5 Manfaat Lobak Putih Untuk Kolesterol Darah

Lobak putih merupakan salah satu jenis lobak yakni tanaman berakar kaya akan air yang bercitarasa pedas dan manis. Selain berwarna putih, ada beberapa variasi warna lobak lainnya seperti ungu, merah dan juga hitam dalam bentuk bulat atau silindris. Lobak putih ini bisa dikonsumsi dalam keadaan mentah, dimasak dan juga diasamkan. Sedangkan bagian biji bisa dimanfaatkan untuk dibuat menjadi minyak kemudian diolah kembali menjadi beberapa produk kesehatan yang berkhasiat. Tanaman lobak pada umumnya juga bisa dikonsumsi hampir keseluruhan seperti bunga, daun, polong dan juga biji yang sudah dikonsumsi oleh masyarakat seluruh dunia. Dalam lobak putih juga mengandung banyak nutrisi penting seperti manfaat potassium, folat, vitamin C, serat, vitamin B6, mangan, protein dan masih banyak lagi. Dari sekian banyak khasiat lobak putih untuk kesehatan, salah satu yang paling berguna adalah manfaat lobak putih untuk kolesterol yang akan kami ulas dalam artikel berikut ini.

  1. Mengikat Lipoprotein

Lobak putih yang berukuran kecil ini mengandung banyak manfaat serat tambahan yang tidak hanya membuat anda kenyang lebih lama, namun juga sangat membantu pergerakan usus, mencegah konstipasi penyebab wasir dan juga menurunkan kolesterol dengan cara mengikat lipoprotein kepadatan rendah.

  1. Menurunkan Kadar Trigliserida

Trigliserida merupakan jenis lemak lain dalam darah yang kadarnya bisa meningkatkan karena berbagai penyebab mulai dari faktor genetik, kegemukan, banyak mengkonsumsi minuman mengandung alkohol dan mengkonsumsi makanan tinggi lemak dan gula. Kandungan nutrisi dalam lobak putih ini sangat disarankan untuk dikonsumsi karena bisa menurunkan kadar trigliserida dalam tubuh penyebab kolesterol tinggi dengan sangat cepat.

  1. Mengatasi Penyakit Ginjal

Berbagai jenis penyakit ginjal juga menjadi salah satu jenis penyakit yang menyebabkan kadar kolesterol semakin tinggi. Lobak putih yang memiliki sifat diuretik ini nantinya bisa meningkatkan produksi urin sehingga tidak hanya bisa mengurangi rasa sakit karena peradangan ketika buang air kecil, namun juga meningkatkan fungsi ginjal sehingga kadar kolesterol dalam darah tidak menumpuk namun akan terbuang dari tubuh bersama tinja dan urin.

  1. Mengontrol Diabetes

Seseorang yang menderita diabetes nantinya akan mengalami gangguan keseimbangan dari kadar kolesterol HDL dan juga LDL. Penderita diabetes akan cenderung memiliki partikel LDL yang menempel pada arteri kemudian akan merusak dinding pembuluh darah dengan mudah. Glukosa yakni sejenis gula akan menempel pada lipoprotein yang kemudian akan mengalir dalam darah dan menyebabkan plak terbentuk. Lobak putih ini sudah sejak lama dikenal sebagai makanan indeks glikemik yang rendah sehingga tidak akan berpengaruh pada kadar gula darah sekaligus mengatur penyerapan gula dalam aliran darah sehingga bisa mengontrol diabetes yang artinya juga akan mengatasi kadar kolesterol terlalu tinggi dalam tubuh.


  1. Melindungi Fungsi Hati

Kadar kolesterol tinggi bisa terjadi ketika organ hati yang juga bertugas menyaring sekaligus mengatur kadar kolesterol mengalami gangguan. Lobak putih ini berguna untuk fungsi hati dan juga kandung empedu dimana akan mengatur aliran empedu dan bilirubin, enzim, asam dan kolesterol. Kelebihan bilirubin dalam darah yang mengandung enzim seperti diastase, amilase, esterase dan juga myrosinase penyebab kolesterol nantinya akan dibuang sehingga tidak hanya mengeluarkan racun dalam tubuh, namun mengkonsumsi lobak putih akan menurunkan kadar kolesterol dalam darah sekaligus meningkatkan kesehatan fungsi oegan hati anda.

Semua manfaat lobak putih untuk kolesterol yang sudah kami ulas diatas bisa anda dapatkan hanya dengan mengkonsumsi lobak putih baik dalam keadaan mentah atau diolah menjadi masakan nikmat mulai dari tumis atau campuran daging namun pastikan tidak dimasak terlalu lama agar kandungan nutrisi dalam manfaat sayur lobak tidak terbuang percuma. Semoga bisa bermanfaat.

, , , ,
Oleh :
Kategori : Sayuran