8 Manfaat Mempelajari Utsul Fiqih dalam Islam

Utsul Fiqih sangatlah erat kaitanya dengan hukum-hukum Islam atau yang biasanya sering disebut dengan hukum syariah. Salah satu manfaat mempelajari Utsul Fiqih adalah untuk berijtihad. Ijtihad dapat dilakukan oleh siapapun istihat merupakan suatu usaha yang sungguh-sungguh seseorang yang berusaha manfaat menuntut ilmu agar dapat memutuskan suatu perkara yang sebelumnya tidak dibahas dalam Alquran maupun hadist. Setiap ilmu yang kita pelajari pasti memiliki manfaatnya masing-masing seperti kita mempelajari ilmu  alam ataupun ilmu sosial Hal tersebut pasti dapat bermanfaat untuk kehidupan kita yang selanjutnya Sama halnya dengan mempelajari  Utsul Fiqih  mempelajari Utsul Fiqih juga memiliki berbagai manfaat manfaat tersendiri .Adapun berbagai manfaat mempelajari Utsul Fiqih akan dipaparkan di bawah ini. (baca : manfaat agama bagi kehidupan , Manfaat Doa Kanzul Arsy)

Manfaat Belajar Utsul Fiqih

1. Membuka jalan untuk kita melakukan ijtihad

Seseorang yang ingin memiliki ilmu pengetahuan dan bersungguh-sungguh untuk menyelesaikan atau menetapkan perkara-perkara yang tidak dibahas dalam al-quran hal ini merupakan salah satu syarat untuk melakukan ijtihad. Pada era saat ini seseorang akan lebih mudah untuk melakukan ijtihad jika seseorang tidak sendiri. Berbeda dengan masa lalu pada zaman dahulu seseorang dapat melakukan ijtihad dengan sendiri sebab hal itu masih terasa ringan. Pada era saat ini istihat harus dilakukan bersama karena banyak orang yang hanya memungkinkan mempelajari beberapa bidang ilmu saja seperti ilmu pendidikan. Sehingga seseorang yang melakukan ijtihad biasanya dilakukan beramai-ramai dan juga sesuai dengan bidangnya yang dikuasai. (Baca Juga: Manfaat Mempelajari Ushul Fiqh , Manfaat Mempelajari Bahasa Arab)

2. Mengerti dasar-dasar dalam berdalil

Mempelajari Utsul Fiqih sama halnya dengan mempelajari syariat syariat Islam dengan mempelajari Utsul Fiqih kita dapat mengerti dasar-dasar berdalil. dalil juga didapatkan dari membaca alquran, untuk itu perlu pula anda mengetahui mengenai manfaat menmbaca al quran. (Baca Juga: Manfaat Minyak Zaitun Merek Herborist)

3. Menyampaikan ceramah dengan baik

Dengan mempelajari Utsul Fiqih kita akan mengetahui dalil dalil dan hadis yang benar sehingga dalam menyampaikan ceramah kita bisa menyampaikan hadits-hadits dan juga dalil-dalil yang sesuai dengan apa yang kita sampaikan. Hal tersebut dapat membuat kita dalam melakukan ceramah terlihat lebih baik dan juga ceramah yang kita sampaikan dapat lebih dipercaya sebab apa yang kita katakan didasarkan pada Dalil dan hadis hadis tertentu. (Baca Juga: Manfaat Mempelajari Ilmu Kalam , Manfaat Mengetahui Asbabun Nuzul)

4. Menambah ilmu pengetahuan

Sangat jelas sekali mempelajari Utsul Fiqih dapat menambah ilmu pengetahuan untuk kita dan mempelajari Utsul Fiqih juga berguna untuk masa depan sebab mempelajari Utsul Fiqih juga dapat membantu kita untuk menyelesaikan masalah-masalah pada era modern ini. Yang dimana masalah-masalah tersebut belum ada di saat zaman Nabi Muhammad. Banyak sekali hal-hal yang di dapatkan dengan mempelajari Utsul Fiqih salah satunya dengan mempelajari utsul fiqih seseorang bisa mengetahui bagaimana cara penetapan hukum mengetahui dalil-dalil dan juga mengetahui metode-metode lainnya Untuk itu penting bagi kita mengetahui atau mempelajari Utsul Fiqih (baca juga : manfaat mempelajari pengetahuan dan teknologimanfaat mempelajari pengetahuan alam)

5. menyelesaikan perkara pada zaman modern.

Dewasa ini banyak sekali masalah-masalah yang ada pada zaman sekarang yang dimana masalah-masalah tersebut belum pernah terjadi di zaman Rasulullah. Disinilah peran Utsul Fiqih dibutuhkan.  sebab seseorang yang telah mempelajari Utsul Fiqih dapat memandang suatu masalah masalah yang timbul pada era modern ini dengan perspektif hukum Islam. Untuk itu Mengapa pentingnya untuk mempelajari Utsul Fiqih sebab salah satu manfaat Utsul Fiqih adalah untuk menyelesaikan masalah-masalah atau suatu perkara yang terjadi pada era modern ini. (Baca Juga: Manfaat Sedekah , Manfaat Memeluk Agama Islam)

6. Mengetahui alasan pendapat yang disampaikan oleh ulama

Dengan mempelajari Utsul Fiqih kita dapat memiliki pengetahuan pengetahuan yang bisa digunakan untuk menemukan suatu alasan mengapa ulama menyampaikan fatwa-fatwa tertentu. Bagi Anda yang sering meragukan fatwa-fatwa tertentu atau memiliki teman yang sering melakukan fatwa-fatwa tertentu yang disampaikan oleh ulama mempelajari Utsul Fiqih ini sangatlah penting sebab akan membantu anda untuk menemukan jawabannya Mengapa ulama mengeluarkan fatwa tersebut. (Baca Juga: Manfaat Ruqyah , Manfaat Puasa Daud)

7. Melakukan ijtihad dengan benar

Seperti yang telah dijelaskan di atas bahwa istihat merupakan suatu proses penetapan hukum yang dimana hukum-hukum tersebut belum dibahas di dalam Alquran maupun as-sunnah. Seseorang yang mempelajari Utsul Fiqih dengan benar maka dia juga akan dapat memberikan jawaban ataupun ketetapan yang benar yang didasarkan pada hukum syariat Islam. (Baca Juga:  Manfaat Jihad , Manfaat Ziarah Kubur)

8. Mengetahui semangat yang terkandung dalam hukum Islam

Dengan mempelajari Utsul Fiqih kita dapat mengetahui semangat apa yang terkandung dalam hukum Islam sebab seseorang yang mempelajari Utsul Fiqih akan mendapatkan pondasi kaidah Islam yang baik. Dengan mempelajari Utsul fiqih pun kita bisa mendapatkan suatu pencerahan. (Baca Juga: Manfaat Umroh  , Manfaat Malam Jumat Kliwon)

Berikut adalah beberapa manfaat yang kita dapatkan ketika kita mempelajari Utsul Fiqih. Tentunya tidak hanya mempelajari Utsul Fiqih saja namun dalam kehidupan ini Kita juga harus menyeimbangkannya dengan mempelajari ilmu-ilmu lain seperti ilmu pengetahuan ataupun ilmu sosial agar kedepannya kita juga dapat menjadi seseorang yang seimbang Dalam agama dan kehidupan dunia