lain-lain.


Asal- Usul Nata De Coco

manfaat nata de cocoNata de coco berasal dari bahasa Spanyol, yaitu: sebagainatare, yang kemudian diterjemahkan ke dalam bahasa latin yaitu Natare yang berarti terapung-apung. Pemberian nama nata didasarkana pada bahan pembuatannya, seperti nata yang terbuat dari nanas maka diberi nama Nata De Pinna, dan lain-lain. Namun meskipun demikian, yang sangat populer dan sudah populer adalah nata de coco yaitu nata yang berbahan dasar air kelapa. 


Kandungan Nata De Coco

Dengan bahan utama nata de coco yaitu air kelapa, yang mana kita telah mengetahui bahwa manfaat air kelapa mengandung mineral dan vitamin yang bermanfaat bagi tubuh. Maka, apakah nata de coco yang notabennya adalah hasil fermentasi masih memiliki manfaat? Ya, meskipun nata de coco adalah hasil fermentasi air kelapa dengan memanfaatkan bakteri acetobacter xylinum. Tapi nata de coco juga memiliki kandungan yang tak kalah baik dibanding air kelapa asli, meskipun kandungan gizinya tidaklah terlalu banyak. Adapun kandungan nata de coco dalam takaran 100 gram adalah sebagai berikut :

  • Air = 80 %
  • Lemak = 20 gram
  • Fosfor = 2 mg
  • Kalori = 146 kal
  • Zat besi = 0,5 gram
  • Karbohidrat = 20 gram
  • Kalsium = 12 mg


Namun tidak hanya itu, nata de coco juga memiliki kandungan vitamin dan senyawa kimia yang tak kalah bermanfaat bagi tubuh manusia. Berikut ini diantaranya :

1. Untuk Anak-anak

Sebagian besar penggemar dari nata de coco adalah kalangan anak-anak. Rasanya yang manis dan terksturnya yang unik menjadikan nata de coco sangat di gemari oleh anak-anak, meskipun tak jarang juga kalangan orang dewasa yang menyukai nata de coco. Namun, nata de coco tidak hanya sebagai sajian untuk anak-anak, dibalik itu semua manfaat nata de coco juga sehat untuk anak.

Kandungan manfaat vitamin B seperti vitamin B1, B2, dan manfaat vitamin C tentu sangat bermanfaat untuk meningkatkan imunitas tubuh anak. Kandungan air yang cukup banyak dalam nata de coco juga dapat memenuhi kebutuhan air anak yang mana anak-anak pada umumnya aktif bermain dan membutuhkan air yang cukup.

2. Aman Bagi Pasien Diabetes

Selama nata de coco dikonsumsi dengan jumlah dan cara yang benar dan tidak berlebihan, maka nata de coco tergolong aman dikonsumsi oleh pasien diabetes sekalipun. Hal ini merujuk pada kandungan kolesterol yang tidak terlalu banyak, sehingga tidak mengganggu sirkulasi darah dan tidak mempengaruhi konsentrasi gula dalam darah. Makanan lain yang bisa dikonsumsi penderita diabetes yakni :

3. Tidak Mengganggu Proses Diet

Lantas, apakah nata de coco aman untuk pelaku diet? Ya, jawabannya adalah aman-aman saja. Jika kita merujuk pada jumlah kalori yang terkandung di dalam nata de coco maka tentu ini tidak akan berpengaruh bagi mereka yang sedang melakukan diet. Sehingga, bagi para pelaku diet maka mengkonsumsi nata de coco cukup aman. Selain manfaat bata de coco, sejumlah makanan lain juga dapat membantu proses diet yaitu :

4. Memperlancar BAB

Dengan adanya manfaat serat yang terkandung dalam manfaat nata de coco, maka tentu saja makanan ini cukup baik dalam hal memperlancar pencernaan dalam tubuh kita. Jika sedang mengalami susah buang air besar atau sembelit, maka nata de coco dapat membantu kita untuk memperlancar buang air besar.

Bahkan nata de coco dapat membantu mensukseskan proses diet yang sedang dilakukan, karena nata de coco kadar serat yang dimiliki nata de coco mampu mengikat air dan menyerap karbohidrat dengan baik. Maka, tak ada salahnya bagi para pelaku diet untuk memasukkan nata de coco ke daftar makanan yang baik dikonsumsi.

Konsumsi Makanan lain yang mengandung serat terdapat pada :

Konsumsi Nata De Coco yang Tidak Aman

Dari beberapa manfaat nata de coco bagi tubuh kita yang telah disebutkan di atas. Ternyata nata de coco juga memiliki dampak negaif bagi tubuh atau dampak sebaliknya dari manfaat yang telah disebutkan. Dampak negatif yang adalah tak lain karena pola konsumsi yang tidak baik, dengan pola konsumsi yang salah.

  • Menyebabkan Kegemukan

Jika dalam manfaat di atas nata de coco aman untuk pelaku diet, namun nata de coco justru dapat menimbulkan kegemukan. Kegemukan yang terjadi ditimbulkan karena tambahan gula atau pemanis lain saat menyajikan nata de coco, hal itu bisa meningkatkan lemak dalam tubuh dan menyebabkan kegemukan.

  • Menimbulkan Diabetes

Tidak hanya itu saja, nata de coco juga dapat meningkatkan resiko diabetes. Hal ini lagi-lagi karena pola konsumsi yang tidak baik, yaitu biasanya penggunaan sirup atau pemanis tambahan saat membuat jenis minuman yang menggunakan nata de coco. Sirup dan pemanis buatan yang secara berlebihan dan dalam jangka waktu yang panjang itulah yang menyebabkan kadar gula dalam darah dapat meningkat.

Jika ingin mengkonsumsi nata de coco tanpa dampak negatif, maka konsumsilah dengan bijak. Dengan pola konsumsi yang baik dan dengan jumlah yang pas (tidak berlebih). Karena bukankah sesuatu yang berlebihan akan menimbulkan dampak negatif? Begitu pula makanan yang sehat, jika berlebihan dikonsumsi maka akan menjadi makanan yang berbahaya

, ,
Oleh :
Kategori : Makanan