12 Manfaat Durian Mentah Untuk Pengobatan dan Masakan

Buah durian yang sudah matang memiliki citarasa khas yang sangat nikmat sehingga menjadi salah satu buah favorit di seluruh dunia. Selain itu, nutrisi dalam buah durian juga memiliki banyak manfaat seperti mengatasi insomnia, menurunkan berat badan, mencegah penuaan dini, sumber energi, anti depresan dan masih banyak lagi yang lainnya. Selain daging buah, bagian biji durian juga bisa dimanfaatkan untuk pengobatan, makanan dan lain sebagainya. Sedangkan jika masih dalam keadaan mentah pun ternyata bisa dimanfaatkan. Berikut ini adalah beberapa manfaat durian mentah untuk makanan dan juga pengobatan selengkapnya.

  1. Dibuat Tempoyak

Tempoyak merupakan salah satu bumbu masak yang terbuat dari durian mentah lewat proses fermentasi yakni ditambah garam dan juga cabe rawit untuk membantu proses fermentasi. Tempoyak ini bisa dikonsumsi langsung sebagai camilan sehat atau juga bisa digunakan sebagai bumbu masakan seperti olahan ikan atau saus sebagai teman nasi.

  1. Dibuat Gulai

Durian yang masih mentah juga bisa diolah menjadi makanan lain yakni sebagai gulai. Durian mentah untuk membuat gulai dipotong menjadi bagian kecil kecil kemudian dimasak memakai berbagai campuran bumbu yang juga cocok menjadi teman makan nasi.

  1. Sumber Energi

Meskipun buah durian dalam keadaan mentah memiliki rasa yang hambar, namun tetap mengandung karbohidrat yang bisa mencukup 21% kebutuhan karbohidrat harian seingga bisa dikonsumsi sebagai sumber energi.

  1. Anti Depresan

Durian mentah juga memiliki kandungan vitamin B6 cukup yang akan meningkatkan produksi serotonin. Dalam sebuah studi disebutkan jika kadar serotonin rendah bisa memicu depresi. Mengkonsumsi daging buah ini sangat baik untuk meningkatkan serotonin sehingga bisa mengatasi depresi yang anda alami.

  1. Menjaga Kesehatan Gigi dan Tulang

Dalam durian juga mengandung beberapa mineral serta vitamin seperti kalsium, potasium dan juga vitamin B yang semuanya ini sangat baik untuk menjaga kesehatan tulang serta gigi.

  1. Menjaga Kadar Gula Darah

Mangan yang ada dalam durian sangat berguna untuk mengatur dan juga menjaga kadar gula dalam darah sehingga bisa dikonsumsi penderita diabetes.

  1. Menjaga Kestabilan Tekanan Darah

Dalam buah durian yang mentah juga mengandung potassium yang sangat dibutuhkan tubuh untuk menjaga kadar natrium supaya tetap utuh. Mengkonsumsi daging buah ini sangat baik untuk mengurangi hipertensi atau tekanan darah tinggi dan juga kondisi medis lain yang terkait.

  1. Mengatasi Anemia

Durian mentah juga bisa dikonsumsi untuk mengatasi anemia karena kandungan folat didalamnya. Folat ini sangat baik dikonsumsi bersama dengan tembaga dan juga besi sehingga bisa meningkatkan jumlah sel darah merah dan mengatasi berbagai gejala anemia.

  1. Menambah Berat Badan

Dalam 1 kg buah durian terkandung 1.350 kalori sehingga mengkonsumsi 1 buah durian ini akan mencukupi 68 persen kebutuhan kalori harian yang direkomendasikan. Sedangkan mengkonsumsi 1 biji buah durian mengandung 54 kalori sehingga bisa menambah berat badan.

  1. Meningkatkan Kesehatan Otak

Manfaat potasium yang terkandung dalam durian juga membantu seseorang untuk lebih fokus dalam belajar atau bekerja sehingga cocok dikonsumsi untuk campuran kue, sayur atau berbagai olahan lainnya.

  1. Melancarkan Buang Air Besar

Manfaat buah durian mentah juga mengandung serat yang tinggi sehingga bisa membantu melancarkan buang air besar sekaligus memperbaiki sistem pencernaan.

  1. Menghentikan Kebiasaan Merokok

Manfaat buah durian yang dikonsumsi baik dalam keadaan sudah matang maupun mentah juga berguna untuk menghentikan kebiasaan buruk seperti merokok karena kandungan vitamin B6, vitamin B12, fosfor dan juga magnesium sehingga bisa menahan keinginan orang untuk menghisap tembakau karena kecanduan nikotin.

Tidak hanya memiliki banyak khasiat saat dikonsumsi dalam keadaan matang, namun ada banyak manfaat durian mentah yang bisa didapatkan seperti sebagai makanan dan juga beberapa pengobatan penyakit yang ringan. Meskipun memiliki rasa yang hambar, namun sudah terbukti jika durian mentah ini juga baik dikonsumsi.