7 Manfaat Kentang Rebus Untuk Maag Dalam Waktu Cepat

Kentang merupakan salah satu sumber makanan paling umum yang sudah banyak dikonsumsi sebagai makanan pokok yang mengandung banyak nutrisi penting bagi kesehatan. Jenis umbi umbian ini juga bisa diolah menjadi berbagai macam masakan yang sangat lezat dan bahkan sudah enak diolah dengan cara digoreng biasa atau direbus. Kentang juga mengandung beberapa jenis mineral seperti kaya akan manfaat potasium, kalsium, fosfor dan juga zat besi. Sedangkan beberapa vitamin yang ada dalam kentang diantaranya adalah vitamin C, vitamin A, vitamin B dan juga vitamin P. selain bisa mengatasi rematik, solusi kanker, darah rendah, meningkatkan fungsi otak, menjaga kesehatan jantung dan lain sebagainya, ternyata ada juga manfaat kentang rebus untuk maag seperti yang akan kami jelaskan dalam artikel berikut ini.

  1. Memiliki Kandungan Anti Bakteri

Dalam sebuah penelitian yang dilakukan di Manchester University ditemukan jika dalam kentang rebus mengandung molekul anti bakteri yang juga sangat baik mengatasi segala gangguan pencernaan seperti salah satunya solusi maag. Kentang juga mengandung vitamin C dan juga vitamin B serta kalium sehingga bisa mengatasi peradangan yang terjadi pada usus, lambung dan juga sistem pencernaan.

  1. Menetralisir Asam Lambung

Dalam kentang juga mengandung zat alkaloid yang sangat baik untuk menurunkan kadar asam lambung berlebihan penyebab maag. Bahkan untuk mencegah maag, kentang rebus juga sangat baik dikonsumsi 30 menit sebelum tidur dan juga sebelum sarapan sehingga masalah maag kambuh bisa dicegah.

  1. Mengandung Anti Inflamasi

Kentang juga merupakan makanan yang sangat baik untuk mengurangi rasa sakit akibat peradangan internal dan juga eksternal. Kentang rebus yang sangat lembut, mudah dicerna dan tinggi akan vitamin C ini bisa memperbaiki kerusakan jaringan dalam pencernaan, mengatasi peradangan pada usus dan sistem pencernaan yang bisa menyebabkan maag kambuh kapan saja. Untuk itulah, kentang dikatakan sebagai makanan yang sangat disarankan untuk masuk dalam menu diet sehari hari penderita maag.

  1. Merangsang Gerakan Peristaltik

Kentang memiliki manfaat karbohidrat yang sangat mudah dicerna sehingga baik untuk pencernaan yang bahkan disarankan sebagai makanan bayi serta seseorang yang mengalami masalah dalam mencerna makanan keras namun membutuhkan sumber energi. Kentang juga mengandung serat tinggi yang bisa merangsang gerakan peristaltik sekaligus meningkatkan sekresi asam lambung.

  1. Meredakan Nyeri Ulu Hati

Mengkonsumsi kentang rebus juga bisa meringankan gejala sakit maag paling utama dan paling sering terjadi yakni nyeri ulu hati karena manfaat vitamin C yang terkandung dalam kentang rebus. Dengan mengkonsumsi kentang rebus dengan teratur, maka rasa sakit seperti perih, panas dan sensasi seperti terbakar bisa semakin ringan dari waktu ke waktu.

  1. Meredakan Mual dan Muntah

Sakit maag seringkali menimbulkan rasa mual dan ingin muntah. Namun ketika berusaha mengeluarkan isi dari perut, maka yang umumnya keluar adalah cairan berwarna kuning atau hijau bercampur dengan makanan. Ini bisa terjadi karena lambung yang sedang berkontraksi sehingga gejala seperti ini bisa terjadi. Mengkonsumsi kentang rebus yang memiliki manfaat vitamin A dan C ini merupakan antioksidan penting untuk meredakan sensasi mual dan muntah tersebut.

  1. Menghilangkan Sendawa

Ketika sakit maag terjadi, maka akan ada banyak asam lambung yang diproduksi. Cairan asam ini nantinya akan banyak menghasilkan gas sehingga penderita sering bersendawa. Manfaat potasium dan zat besi yang ada dalam kentang rebus nantinya juga berguna untuk mengatasi gejala sakit maag berupa sendawa.

Tidak hanya nikmat dan mudah dicerna, namun juga banyak manfaat kentang rebus untuk maag yang bisa digunakan sebagai penyembuh sakit maag secara alami dengan cara yang nikmat. Semoga ulasan kali ini bisa bermanfaat dan menambah wawasan untuk anda.

, , ,
Oleh :
Kategori : Makanan
Doctors Talks

Gigi berlubang bagian atas bisa menyebabkan Penyakit meningitis, Gigi berlubang bagian bawah bisa menyebabkan penyakit yang menyebabkan kematian mendadak, apa itu ? Simak penjelasan Drg. Albertus Andika berikut ini.