16 Manfaat Kunyit Putih Untuk Kesuburan

Kunyit merupakan salah satu jenis tanaman rempah yang banyak dijumpai di Indonesia. kunyit yang sangat dikenal masyarakat luas merupakan kunyit kuning yang memiliki warna orange yang biasanya digunakan sebagai jamu. Selain kunyit oren, kunyit memiliki spesies lain yakni kunyit putih atau dengan nama latin Curcuma mangga. Manfaat kunyit putih memang tidak populer seperti kunyit kuning yang sudah banyak dimanfaatkan sebagai jamu atau bahan untuk bumbu masakan. Akan tetapi, kunyit putih tergolong dalam tanaman rempah yang memiliki banyak kandungan di dalamnya yang dapat dimanfaatkan sebagai salah satu obat tradisional.

Kandungan Kunyit Putih

Sekilas, kunyit putih memiliki bentuk yang sama dengan kunyit kuning pada umumnya. Yang membedakan merupakan warna umbinya. Kunyit putih memiliki warna umbi yang putih seperti warna kencur.  Selain perbedaan pada warnanya, perbedaan lainpada kunyit putih dan kunyit kuning yakni pada pemanfaatannya. Manfaat kunyit kuning banyak dimanfaatkan sebagai bumbu masakan dan juga obat. Sedangkan, kunyit putih sangat jarang sekali dimanfaatkan untuk menjadi bumbu masakan akan tetapi kunyit putih juga dapat digunakan sebagai salah satu bahan untuk obat tradisional. Berbagai kandungan di dalam kunyit putih menjadi alasan bahwa kunyit putih dapat dimanfaatkan sebagai salah satu obat tradisional. Beberapa kandungan di dalam kunyit putih diantaranya:

  • Zat Curcumin
  • Zat Anti Lipid Peroksida
  • Ribozom Inacting Protein
  • Flavonoid
  • Saponin

Manfaat Kunyit Putih

Memang kunyit putih kurang banyak dikenal oleh masyarakat luas, karena memang jarang dimanfaatkan untuk kehidupan sehari-hari. Akan tetapi, kunyit putih dikenal sebagaisalah satu tanaman rimpang yang memiliki manfaat sebagai bahan pembuatan obat tradisional. Adapun beberapa manfaat kunyit putih diantaranya:

  1. Mencegah Kanker Payudara

Kunyit putih memiliki kandungan antioksidan yan dapat membantu menjadi solusi kanker payudara. Selain kandungan antioksidan, kunyit putih juga memiliki berbagai kandungan lainnya yang dapat membantu menghambat perkembangan sel kanker di dalam payudara.

  1. Mencegah Penyakit Jantung

Meminum ramuan kunyit putih sangat baik untuk menjaga kesehatan jantung. Kandungan zat kurkumin di dalam kunyit dapat mencegah terjadinya serangan jantung.

  1. Mengatasi Dispesia

Dispesia terjadi karena kandung empedu yang tidak meproduksi empedu. Dari penelitian yang pernah dilakukan. Memanfaatkan kunyit putih dapat membantu kandung empedu untuk memperoduksi empedu karena kandungan kurkumin dapat membantu mesntimulasi produksi empedu.

  1. Mencegah Timbulnya Alergi

Alergi dapat terjadi karena makanan maupun keadaan lingkungan setempat. Memanfaatkan kunyit putih untuk mengatasi alergi merupakan salah satu cara yang dapat dilakukan, karena kandungan flavonoid di dalam  kunyit putih dapat membantu menolak alergi. Jika terjadi alergi juga dapat menggunakan manfaat loratadine.

  1. Mencegah Penuaan Dini

Kandungan flavonoid dalam kunyit putih tidak hanya dapat membantu mengatasi alergi, akan tetapi juga dapat mencegah penuaan dini, sehingga tubuh menjadi lebih awet muda. Manfaat mangga apel juga mampu mencegah penuaan dini.

  1. Mengatasi Berbagai Kanker

Tidak hanya kanker payudara, kunyit putih juga dapat dimanfaatkan untuk mengatasi berbagai jenis kanker yang masuk ke dalam tubuh. Kandungan Ribosome Inacting Protein di dalam kunyit putih dapat mencegah perkembangan yang tidak normal, seperti mencegah sel kanker di dalam tubuh. RIP akan akan membungkus sel kanker di dalam tubuh, sehingga sel kanker tidak dapat berkembang.

  1. Mengatasi Obesitas

Kunyit putih juga memiliki kandungan saponin di dalamnya. Saponin dapat membantu meluluhkan lemak di dalam tubuh. Meminum ramuan kunyit putih bagi beberapa orang yang memiliki keluhan berat badan, tidak ada salahnya untuk mencoba karena dapat membantu menurunkan berat badan secara sehat tanpa efek samping.

  1. Mengatasi Diabetes

Saponin dalam kunyit putih juga memiliki manfaat lain yakni untuk mengatasi diabetes tipe II. Kandungan saponin dalam kunyit putih, membantu produksi insulin yang dapat membantu menurunkan kadar gula darah dalam tubuh. Ada beberapa herbal lain sebagai obat diabetes seperti manfaat apel untuk diabetes.

  1. Menjaga Kesehatan Kulit

Mencegah penuaan dini dapat dilakukan dengan memamnfaatkan kunyit putih. Tetapi, tidka hanya mengatasi penuaan dini, kunyit putih juga bermanfaat untuk menjaga kelembapan kulit agar tidak kering. Antiseptik dan antioksidan di dalam kunyit putih dapat membantu menutrisi kulit agar kulit tetap sehat dan tidak kering.

Manfaat Kunyit Putih Untuk Kesuburan

Selain manfaatnya yang beragam sebagai obat tradisional, kunyit putih juga memiliki manfaat yang lebih spesifik, yakni untuk membantu meningkatkan kesuburan. Adapun beberapa uraian mengenai manfaat kunyit putih untuk kesuburan, diantaranya:

  1. Meningkatkan Gairah Seks

Memiliki keturunan merupakan salah satu hal yang diidamkan bagi beberapa orang yang telah menikah. Keturunan dapat didapatkan apabila organ reproduksi dari kedua belah pihak subur. Meningkatkan kesuburan pada pasangan dapat dilakukan dengan memanfatakan kunyit putih dan manfaat kacang hijau untuk kesuburan. Kandungan di dalam kunyit putih dapat membantu meningkatkan gairah seks yang kemudian dapat membantu meningkatkan gairah sek yang kemudian akan berpengaruh pada peningkatan kesuburan.

  1. Mengurangi Nyeri Menstruasi

Bagi beberapa orang, pasti sering merasakan nyeri pada saat menstruasi. Nyeri pada saat mesntruasi pada bagian rahim disebabkan karena tidak lancarnya darah yang keluar disebabkan karena adany bakteri pada rahim. Menggunakan pereda nyeri sebagai obat untuk mengatasi nyeri menstruasi sebenarnya tidak baik karena dapat menyebabkan ketergantungan dan tidak baik untuk kesuburan. Cara lain yang dapat dilakukan untuk mengatasi nyeri menstruasi yakni dapat dengan memanfaatkan kunyit putih dan manfaat norelut, karena kandungan antibakterinya yang dapat membantu meredakan nyeri menstruasi dengan lebih aman.

  1. Mengatasi Keputihan

Pertumbuhan jamur pada rahim dapat menyebabkan keputihan atau leukorrhea. Faktor lain penyebab keputihan juga dapat terjadi karena ketidakseimbangan hormon di dalam tubuh. Keputihan yang sudah sampai menyebabkan rasa panas pada organ kewanitaan dapat menyebabkan kemandulan. Mencegah atau mengatasi keputihan dapat dilakukan dengan mudah dengan memanfaatkan kunyit putih yang direbus yang kemudian airnya digunakan untuk membasuk organ kewanitaan dan dapat juga dilakukan dengan manfaat sambiloto untuk keputihan. Dengan rahim yang bersih tanpa ada pertumbuhan jamur di dalamnya, dapat membantu menjaga kesuburan.

  1. Mengatasi Kista

Kista merupakan salah satu momok bagi wanita, karena apabila kista yang diderita sudah semakin parah, rahim harus diangkat sehingga wanita tidak dapat mengandung kembali. Mengatasi dan mencegah perkembangan kista, dapat dilakukan dengan meminum rebusan manfaat kuyit putih untuk kista secara rutin.

  1. Mencegah Endometriosis

Sering mengalami stress bagi wanita akan berdampak buruk karena dapat menyebabkan ketidak seimbangan hormon yang dapat menyebabkan endometriosis. Penyakit pada rahim ini akan menyebabkan kemandulan, karena terjadi penebalan lapisan pada luar rongga rahim. Cara mengatasinya yakni dengan memanfaatkan kunyit putih yang memiliki sifat antiinflamasi kurkumin. Dengan kandungan yang ada di dalam kunyit putih tersebut, endometriosis dapat dicegah perkembangannya, sehingga akan membantu kesuburan pada organ kewanitaan.

  1. Melancarkan Aliran Darah Pada Rahim

Aliran darah yang lancar pada daerah kewanitaan dan juga rahim dapat membantu mencegah kemandulan. Dengan aliran darah yang lancar, kesuburan rahim akan terjaga. Menjaga aliran darah pada rahim agar tetap lancar dapat dilakukan dengan memanfaatkan meminum rebusan kunyit putih. Manfaat kunyit untuk rahim juga dapat anda coba lho.

  1. Mengatasi Peradangan Pada Rahim

Adanya peradangan pada rahim dapat menghambat kesuburan reproduksi wanita. Menjaga kesehatan rahim agar tidak terjadi peradangan dapat diatasi dengan memanfaatkan kunyit putih dan manfaat daun inai untuk rahim. Kandungan dalam kunyit putih dapat membantu mengatasi peradangan pada rahim yang kemudian dapat membantu meningkatkan kesuburan.

Kunyit putih memang tidak banyak diketahui. Akan tetapi, manfaat dari setiap kandungan yang ada di dalam kunyit putih memiliki berbagai manfaat untuk kesehatan, terlebih manfaatnya untuk kesuburan. Cara memanfaatkan kunyit putih juga tergolong cukup mudah, tidkadiperlukan alat khusus dan langkah yang rumit untuk dapat memanfaatkan kunyit putih, sebagai obat tradisional. Baik untuk mengatasi berbagai macam penyakit yang terjadi di dalam tubuh, maupun untuk membantu meningkatkan kesuburan.