11 Manfaat Minum Air Es di Pagi Hari yang Akan Membuat Anda Takjub

Ketika cuaca sedang panas di siang hari, minum air dingin memang sangat nikmat dilakukan karena bisa menghilangkan dahaga sekaligus panas tubuh terlalu berlebihan. Air dingin sendiri sebenarnya merupakan minuman yang sehat sebab tubuh manusia terdiri dari 60% air sehingga air sangat penting bagi tubuh baik dalam keadaan hangat ataupun dingin. Air es juga lebih cepat diserap tubuh jika dibandingkan dengan air hangat sehingga bisa dengan cepat mengembalikan suhu normal tubuh anda khususnya sesudah berolahraga. Namun, apakah sebenarnya minum air es saat pagi hari diperbolehkan dan aman?, berikut ini akan kami berikan beberapa manfaat minum air es di pagi hari yang bisa membuat anda takjub.

  1. Memperbaiki Mood

Selain banyak manfaat minum susu, minum air es saat pagi hari sangat baik untuk membangun mood sehingga bisa bersemangat dalam mengawali aktivitas sehari hari. Ahli saraf di Institute of Psychiatry, London, Inggris mengatakan jika minum air dingin seperti air putih dingin, es krim dan berbagai minuman dingin lain bisa merangsang korteks orbitofrontal atau hormon kenikmatan pada otak sehingga bisa membuat seseorang merasa bahagia ketika minum air es.

  1. Mengurangi Rasa Sakit

Saat anda bangun tidur dengan rasa sakit di tubuh, maka minum air dingin bisa dilakukan karena akan mengurangi rasa sakit yang anda rasakan. Adrenalin tidak hanya membuat anda merasa lebih hidup namun juga akan terbebas dari rasa sakit dan menjadi cara pintar untuk mengalihkan perhatian otak dari rasa sakit yang mengganggu tersebut. Bahkan efek dari air es bisa bisa berjangka panjang sebab air dingin dapat mengurangi aliran darah ke otot dan kemudian akan kembali diisi dengan darah baru namun sedikit kandungan asam dan laktat untuk mengurangi rasa sakit tersebut.

  1. Menjaga Tubuh Terhidrasi

Saat anda berolahraga di pagi hari, maka minum air es menjadi pilihan tepat baik sebelum, selama atau sesudah berolahraga pagi hari untuk menjaga tubuh tetap terhidrasi dengan baik. Air es bisa menyerap panas tubuh dari dalam dan akan menetralkan dehidrasi lebih cepat jika dibandingkan dengan air hangat sebab akan dengan cepat masuk ke perut dan dialirkan ke dalam darah.

  1. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Kegunaan lain dari minum air es ketika pagi hari juga sangat baik untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh anda. Air akan membantu pencernaan dan penyerapan makanan, membawa nutrisi penting termasuk hormon, antibodi dan juga sel sel yang bertugas melawan penyakit dalam seluruh tubuh sekaligus melumasi persendian anda. Air es bisa mengeluarkan racun dalam tubuh beserta produk limbah dari tubuh. Sebenarnya hal terpenting adalah jumlah air yang dikonsumsi setiap hari dan bukan pada suhu sehingga baik air es, air biasa atau air hangat sama sama baik untuk dikonsumsi.

  1. Meningkatkan Metabolisme Tubuh

Minum air es di pagi hari bahkan hingga mengguyur tubuh anda dengan air es sama sama memiliki efek dramatis dalam membakar jumlah kalori dalam tubuh sekaligus mempercepat metabolisme. Tubuh manusia selalu harus bekerja dengan keras untuk mempertahankan suhu normal sehingga minum air es ini bisa meningkatkan metabolisme tubuh secara menyeluruh.

  1. Menurunkan Berat Badan

Minum air es juga menjadi salah satu dari beberapa cara terbaik untuk menurunkan berat badan sebab tubuh harus mengkompensasi penurunan suhu yang terjadi secara tiba tiba. Dalam setiap satu gelas air es bisa membakar kalori hingga 17.5 kalori sehingga penting bagi anda yang malas berolahraga yang bahkan juga penting dalam menjaga kesehatan jantung anda.

  1. Tidak Menyebabkan Kanker

Banyak mitos yang beredar saat ini jika minum air es ketika pagi, siang atau malam hari bisa menyebabkan kanker khususnya sesudah makan. Namun dari hasil penelitian membuktikan jika anggapan tersebut adalah salah sebab air es bukanlah penyebab dari kanker.

  1. Meningkatkan Penyerapan Nutrisi

Minum air es di pagi hari sebenarnya sangat baik sebab bisa meningkatkan nutrisi sekaligus memurnikan usus besar anda khususnya jika diminum saat perut masih kosong selain banyak juga manfaat cuci muka dengan air dingin.

  1. Menyeimbangkan Sistem Getah Bening

Kelenjar getah being bertugas sebagai filter partikel asing dan sangat penting untuk imun tubuh. Cairan getah bening akan bersikulasi di seluruh tubuh dan membantu fungsi harian tubuh anda termasuk menyeimbangkan cairan tubuh dan melawan infeksi. Dengan minum air es pagi hari, maka keseimbangan sistem getah bening ini bisa selalu terjaga dengan baik.

  1. Meningkatkan Metabolisme Glukosa

Dalam sebuah penelitian di Journal of Clinical Endocrinology Metablisme menemukan jika paparan terhadap suhu dingin bisa memberikan dampak positif untuk jaringan adiposa coklat atau dikenal dengan lemak coklat. Fungsi utama dari lemak coklat ini adalah membakar kalori sehingga menghasilkan panas dalam tubuh yang sering disebut dengan manfaat lemak baik sebab akan membakar lemak dan bukan menyimpannya. Minum air es dan juga mandi air dingin juga bisa meningkatkan metabolisme glukosa dan sensitivitas insulin yang keduanya akan mendukung kinerja autophagy.

  1. Mencegah dan Mengobati Batu Ginjal

Selain ada lebih dari 15 manfaat es batu untuk kulit wajah, minum air yang dicampur dengan es batu ternyata juga baik untuk mengatasi dan mencegah batu ginjal. Batu ginjal bisa terjadi karena banyak alasan dan salah satu cara untuk mencegah dan mengobati salah satu penyakit ginjal ini adalah dengan banyak minum air es baik pagi, siang atau malam hari.

Dari ulasan diatas diketahui jika ada banyak manfaat minum air es di pagi hari untuk tubuh dan menepis anggapan yang banyak beredar saat ini jika air dingin atau air es tidak baik untuk dikonsumsi. Semoga ulasan ini bisa bermanfaat untuk anda.