10 Manfaat Literasi Bagi Kehidupan

Tidak banyak lagi anak jaman sekarang terutama generasi millennial yang pernah mendengar tentang istilah “Kejar Paket A”. Kejar Paket A merupakan salah satu program pemerintah yang sadar bahwa adanya urgency dalam bidang literasi dimana masih banyak masyarakat Indonesia yang buta huruf karena berbagai alasan.

Apa Itu Literasi?

Ternyata kemampuan literasi tak hanya tentang kemampuan membaca dan menulis terbukti mereka yang memiliki kemampuan litearsi di atas rata-rata kebanyakan orang dianggap memiliki kompetensi lebih dalam bidang akademik karena mereka lebih cepat dalam memahami gagasan atau ide secara visual walaupun hanya dengan membaca. Literasi sendiri berasal dari Bahasa Latin yaitu literatus, yang memiliki arti ‘orang yang belajar’. Dengan kata lain, literasi memiliki makna lebih dari sekedar membaca dan menulis namun juga kemampuan atau potensi seseorang dalam menghitung dan memecahkan masalah dalam kesehariannya.

Manfaat Literasi bagi Kehidupan

Dari penjelasan singkat di atas tentunya terdapat sedikit gambaran bahwa manfaat literasi tak hanya mengantarkan orang untuk bisa membaca dan menulis tapi juga kemampuan dalam memahami apa yang dibaca dan apa yang ditulis. Berikut adalah beberapa manfaat literasi bagi kehidupan manusia.

  1. Kemampuan Literasi adalah Kunci Terbukanya Wawasan

Buku adalah jendela dunia merupakan pribahasa yang sudah sangat dikenal di Indonesia karena memang hanya lewat membacalah seseorang bisa memperoleh wawasan yang luas, lewat membacalah seseorang bisa belajar.

  1. Literasi Membantu Menambah Pengetahuan

Jika ingin pintar maka harus belajar dan kemampuan literasi seseorang akan menentukan kualitas belajarnya dengan begitu pengetahuan juga akan bertambah. Jika ingin pintar maka sering-seringlah membaca untuk menambah pengetahuan.

  1. Meningkatkan Kemampuan Seseorang dalam Memahami Informasi

Saat ini ada banyak sekali informasi yang terdengar meyakinkan namun ternyata hanya hoax saja. salah satu manfaat gemar membaca akan memberikan seseorang kemampuan literasi yang baik sehingga akan lebih mudah memahami informasi yang diterima.

  1. Menumbuhkan Kesadaran Diri tentang Memilah Mana yang Baik dan Tidak

Dengan perkembangan teknologi yang sangat cepat penyebaran informasi juga cepat. Kemampuan seseorang dalam memilah informasi mana yang baik dan mana yang tidak sangatlah diperlukan.

  1. Baik untuk Meningkatkan Nilai Kepribadian

Salah satu cara untuk meningkatkan nilai kepribadian diri adalah dengan cara meningkatkan kemampuan literasi dengan cara rajin membaca, rajin menambah pengetahuan serta memperluas wawasan. Seperti halnya manfaat membaca buku pengembangan diri, kepribadian juga akan meningkat.

  1. Sebagai Salah Satu Cara Pembentukan Budaya

Kemampuan literasi masyarakat suatu negara juga bisa menjadi penentu pembentukan suatu budaya. Semakin tinggi kemampuan literasi masyarakatnya maka semakin baik budaya yang dimiliki oleh negara tersebut. Manfaat ensiklopedia bagi masyarakat suatu negara sangatlah penting.

  1. Meningkatkan Kemampuan Verbal Seseorang

Semakin tinggi kemampuan literasi seseorang maka semakin baik kemampuan verbalnya. Hal ini berkaitan dengan kosakatan yang diserap oleh seseorang ketika banyak membaca. Hal tersebut juga berpengaruh kepada kemampuan public speaking-nya. Dengan kata lain jika Anda ingin meningkatkan kemampuan verbal jangan hanya fokus dengan bagaimana berbicara di depan publik tapi juga meningkatkan pengetahuan dan wawasan dengan cara meningkatkan kemampuan literasi.

  1. Membantu Mengembahkan Daya Fokus dan Konsentrasi

Pernah tidak melihat orang pintar lebih suka diam sementara orang yang suka berkoar-koar justru terlihat bodoh. Tong kosong nyaring bunyinya memang pribahasa yang tidak bisa kita abaikan. Orang dengan kemampuan literasi yang baik akan lebih cenderung diam karena dengan begitu mereka bisa lebih fokus dalam melihat atau menafsirkan sesuatu serta lebih baik dalam pengambilan keputusan.

  1. Membaca Membantu Meningkatkan Kemampuan Menulis

Tak hanya meningkatkan kemampuan verbal seseorang, manfaat membaca buku atau memiliki kemampuan literasi yang baik juga akan berpengaruh secara signifikan terhadap kemampuan menulis seseorang. Cobalah perhatikan, para penulis-penulis best seller dunia kebanyakan adalah mereka-mereka yang dikenal sebagai kutu buku atau nerd di antara teman-temannya.

  1. Memiliki Kemampuan Analisis yang Lebih Baik

Salah satu manfaat literasi yang bisa didapatkan oleh mereka yang memiliki kemampuan literasi yang baik adalah kemampuan analisis yang juga lebih baik. Jika Anda ingin meningkatkan kemampuan analysis Anda maka banyak belajar dan banyak belajar adalah hal-hal yang tidak boleh dihindarkan.

Di jaman sekarang ini produk literasi tak hanya berupa buku teks saja tapi terdapat dalam berbagai macam bentuk misalnya saja media visual dan audio seperti misalnya mendengar lagu atau menonton video-video di YouTube, tentunya juga dibutuhkan kemampuan literasi untuk memahami semua isi atau content-nya. Jadi kemampuan literasi merupakan kemampuan dasar seseorang agar bisa survive, bertahan, bersaing bahkan hanya untuk mengembangkan kompetensi diri dimulai dari meningkatkan kemampuan literasi terlebih dahulu. Membaca berbagai macam bahan bacaan dari berbagai macam tema tentunya sangat penting bahkan banyak sekali manfaat membaca cerita pendek yang ternyata tak hanya untuk menambah kosakata yang baik untuk kemampuan public speaking tapi juga menambah pengetahuan dan wawasan. Jadi marilah kita berliterasi dari sekarang.