9 Manfaat Lendir Okra Untuk Rambut, Kulit dan Penyakit

Buah okra merupakan jenis makanan yang mengandung lendir yang seringkali di ekstrak dan dimurnikan. Lendir ini merupakan polisakarida asam dengan protein dan mineral yang berhubungan. Zat berlendir yang terdapat dalam okra ini akan sangat licin saat dimasak karena zat residu gula yang dinamakan exopolysaccharides dan protein glikoprotein dalam okra sehingga viskositas dalam okra akan meningkat pada saat dipanaskan. Lendir yang terkandung dalam okra inilah yang sebenarnya sangat bermanfaat tidak hanya untuk menyembuhkan penyakit dan masakan, namun juga sangat baik untuk merawat rambut serta kulit secara alami. Agar lebih jelas, berikut ini akan kami berikan manfaat lendir okra untuk kesehatan dan kecantikan yang bisa anda gunakan sebagai panduan pemakaian.

  1. Menjaga Kulit Awet Muda

Dalam lendir okra ini mengandung vitamin C tinggi yang sangat baik untuk membuat kulit terlihat lebih awet muda sekaligus membantu dalam memperbaiki jarinngan tubuh yang rusak. Untuk cara penggunaannya bisa merendam potongan okra dalam air mendidih dan tunggu beberapa saat lalu oleskan lendir yang dihasilkan okra langsung ke kulit wajah dan juga tubuh sebagai solusi kecantikan kulit.

  1. Mencegah Pigmentasi Kulit

Vitamin C yang terdapat dalam lendir okra ini juga sangat baik untuk mencegah pigmentasi pada kulit sehingga bisa meremajakan tampilan kulit sekaligus memperbaiki segala kerusakan pada kulit.

  1. Membuat Rambut Berkilau

Kegunaan lainnya dari lendir okra adalah untuk mengembalikan kilau alami rambut secara cepat sebagai alternatif dari manfaat toning rambut. Untuk menggunakannya, rebus potongan okra dengan sedikit air untuk mengeluarkan lendir berwarna transparan dari buah okra. Gunakan lendir tersebut pada rambut dan kulit kepala lalu pijat sebentar dan bilas hingga bersih.

  1. Kondisioner Rambut

Masih membahas tentang khasiat lendir okra untuk rambut, kandungan alami ini juga sangat baik digunakan sebagai pengganti kondisioner dengan cara memijat lendir di kulit kepala sampai ujung rambut dan bilas dengan air.

  1. Membunuh Sel Kanker Payudara

Dalam sebuah penelitian menemukan jika lecitin yang ada dalam lendir okra sangat baik untuk membunuh sel kanker payudara. Pertumbuhan sel tumor payudara tersebut akan dihambat sampai 63 persen secara signifikan sehingga bisa dikonsumsi sebagai solusi kanker alami.


  1. Mencegah Penyakit Hati

Hati merupakan organ penyaring racun utama dalam tubuh sehingga nantinya bisa mengeluarkan racun dalam tubuh. Lendir dalam okra ini sangat baik untuk memastikan tubuh terlindung dari penyakit dimana dalam sebuah penelitian, penyakit hati yang diinduksi secara kimiawi pada tikus secara efisien dengan lendir okra akan mengurangi efek radikal bebas perusak yang menyebabkan penyakit hati. Lendir okra ini juga akan menstabilkan membran sel hati dan membuatnya lebih giat menangkal radikal bebas yang mengganggu kinerja organ hati.

  1. Mengobati Iritasi Lambung

Dalam pengobatan khususnya di Asia, lendir dari okra ini digunakan sebagai aditif makanan mucilaginous yang bermanfaat untuk mengatasi iritasi lambung. Bakteri H pylori yang menginfeksi lapisan lambung nantinya akan menimbulkan peradangan yang dinamakan gastritis, Lendir okra yang mengandung senyawa perekat ini akan mengikat permukaan bakteri yang mengambang dalam usus sehingga infeksi bisa dicegah yang juga bisa dikonsumsi sebagai solusi maag.

  1. Mengatasi Kelelahan

Kelelahan nampaknya sudah menjadi masalah yang sering dialami pada masyarakat modern akibat padatnya aktivitas sehari hari. Lendir dari buah okra ini sangat baik untuk mengatasi lelah karena mengandung antioksidan polifenol dan flavonoid yang bisa meningkatkan penyimpanan glikogen dalam organ hati. Glikogen ini nantinya akan digunakan sebagai cadangan bahan bakar tubuh sehingga bisa mencegah kelelahan secara cepat.

  1. Mengendalikan Rasa Lapar

Lendir yang terdapat pada okra mengandung serat larut tinggi yang akan membuat anda kenyang lebih cepat dan lebih lama. Dengan ini, asupan kalori bisa dikontrol secara baik sekaligus mendukung program menurunkan berat badan yang sedang anda jalankan sebab menghindari anda dari makan dan ngemil terlalu berlebihan.

Salah satu bagian yang paling berkhasiat dari tanaman okra adalah manfaat lendir okra yang sangat berguna untuk segala macam penyakit, kecantikan kulit dan juga rambut. Meskipun mungkin terasa aneh bagi sebagian khususnya khususnya tekstur licin dari buah ini, namun mengingat sejuta khasiat yang ada dalam okra, nampaknya wajib anda coba di rumah.

, ,
Oleh :
Kategori : Herbal
Doctors Talks

Gigi berlubang bagian atas bisa menyebabkan Penyakit meningitis, Gigi berlubang bagian bawah bisa menyebabkan penyakit yang menyebabkan kematian mendadak, apa itu ? Simak penjelasan Drg. Albertus Andika berikut ini.