8 Manfaat Minum Air Kunyit Sebelum Tidur Untuk Kesehatan Tubuh

Kunyit merupakan salah satu rempah yang banyak sekali manfaatnya bagi kehidupan. Kunyit bisa dimanfaatkan sebagai pewarna makanan, bumbu masakan, perawatan kulit sampai sebagai jamu yang berkhasiat untuk kesehatan. Manfaat kunyit untuk kesehatan sendiri sangatlah banyak. Untuk mendapatkan manfaatnya, kunyit paling sering diolah menjadi kunyit asam atau juga bisa diseduh begitu saja sebagai air kunyit dengan tambahan gula aren maupun madu.

Pada beberapa orang air kunyit biasanya dikonsumsi pagi hari ketika perut kosong atau juga bisa dikonsumsi malam hari sebelum tidur. Nah, pada artikel kali ini akan dibahas mengenai apa saja manfaat minum air kunyit sebelum tidur untuk kesehatan tubuh. Simak pembahasannya berikut ini.

1. Membuat tidur lebih nyenyak

Mengalami insomnia atau kesulitan tidur memang sangatlah merepotkan, karena akan membuat susah bangun tidur dan membuat badan terasa berat untuk melakukan aktivitas di hari selanjutnya. Untuk mengatasinya, mengkonsumsi air kunyit bisa menjadi salah satu solusi yang sangat efektif dan aman untuk dicoba.

2. Menyehatkan sistem pencernaan

Seperti halnya dengan manfaat biang temulawak untuk kesehatan tubuh, minum air kunyit pada malam hari sebelum tidur bisa membantu menyehatkan dan melancarkan sistem pencernaan. Apalagi jika memiliki kebiasaan sering makan sebelum tidur, asir kunyit dapat mencegah saluran pencernaan terganggu.

3. Meredakan pegal linu pada tulang

Setelah beraktivitas seharian, tulang dan persendian terkadang akan mengalami pegal linu saat malam. Salah satu manfaat minum air kunyit sebelum tidur adalah meredakan pegal dan linu yang dirasakan. Selain itu, khasiatnya juga bisa mencegah rasa nyeri dan kaku saat pagi hari pada penderita rematik.

4. Mengendalikan kadar kolesterol

Kolesterol merupakan salah satu penyakit yang saat ini banyak dialami masyarakat, baik orang dewasa maupun anak muda. Untuk mengatasinya bisa dibantu dengan mengkonsumsi susu kunyit setiap malam, yaitu air kunyit yang dicampur dengan manfaat susu untuk kesehatan tubuh.

5. Meredakan kram saat menstruasi

Hal yang paling merepotkan dialami wanita saat menstruasi adalah munculnya kram pada perut, karena akan membuat semua hal menjadi buyar. Walaupun kram saat menstruasi ini bisa hilang dengan sendirinya, salah untuk mempercepat kondisinya mereda adalah dengan minum air kunyit sebelum tidur.

6. Menjaga kesehatan organ jantung

Jantung merupakan organ penting yang berperan dalam memompa darah dan menyuplai oksigen ke seluruh tubuh. Minum air kunyit saat sebelum tidur sangatlah dianjurkan, karena banyak manfaat kunyit untuk jantung dengan membantu mencegah terjadinya penggumpalan darah dan mengatasi plak pada pembuluh darah.

7. Menyehatkan organ lambung

Di samping menyehatkan saluran pencernaan, air kunyit juga bermanfaat untuk meningkatkan kesehatan lambung. Mengkonsumsi air kunyit secara rutin sebelum tidur juga dapat menjaga lambung tetap sehat dan membantu mengatasi gangguan lambung seperti maag, asam lambung dan lain sebagainya secara alami.

8. Menjaga kesehatan organ hati

Organ hati sangat penting untuk mengeluarkan toksin atau racun di dalam tubuh, sehingga harus dijaga agar dapat berfungsi dengan baik. Seperti manfaat minum air lemon sebelum tidur, air kunyit dapat menjaga kesehatan organ hati. Air kunyit dapat membantu proses regenerasi sel hati yang mengalami kerusakan dengan melindungi kandung empedu agar dapat bekerja dengan baik.

Demikian pembahasan tentang berbagai manfaat minum air kunyit sebelum tidur untuk kesehatan tubuh. Semoga bermanfaat.

, ,
Oleh :
Kategori : Herbal