8 Manfaat Daun Pacar untuk Wajah – Kesehatan dan Kecantikan

Apa yang Anda ketahui tentang manfaat daun pacar atau yang lebih dikenal dengan istilah daun inai? Kebanyakan masyarakat Indonesia mungkin hanya tahu bahwa daun pacar memiliki manfaat sebagai pewarna alami untuk kuku dan rambut. Tapi tahukah Anda bahwa daun yang berbentuk kecil ini juga memiliki banyak manfaat lain untuk kesehatan termasuk untuk menjaga kesehatan wajah.

Apa Itu Daun Pacar?

Tumbuhan daun pacar atau daun inai ini memiliki nama latin Lawsonia inermis. Manfaatnya sebagai pewarna kuku dan rambut alami tak hanya di kenal oleh masyarakat Indonesia saja tapi juga sudah menjadi bagian dari budaya India dan Arab yang juga mengenal kesenian melukis kulit dan kuku terutama untuk acara-acara besar seperti halnya pernikahan. Lalu apa lagi manfaat lain daun pacar khususnya untuk wajah?

Manfaat Daun Pacar untuk Wajah

Saat ini sudah banyak sekali produk perwatan wajah yang dijual bebas dipasaran namun tentunya belum tentu kulit Anda cocok dan kebanyakan produk berbahan kimia tersebut selalu saja memiliki efek samping. Oleh karena itu saat ini sudah banyak juga orang yang sadar untuk kembali menggunakan produk-produk tradisional dan herbal sebagai perawatan wajah yang salah satunya adalah dengan menggunakan daun pacar.

  1. Mengandung Anti Penuaan Dini

Setiap orang pasti ingin memiliki kulit yang sehat dan selalu terlihat muda. Kandungan antioksidan pada daun pacar juga dapat berfungsi sebagai anti-aging yaitu memperlambat proses penuaan serta mengoptimalkan produksi kolagen lewat kandungan vitamin C nya sehingga kulit terlihat lebih kencang.

  1. Mempercepat Proses Penyembuhan Kulit yang Luka

Jerawat atau bekas gigitan nyamuk pada kulit wajah Anda tentunya akan sangat mengganggu penampilan. Walaupun sudah banyak obat yang dapat mengatasi masalah luka tapi ternyata cara tradisional menggunakan daun pacar dapat membantu mempercepat proses penyembuhan kulit yang luka dan membantu meminimalisir bekas luka pada kulit wajah Anda.

  1. Mengandung Anti Bakteri

Salah satu kandungan utama yang terdapat dalam daun pacar adalah kandungan anti bakteri. Banyak sekali masalah kulit yang disebabkan oleh infeksi bakteri salah satunya adalah jerawat terutama bagi Anda yang memiliki masalah kulit berminyak, risiko terinfeksi bakteri sangatlah tinggi. Mencuci wajah dengan daun pacar secara teratur dapat membantu mengurangi risiko terinfeksi bakteri.

  1. Mengobati Jerawat

Seperti yang sudah disebutkan di poin sebelumnya, salah satu masalah kulit yang sering dihadapi adalah masalah jerawat. Walaupun saat ini sudah banyak sekali obat jerawat yang dijual secara bebas namun cara terbaik tetap mengobati jerawat dengan cara yang alami namun efektif. Tempelkan daun pacar pada kulit yang berjerawat tak hanya mampu membunuh bakteri penyebab jerawat tapi juga mempercepat proses penyembuhan luka sehingga mengurangi risiko adanya infeksi lanjutan.

  1. Mengatasi Masalah Kulit Terbakar

Kulit terbakar akibat terpaan sinar matahari berlebih bisa menjadi masalah kulit yang sangat menganggu. Selain rasa sakitnya, bekas terbakar juga akan sangat sulit hilang. Menggunakan daun pacar tak hanya mampu mengatasi sensasi terbakarnya tapi juga memepercepat proses penyembuhan kulit.

  1. Mengandung Anti Inflamasi

Jerawat yang muncul pada kulit diakibatkan adanya pembekakan pada jaringan kulit yang disebabkan oleh adanya infeksi bakteri. Kombinasi dari kandungan anti-bakteri, antioksidan sampai anti inflamasi yang terkandung dalam daun pacar dapat membantu mengatasi masalah kulit terutama di wajah.

  1. Memiliki Kandungan Astringent

Astringent merupakan salah satu kandungan yang juga terdapat pada daun pacar. Untuk kulit fungsi astringent adalah untuk membantu mengoptimalkan peremajaan kulit dan membantu mengecilkan pori-pori pada kulit wajah.

  1. Tato sementara

Sebagai salah satu pewarna kulu dan kulit alami, daun pacar juga bisa digunakan sebagai tato sementara selain sangat aman untuk kulit serta tidak memiliki risiko untuk menyebabkan iritasi pada kulit.

Efek Samping dari Daun Pacar

Selain manfaatnya yang sangat banyak ternyata daun pacar jika tidak hati-hati juga dapat memberikan efek samping yang tidak diinginkan oleh penggunannya.

  • Daun pacar jika terkena kulit warnanya akan menempel walaupun untuk sementara. Namun tentunya Anda tidak ingin wajah Anda berwarna merah karena daun pacar sehingga tentunya sangat mengganggu penampilan.
  • Jika ini pertama kalinya bagi Anda menggunakan daun pacar sebaiknya berhati-hati dengan kemungkinan alergi karena di beberapa kasus, walaupun sangat jarang ditemukan, daun pacar dapat memicu timbulnya alergi seperti gatal-gatal, kemeran dan rasa terbakar pada kulit.
  • Saat ini banyak produk kencantikan yang diklain terbuat dari daun pacar atau daun inai. Sebaiknya jika ingin mendapatkan manfaat dari tanaman ini gunakanlah daun pacar yang masih segar serta bersih.

Di India, pemanfaat daun pacar atau daun inai untuk kesehatan sudah dipraktikan sejak jaman dahulu dan sudah menjadi bagian dari pengobatan Ayurvedik. Di Indonesia sendiri, daun pacar memang hanya terbatas pada penggunaan perwarna kuku alami namun seiring perkembangan sudah banyak orang yang tahu tentang manfaat tanaman berdaun kecil ini.