14 Manfaat Buah Lobi Lobi Langka Sumber Nutrisi

Buah lobi lobi sudah menjadi buah yang langka untuk ditemui dan merupakan tanaman yang tumbuh di daerah tropis seperti Indonesia. Pohon ini sebenarnya sangat mudah tumbuh pada segala jenis tanah. Ukuran buah ini kecil yang akan berwarna merah saat sudah matang dengan tekstur kulit yang licin. Saat masih muda, buah ini memiliki rasa yang asam namun manis saat sudah matang dan tua. Meskipun kandungan air dalam buah lobi lobi ini sedikit, namun anda bisa mendapatkan banyak nutrisi dari buah ini seperti asam lanolat, palmitat oleat, flavonoid, polifenol, tarakseron, terpenoid eufosterol, quercetin dan juga tannin dan beberapa jenis mineral serta vitamin. Untuk lebih jelas mengenai apa saja manfaat buah lobi lobi bagi tubuh anda, silahkan simak ulasan lengkap dari kami berikut ini.

  1. Membantu Menurunkan Kolesterol

Kolesterol tinggi merupakan faktor utama dari penyakit jantung yang merupakan penyebab kematian tertinggi di dunia. Kandungan polifenol dalam buah lobi lobi ini sangat baik untuk menurunkan risiko jantung tersebut sekaligus menurunkan kadar trigliserida, lipoprotein dan tentunya menurunkan berat badan secara signifikan.

  1. Menurunkan Tekanan Darah

Selain karena kolesterol, tekanan darah tinggi juga menjadi penyebab dari penyakit jantung. Kandungan dalam buah lobi lobi seperti quercetin dan juga polifenol berguna untuk membantu endotelium yakni lapisan dalam pembuluh darah agar lebih rileks sekaligus menurunkan tekanan darah tinggi sekaligus memperbaiki kesehatan pembuluh darah.

  1. Mencegah Jenis Kanker Tertentu

Polifenol dan flavonoid yang terkandung dalam buah lobi lobi juga sangat baik dikonsumsi sebagai solusi kanker tertentu, mengurangi stres oksidatif, pembengkakan dan juga pertumbuhan sel kanker seperti kanker lambung, kanker prostat, kanker ovarium, kanker payudara, kanker endometrium dan kanker esofagus.

  1. Menjaga Kesehatan Usus

Dalam buah lobi lobi yang mengandung tannin, flavonoid dan polifenol ini merupakan makanan sehat untuk usus sekaligus meningkatkan pertumbuhan bakteri baik dalam usus seperti akkermansia yang merupakan bakteri sehat untuk menurunkan berat badan. Selain itu, buah lobi lobi juga baik dan mendukung pertumbuhan bakteri baik lainnya seperti bifidobacteria yang penting dalam kesehatan usus.

  1. Menurunkan Gula Darah dan Risiko Diabetes

Gula darah tinggi dalam tubuh juga akan meningkatkan risiko diabetes yang sebenarnya bisa dicegah secara mudah seperti mengkonsumsi buah lobi lobi ini. Memperbanyak asupan polifenol, antioksidan, tannin dan tarakseron yang terkandung dalam buah lobi lobi ini tidak hanya menurunkan gula darah namun juga meningkatkan produksi insulin.

  1. Mendukung Kesehatan Tulang

Stres oksidatif dan juga pembengkakan bisa menyebabkan kerusakan tulang yang akhirnya menimbulkan beberapa penyakit seperti osteoporosis dan juga meningkatkan risiko patah tulang. Kandungan beberapa vitamin, mineral dan polifenol akan mengurangi stres oksidatif dan pembengkakan sekaligus meningkatkan kepadatan mineral tulang dengan cara pertumbuhan sel tulang yang baru.

  1. Mengurangi Peradangan

Asam lanolat, palmitat oleat dan berbagai mineral penting dalam buah lobi lobi sangat penting untuk mengurangi peradangan yang bisa terjadi karena menurunnya sistem kekebalan tubuh sehingga bisa dijadikan makanan baik untuk dikonsumsi setiap hari.

  1. Menurunkan Berat Badan

Buah lobi lobi juga menjadi salah satu buah terbaik untuk membantu proses penurunan berat badan anda seperti jenis buah lainnya. Manfaat serat dalam buah ini sehingga penting dikonsumsi dalam program diet menurunkan berat badan anda.

  1. Memperlambat Degenerasi Otak

Dengan semakin bertambahnya usia, kesehatan otak juga pastinya akan terus menurun dan akhirnya meningkatkan beberapa risiko penyakit seperti alzheimer. Untuk mencegah degenerasi otak dan mengurangi stres oksidatif serta pembengkakan, maka bisa didapatkan dengan cara mengkonsumsi buah lobi lobi ini.

  1. Menurunkan Risiko Stroke

Manfaat selanjutnya dari buah lobi lobi ini sangat bagus untuk menurunkan risiko penyakit stroke karena tinggi akan kandungan flavonoid. Selain mencegah stroke, buah ini juga bagus untuk mencegah jantung koroner dan juga penyakit kardiovaskular lainnya.

  1. Mengurangi Gejala Arthritis

Arthritis atau lebih dikenal dengan rematik umumnya sering terjadi pada seseorang yang terlalu banyak mengkonsumsi olahan daging dan makanan cepat saji. Faktor penyebab dari arthritis yang paling utama adalah aktivitas neutrofil dan juga proliferasi sinoviosit. Kandungan quercetin dalam buah lobi lobi ini sangat ampuh untuk menghambat sitokin inflamasi sehingga bisa mengurangi berbagai gejala dari arthritis seperti mengurangi rasa sakit dan juga peradangan pada sendi.

  1. Mengurangi Alergi

Jika anda memiliki alergi tertentu seperti ikan, laktosa, gandum, kacang kacangan dan sebagainya yang bisa memicu alergi imunoglobulin E, maka mengkonsumsi buah lobi lobi menjadi cara terbaik untuk mengurangi alergi tersebut. Kandungan quercetin dalam buah lobi lobi akan menghambat aktivitas sel mast dengan cara mengendalikan sejumlah kalsium yang akan masuk ke setiap sel. Buah lobi lobi akan menghambat regulasi reseptor histamin dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

  1. Sumber Antioksidan Kuat

Seperti jenis buah lainnya, buah lobi lobi juga merupakan sumber antioksidan yang sangat kuat. Dalam buah lobi lobi mengandung vitamin C dan beberapa vitamin lain yang sangat ampuh dalam menangkal radikal bebas yakni molekul penyebab kerusakan sel dan penuaan. Buah lobi lobi juga sangat baik dikonsumsi untuk menjaga kesehatan tubuh secara menyeluruh.

  1. Menurunkan Risiko Parkinson

Manfaat terakhir yang bisa anda dapatkan dengan mengkonsumsi buah lobi lobi adalah menurunkan risiko penyakit parkinson karena kandungan flavonoid dalam buah ini khususnya baik dikonsumsi para pria berusia diatas 40 tahun yang memang memiliki risiko terkena parkinson lebih tinggi dibandingkan wanita.

Manfaat buah lobi lobi yang sudah terbilang cukup jarang ditemui ini ternyata sangat ampuh untuk mencegah berbagai penyakit berbahaya sekaligus menjaga kesehatan tubuh secara menyeluruh di samping menikmati rasa buah yang nikmat dan unik ini.