3 Manfaat Lemon Untuk Kolesterol Terbukti Ampuh

Manfaat lemon untuk kesehatan sudah dikenal sejak lama dikenal khasiatnya sebagai penyembuh berbagai penyakit dan salah satunya adalah untuk menurunkan kadar kolesterol dan juga lemak jenuh. Selain itu, lemon juga sangat bermanfaat untuk diet sebab bisa melunturkan lemak di dalam tubuh sehingga kolesterol yang juga menumpuk dalam tubuh juga ikut terbuang. Meskipun hanya mengkonsumsi 1 gelas air hangat yang dicampur dengan perasan lemon sudah mampu menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh melebihi minuman yang lainnya. Untuk lebih jelasnya tentang manfaat lemon untuk kolesterol bisa anda simak dalam ulasan kami berikut ini.

  1. Vitamin C Tinggi

Selain manfaat buah naga untuk menurunkan kolesterol karena kandungan vitamin C yang tinggi, dalam buah sitrus lainnya yakni lemon merupakan sumber vitamin C tinggi yang disebut dengan asam askorbat. Asam askorbat tersebut yang membuat rasa dari buah lemon ini sangat asam. Vitamin C tinggi dalam buah lemon sangat baik untuk mengurangi jumlah lipid dan juga kolesterol dalam darah berdasarkan penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Physiological Sciences Nigeria edisi 2006.

Dari sebuah riset juga ditemukan jika mengkonsumsi vitamin C tinggi yang ada dalam buah lemon ini sangat baik untuk melindungi tubuh dari hipertensi, aterosklerosis dan juga kolesterol.

  1. Tinggi Kandungan Flavonoid

Dalam buah lemon juga memiliki kandungan flavonoid yang sangat tinggi khususnya eriocitrin dan juga limonon. Kedua senyawa yang memberikan rasa pahit dalam lemon juga memiliki banyak khasiat dan salah satunya adalah untuk menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh seperti manfaat okra untuk kolesterol.

Dari penelitian dalam Journal of Food Science edisi 2006 membuktikan jika mengkonsumsi eriocitrin setiap hari akan menurunkan total kolesterol secara bertahap yakni kolesterol LDL, trigliserida dan juga fosfolipid.

Selain itu, dalam studi lain yang diterbitkan Alternative Therapies edisi tahun 2007, pria dan wanita yang mempunyai kolesterol tinggi dan mengkonsumsi flavonoid serta vitamin E setiap hari selama 4 minggu terbukti bisa menurunkan antara 20 hingga 30 persen kadar kolesterol dalam darah. Para peneliti juga memiliki teori jika limonon bisa mengurangi produksi apoliproprotein B yakni zat dalam hati yang berhubungan dengan meningkatnya kadar kolesterol tinggi.

Selain itu, manfaat kulit lemon yang juga tinggi akan kandungan flavonoid ini sangat efektif untuk menurunkan kadar kolesterol darah dan juga hati. Salah satu jenis flavonoid yakni flavon polimetoksilat dalam lemon merupakan antioksidan yang sangat kuat untuk mengurangi kadar kolesterol jahat.


  1. Tinggi Kandungan Serat

Serat makanan khususnya serat larut seperti pektin juga dikaitkan dengan penurunan kadar kolesterol dalam darah. Dalam sebuah studi yang diterbitkan dalam jurnal “Clinical Cardiology” menemukan jika orang yang mengkonsumsi sitrus setiap hari dan dilakukan selama 16 minggu, maka memiliki penurunan kadar kolesterol total hingga mencapai 7.6 persen dan rata rata penurunan LDL sekitar 11 persen. Seluruh bagian dari buah lemon merupakan sumber pektin tinggi yang sangat baik untuk dikonsumsi.

Serat larut tersebut akan menyerap air dalam saluran pencernaan dan kemudian membentuk massa yang kental. Asam empedu yang mengandung kolesterol sebagai komponen nantinya akan terperangkap dalam massa kental tersebut dan tidak akan diserap kembali oleh tubuh melainkan akan dibuang sehingga kolesterol dalam darah akan menurun secara bertahap. Dalam 1 buah lemon berukuran sedang sudah bisa memberikan 1.6 gram serat total dan 1 gram serat larut sebagai penurun kolesterol jahat yang sangat ampuh namun tidak menghilangkan manfaat kolesterol baik dalam tubuh.

Manfaat lemon untuk kolesterol sudah terbukti ampuh khasiatnya dari beberapa riset dan penelitian yang sudah dilakukan. Untuk saran mengkonsumsi buah lemon ini bisa dilakukan dengan mengkonsumsi jus lemon yang bisa ditambahkan dengan pemanis alami seperti madu.

, ,
Oleh :
Kategori : Buah Buahan