6 Manfaat Susu Kedelai Untuk Tulang Kuat Pengganti Susu Sapi

Tidak hanya memiliki rasa yang lezat, namun susu kedelai juga menyimpan banyak manfaat untuk kesehatan. Susu yang terbuat dari sari kacang kedelai ini mengandung beberapa nutrisi penting seperti protein, serat, asam lemak esensial, vitamin dan juga mineral yang bisa memberikan energi sekaligus menjaga tubuh agar bisa tetap berfungsi secara optimal. Susu kedelai atau soya ini juga menjadi susu alternatif untuk anak anak yang mengalami laktosa intoleran atau alergi terhadap susu sapi. Meski alergi terhadap laktosa, akan tetapi protein dalam susu tetap dibutuhkan sehingga minum susu kedelai menjadi solusi terbaik untuk pengganti susu sapi. Lalu, apakah ada manfaat susu kedelai untuk tulang seperti yang bisa didapatkan ketika minum susu sapi?, berikut jawaban menarik yang wajib anda ketahui.

  1. Mencegah Osteoporosis

Osteoporosis merupakan salah satu masalah kesehatan yang berhubungan dengan hormon estrogen. Wanita menopause umumnya akan memiliki hormon estrogen yang rendah sehingga memiliki risiko tinggi terkena osteoporosis. Selain itu, kandungan fitoestrogen dalam susu kedelai atau manfaat sari kedelai bisa membantu penyerapan kalsium dalam tubuh sekaligus mencegah hilangnya massa tulang. Untuk mendapatkan manfaat susu kedelai yang maksimal, maka pastikan anda minum susu kedelai yang tinggi akan manfaat kalsium dan juga vitamin D tambahan.

  1. Mencegah Osteoarthritis

Penyakit nyeri sendi yang juga disebut dengan osteoarthritis bisa terjadi karena berkurangnya kekuatan tulang rawan pada sendi atau engsel. Area punggung, lutut, leher, pinggang dan juga pinggul nantinya menjadi area yang paling sering terkena osteoarthritis. Kandungan fosfor tinggi dalam susu kedelai sangat baik untuk mengurangi rasa sakit area persendian. Sedangkan isoflavin dalam kedelai bisa menguatkan massa tulang bahkan senyawa genistin kedelai ampuh untuk mencegah pengeroposan tulang lebih baik dari premarin.

  1. Mendukung Mobilitas Sendi

Susu kedelai juga sangat baik dikonsumsi karena bisa mendukung mobilitas sendiri yang lebih baik sekaligus memberi rasa nyaman. Dalam penelitian yang melibatkan 136 pria serta wanita dan minum susu kedelai atau manfaat kedelai bubuk selama tiga bulan membuktikan jika rentang gerak dan kenyamanan bisa semakin meningkat dibandingkan kelompok yang tidak minum susu kedelai.

  1. Meningkatkan Profil Metabolisme Kartilago

Manfaat minum susu kedelai di pagi hari juga terbukti ampuh bisa meningkatkan profil penanda metabolisme kartilago. Dengan ini ketika anda berada di bawah sinar matahari, maka akan membantu tubuh untuk membuat vitamin D lebih banyak yang bagus bagi tulang dan akhirnya membuat struktur tulang bisa lebih sehat dan kuat.

  1. Mencegah Rakhitis Pada Anak

Saat anak anak tidak memperoleh vitamin D yang cukup, maka kemungkinan rakhitis bisa meningkat. Rakhitis adalah penyakit bisa menyebabkan tulang anak anak menjadi lemah. Kebutuhan vitamin D ini sangat penting untuk membantu penyerapan fosfor dan manfaat kalsium. Tanpa vitamin dan mineral tersebut, maka tulang anak tidak bisa tumbuh dengan baik dan semakin lemah. Anak anak yang terkena rakhitis kemungkinan juga mengalami nyeri otot, gangguan pertumbuhan dan juga kelainan bentuk tulang serta gigi. Kegunaan susu kedelai ini nantinya akan membantu penyerapan vitamin D lebih baik sehingga vitamin D juga bisa membentuk menyerap fosfor serta kalsium lebih baik lagi.

  1. Mencegah Infeksi Tulang

Infeksi tulang atau dalam istilah kedokteran disebut dengan osteomielitis bisa terjadi secara tiba tiba baik akut atau kronis. Jika seseorang sudah terkena infeksi tulang tersebut, maka perawatan menggunakan antibiotik dan dalam beberapa kasus, pembedahan juga dibutuhkan untuk mengangkat jaringan tulang yang sudah terinfeksi. Untuk mencegah infeksi tulang tersebut, susu kedelai menjadi salah satu asupan terbaik yang harus dikonsumsi secara teratur karena tingginya vitamin dan mineral dalam susu kedelai selain banyak juga manfaat susu kedelai untuk diet.

Ada begitu banyak manfaat susu kedelai untuk tulang yang sekaligus juga menjadi alternatif minuman terbaik bagi seseorang yang alergi terhadap laktosa dalam susu. Minum susu ini dengan teratur akan memastikan kesehatan tulang dan juga tubuh secara menyeluruh sehingga sebaiknya mulai dilakukan dari sekarang.

, , ,
Oleh :
Kategori : Minuman