18 Manfaat Kopi Susu Dibalik Rasanya yang Nikmat

Kopi merupakan minuman yang sangat rendah kalori namun bisa dijadikan minuman sumber energi karena kandungan kafein dalam kopi. Sedangkan untuk sebagian orang yang tidak terlalu menyukai rasa pahit dari kopi hitam, biasanya akan menambahkan creamer atau susu dalam kopi untuk mengurangi rasa pahit sekaligus menambah citarasa dari kopi tersebut. Susu juga menjadi tambahan kopi paling populer yang sudah digunakan dalam berbagai resep kopi di seluruh dunia yang tidak hanya sekedar untuk menambahkan rasa namun juga banyak manfaat kopi susu lain yang bisa didapatkan seperti ulasan dari kami berikut ini.

  1. Menambah Tekstur Kopi

Susu sebagian besar terdiri dari protein dan juga manfaat lemak yang keduanya sangat penting untuk membuat secangkir kopi. Lemak dalam susu akan meningkatkan kualitas rasa dari kopi. Sedangkan manfaat lemak dalam susu akan mengubah tekstur kopi semakin tebal dan juga lebih lembut.

  1. Mengurangi Rasa Pahit

Protein yang terkandung dalam susu juga bisa mengurangi rasa pahit dari kopi hitam dengan cara mengikat senyawa polifenol seperti tanin. Meski tanin berguna untuk tubuh namun rasa astringen bisa mengurangi rasa dari kopi dan ini bisa ditutupi dengan menambahkan susu dalam secangkir kopi hitam.

  1. Meningkatkan Kesehatan Jantung

Dari penelitian membuktikan jika kopi bisa mengurangi risiko terkena stroke dan juga penyakit jantung sebab kopi bisa membersihkan sistem dan menjaga jantung agar berfungsi secara optimal sekaligus menyembuhkan aritmia yakni irama jantung abnormal. Sedangkan tambahan susu dalam kopi juga berguna untuk mencegah berbagai jenis penyakit kardiovaskular serta kemungkinan stroke karena kandungan kalsium tinggi dalam susu, magnesium dan juga kalium.

  1. Mengurangi Keasaman Kopi

Menambahkan susu dalam kopi juga sangat penting untuk mengurangi keasaman dari kopi. Sama seperti cara kerja susu dalam mengikat tanin, protein dalam susu juga akan bereaksi pada asam klorogenik sehingga rasa asam pada kopi bisa dikurangi. Meski rasa asam merupakan ciri khas dari kopi, namun tidak semua penikmat kopi menyukai rasa asam tersebut sehingga menambahkan susu menjadi cara terbaik untuk mengurangi rasa asam dari kopi.

  1. Mencegah Kanker

Mengkonsumsi kopi juga dikatakan bisa dijadikan solusi kanker khususnya dua jenis kanker yakni kanker hati dan kolorektal yang merupakan beberapa jenis kanker mematikan sekaligus mencegah terjadinya melanoma untuk seseorang yang mengkonsumsi kopi secara teratur. Menambahkan susu dalam kopi ternyata juga bisa menambah manfaat minuman ini yakni untuk memperpanjang kehidupan seseorang yang didiagnosis terkena kanker usus besar.

  1. Menjaga Kesehatan Mata

Asam klorogenik yang terkandung dalam kopi sangat baik dikonsumsi untuk mencegah kerusakan retina sekaligus merupakan sumber antioksidan untuk mengurangi stres oksidatif yang bisa mempengaruhi mata. Sedangkan susu mengandung vitamin A dan B yang bisa meningkatkan penglihatan agar selalu dalam keadaan sehat.

  1. Minuman Baik Pasca Latihan

Mengkonsumsi dua cangkir kopi yang ditambahkan dengan susu sangat baik untuk mengurangi rasa sakit atau nyeri otot sesudah latihan hingga mencapai 48%. Sedangkan susu juga bisa mencegah karbohidrat untuk penambahan berat badan, memperbaiki otot dan mengembalikan energi yang sudah hilang sesudah latihan.

  1. Penambah Energi

Kopi susu juga menjadi minuman sumber energi karena mengandung kafein yang bisa meningkatkan aliran darah kemudian mengalir ke otak dan akhirnya menghasilkan neurotransmitter bernama adenosine yang bekerja layaknya dopamin alami untuk menambah energi pada tubuh.


  1. Menurunkan Berat Badan

Kopi dan susu sama sama merupakan minuman yang sangat baik untuk menurunkan berat badan. Kopi sangat baik untuk meningkatkan proses pembakaran lemak dan bisa meningkatkan metabolisme tubuh. Sedangkan susu juga membantu dalam menurunkan berat tubuh dengan cara mengurangi rasa lapar diantara jam makan sekaligus mengandung banyak nutrisi penting untuk tubuh.

  1. Sumber Antioksidan

Dalam kopi susu juga bisa memberikan manfaat antioksidan yang sangat tinggi bahkan lebih tinggi dibandingkan dengan teh dan anggur. Untuk itu, minum secangkir kopi susu di pagi hari sangat penting untuk melindungi tubuh dari radikal bebas penyebab berbagai jenis penyakit.

  1. Menurunkan Risiko Diabetes

Dari penelitian yang dilakukan pada tahun 2005 juga menunjukkan jika minum kopi susu di pagi hari bisa menurunkan risiko diabetes tipe 2 sehingga tidak hanya menjadi minuman nikmat, namun kopi susu juga sangat baik dikonsumsi untuk mencegah penyakit diabetes.

  1. Meningkatkan Koordinasi

Kafein dalam kopi juga bisa meningkatkan koordinasi neuromuskular sehingga otak bisa mengirimkan pesan ke otot dengan lebih cepat. Hal ini tentunya sangat membantu dalam banyak hal baik dalam bekerja atau belajar

  1. Memperbaiki Kesehatan Organ Hati

Selain banyak manfaat minum kopi hitam, kopi susu juga dikatakan sebagai salah satu minuman super untuk melindungi organ hati dari kerusakan seperti sirosis hati dimana minum 2 cangkir kopi susu setiap hari bisa menurunkan risiko sirosis hati hingga mencapai 44%.

  1. Mengurangi Risiko Parkinson

Parkinson merupakan penyakit yang bisa berkembang secara perlahan selama beberapa tahun yang nantinya menimbulkan gejala seperti tremor, masalah dalam berbicara, gerakan melambat dan masalah kesehatan lainnya. Untuk mencegah penyakit parkinson ini bisa dilakukan dengan cara menyenangkan yakni minum kopi susu secara teratur.

  1. Memperpanjang Umur

Fakta menarik yang ditemukan dalam kopi susu adalah bisa membuat seseorang hidup lebih lama dimana 1 cangkir kopi susu yang diminum setiap hari sudah cukup baik untuk menambah umur sekitar 12%.

  1. Mengurangi Depresi

Selain banyak manfaat kopi untuk diet, minum 1 hingga 2 cangkir kopi susu per hari juga bisa membuat mental seseorang semakin baik. Kopi susu ini bertindak sebagai antidepresan ringan sehingga bisa menghasilkan rasa nyaman pada otak yang bahkan menurut hasil riset juga bisa menurunkan risiko bunuh diri hingga mencapai 50%.

  1. Meningkatkan Aktivitas Fisik

Minum kopi susu dikatakan bisa mengatasi lelah lebih baik dibandingkan dengan mereka yang tidak minum kopi susu. Kandungan kafein dan banyak vitamin serta mineral dalam susu merupakan kombinasi yang sangat baik untuk membuat aktivitas fisik terasa lebih mudah untuk dilakukan.

  1. Mengatasi Masalah Pencernaan

Dalam penelitian lain yang dilakukan pada tahun 2017 juga menemukan jika seseorang yang minum kopi susu juga bisa mengurangi masalah pencernaan seperti crohn, celiac, solusi maag, sakit perut dan berbagai gangguan pencernaan lainnya.

  1. Menahan Kantuk

Menahan rasa kantuk mungkin menjadi manfaat umum yang paling terkenal dari kopi susu dimana kandungan kafein dalam kopi bisa membantu otak agar tetap terjaga dengan cara memblokir adenosine kimia yang menyebabkan rasa kantuk.

  1. Meningkatkan Suasana Hati

Kopi susu tidak hanya berfungsi sebagai antidepresan namun juga bisa mencegah perubahan suasana hati sehingga bisa merasa lebih bahagia secara menyeluruh. Hal ini disebabkan karena kafein dalam kopi dan juga kandungan dalam susu yang bisa mengendalikan mood lewat neurotransmitter pada otak sehingga bisa memberikan perasaan yang jauh lebih menyenangkan.

Dari ulasan diatas bisa dibuktikan jika manfaat kopi susu tidak hanya menjadi minuman nikmat sekaligus mengurangi rasa pahit dan asam dari kopi, namun juga bisa memberikan manfaat untuk kesehatan dan mengatasi beberapa gangguan pada tubuh sehingga bisa dijadikan salah satu minuman terbaik untuk dikonsumsi asalkan tidak terlalu berlebihan.

, , ,
Oleh :
Kategori : Minuman