Inilah 8 Manfaat Minum Minyak Kelapa Murni bagi Kesehatan

Tanaman kelapa merupakan salah satu tanaman yang hampir semua bagiannya dapat dimanfaatkan untuk kepentingan manusia. Mulai dari batang, daun hingga buahnya dimanfaatkan manusia untuk berbagai kebutuhan. Tumbuhan kelapa dapat dijumpai dengan mudah, mulai dari daerah pesisir pantai hingga dataran tinggi tanaman ini mampu tumbuh subur.

Salah satu bagian kelapa yang banyak dimanfaatkan adalah buahnya. Buah kelapa bisa diolah menjadi berbagai macam hal, salah satunya dibuat menjadi minyak kelapa murni. Minyak kelapa murni ( VCO ) merupakan hasil ekstraksi kelapa murni tanpa tambahan bahan kimia lain. Minyak kelapa murni mengandung berbagai zat nutrisi yang berguna untuk kesehatan tubuh. Berikut adalah 8 manfaat minum minyak kelapa murni untuk kesehatan dan kecantikan wanita.

  1. Sebagai Asupan Nutrisi untuk Diet

Bagi anda yang sedang menjalankan program diet untuk mendapatkan bentuk tubuh ideal, tak ada salahnya mencoba minyak kelapa murni sebagai salah satu asupan nutrisi. Kandungan minyak kelapa murni mampu membantu merangsang proses metabolisme dalam tubuh. Kondisi ini akan membuat anda merasa kenyang dan tidak terasa lapar, hal ini akan berimbas pada berkurangnya nafsu makan. Anda akan terhindar dari dorongan untuk mengkonsumsi makanan secara berlebihan, tentu ini sangat baik dan mendukung program diet anda.

  1. Menjaga Kesehatan Pencernaan

Manfaat berikutnya adalah membantu menjaga kesehatan pencernaan. Kandungan asam laurat, kaprilat dan kaprat yang terdapat dalam minyak kelapa murni dipercaya mampu menunjang pertumbuhan probiotik atau bakteri baik di dalam sistem pencernaan. Hal ini tentu akan berdampak baik bagi kesehatan pencernaan, sebab bakteri baik dalam pencernaan akan melawan bakteri jahat yang bisa menimbulkan penyakit pada sistem pencernaan.

  1. Sumber Antioksidan

Minyak kelapa murni juga dikenal memiliki kandungan antioksidan yang cukup tinggi. Anda bisa memanfaatkan minyak kelapa murni sebagai salah satu sumber antioksidan yang dibutuhkan untuk tubuh. Manfaat antioksidan tentu sangat besar untuk tubuh, salah satunya membantu meningkatkan daya tahan tubuh agar tidak mudah terserang penyakit. Anda bisa mengkonsumsi minyak kelapa murni secara rutin, agar kebutuhan antioksidan yang diperlukan oleh tubuh dapat selalu terpenuhi.

  1. Mengurangi Risiko Penyakit Jantung

Manfaat minum minyak kelapa murni ternyata juga baik untuk kesehatan jantung, salah satunya mengurangi risiko penyakit jantung. Minyak kelapa murni memiliki kandungan polifenol, manfaat polifenol ini salah satunya mampu mencegah terjadinya penyumbatan pembuluh darah dari lemak yang menempel pada dinding pembuluh darah. Pembuluh darah yang tersumbat akan meningkatkan risiko penyakit jantung semakin tinggi. Hindari hal tersebut terjadi dengan mengkonsumsi minyak kelapa murni. Jaga pembuluh darah terhindar dari penyumbatan dan aliran darah dapat berjalan lancar.

  1. Meningkatkan Kadar Lemak Baik dalam Tubuh

Minyak kelapa murni juga bermanfaat untuk meningkatkan kadar lemak baik dalam tubuh. Lemak baik dalam tubuh juga akan berperan penting menjaga kesehatan tubuh, utamanya kesehatan pembuluh darah dan jantung. Kadar lemak baik dalam tubuh juga berfungsi mengimbangi kadar lemak buruk dalam tubuh yang bisa menyebabkan kolesterol.

  1. Menjaga Kadar Glukosa Tubuh

Manfaat minum minyak kelapa murni selanjutnya adalah menjaga kadar glukosa dalam tubuh agar tetap stabil. Minyak kelapa memiliki kandungan medium chain triglycerides ( MCT ) yang berguna untuk menjaga batas toleransi glukosa di dalam tubuh. Manfaat ini tentu sangat baik untuk tubuh, salah satunya mencegah terjadinya penyakit diabetes. Selain itu, zat MCT ini juga mampu meningkatkan sensitivitas kerja insulin yang berperan penting dalam proses pengaturan glukosa di dalam tubuh.

  1. Tingkatkan Daya Ingat

Anda yang ingin memperbaiki dan meningkatkan daya ingat, menggunakan minyak kelapa murni menjadi pilihan alami yang tepat. Minyak kelapa murni memiliki kandungan zat keton yang cukup banyak. Manfaat zat keton ini adalah meningkatkan memori atau daya ingat otak manusia, minyak kelapa murni ini juga dimanfaatkan penderita Alzheimer untuk meningkatkan daya ingatnya agar berfungsi normal kembali.

  1. Membantu Penyerapan Nutrisi

Minum minyak kelapa murni yang terakhir adalah membantu meningkatkan penyerapan berbagai nutrisi oleh tubuh. Penyerapan nutrisi seperti magnesium dan kalsium dalam tubuh dapat dibantu dengan mengkonsumsi minyak kelapa murni. Penyerapan nutrisi yang optimal, tentu akan berdampak positif bagi kesehatan tubuh.

Manfaat minum minyak kelapa murni bagi kesehatan dan kecantikan tubuh cukup beragam. Anda bisa menjadikan minyak kelapa murni sebagai salah satu asupan nutrisi untuk tubuh. Sebelum mengkonsumsi minyak kelapa murni berkonsultasilah terlebih dulu dengan dokter agar mendapatkan takaran pas terkait konsumsi minyak kelapa murni yang pas untuk tubuh anda. Pastikan anda mengkonsumsi minyak kelapa murni yang benar-benar berkualitas tanpa campuran bahan kimia. Anda juga bisa membuat minyak kelapa murni sendiri jika ingin memperoleh minyak kelapa murni yang lebih terpercaya.