Untuk mendapat produktivitas bagi para pekerja kantor, salah satu yang paling mempengaruhi adalah kondisi lingkungan kerja. Hal ini dikarenakan kualitas kondisi lingkungan kerja yang baik bisa menjadi tolak ukur bagaimana produktivitas karyawan itu sendiri.
Kemudian, salah satu cara bagaimana mempertahankan kualitas kondisi lingkungan kerja yaitu dengan menjaga kebersihan lingkungan kerja.
Ruang kerja merupakan tempat dimana karyawan menghabiskan banyak waktu dan menjadi bagian dari rutinitas sehari – hari. Oleh karena itu, ruang kerja haruslah menghadirkan rasa nyaman dan sehat. Sehingga karyawan bisa bekerja dengan nyaman dan terhindar dari penyakit.
Begitu banyak manfaat menjaga kebersihan lingkungan kerja dengan baik dan rutin. Berikut ini beberapa manfaat yang akan di dapat beli selalu menjaga kebersihan lingkungan kerja setiap hari. Simak selengkapnya dibawah ini ya.
Manfaat membersihkan lingkungan kerja yang pertama yaitu penyakit tidak mudah datang. Begitu banyak hal yang mempengaruhi kenyamanan saat bekerja di kantor. Antara lain, jumlah debu di tempat kerja seperti meja, kursi, komputer, laci. Kemudian buruknya sanitasi, dan pengapnya ruangan bisa menjadi salah satu gangguan saat kamu mulai bekerja. Dan itu bisa membuat karyawan tidak nyaman.
Oleh karena itu, kotornya ruangan atau lingkungan kerja bisa juga menjadi sumber timbulnya penyakit. Ruangan yang tidak bersih bisa jadi pemicu munculnya flu, masalah pernapasan, hingga diare.
Faktanya, meja kerja di kantor merupakan sarang dari berjuta – juta bakteri. Terdapat 400 kali lebih banyak bakteri yang ada di meja kerja dibandingkan tempat duduk di toilet. Tempat duduk di toilet sendiri memiliki 10 juta bakteri. Mengapa bisa begitu?
Para karyawan biasanya berangkat dari rumah dalam keadaan bersih. Namun, setelah bercampur dengan berbagai polusi udara di perjalanan, debu dan asap, mereka telah menyentuh banyak bakteri yang di bawa dari luar kantor. Belum lagi bila mereka menyentuh eskalator atau lift, dan benda – benda lain yang memungkinkan mereka membawa bakteri dari luar.
Bila kondisi meja kerja kotor, produktivitas karyawan menjadi sangat mudah terganggu. Meja kotor juga mempengaruhi kondisi mental karyawan. Biasanya, meja kerja yang kotor mempengaruhi suasana hati hingga mood kerja karyawan yang tadinya baik menjadi tidak baik.
Oleh karena itu, dengan kondisi meja kerja yang bersih dan rapi, penyakit tidak akan mudah muncul karena berkurangnya bakteri – bakteri jahat penimbul penyakit. Dengan begitu, produktivitas karyawan pun meningkat dan kontribusi ke perusahaan menjadi lebih bagus lagi.
Manfaat membersihkan lingkungan kerja selanjutnya yaitu lingkungan kerja yang bersih dan rapi juga mempengaruhi kepuasan karyawan kantor. Kantor yang tertata rapi dan bersih bisa memuat karyawan semangat bekerja setiap harinya.
Oleh karena itu, menjaga kebersihan meja kantor bisa dimulai dari menerapkan aturan mencuci tangan sebelum masuk ke dalam ruangan kantor. Hal ini bisa menjadi salah satu langkah awal agar meja dan alat kantor lebih terjaga kebersihannya.
Kemudian, bila ada karyawan yang memang lebih memilih membeli makan siang dari luar atau delivery dan dimakan di kantor, haruslah memberlakukan aturan untuk self – cleaning agar meja yang dipakai untuk bekerja bisa kembali bersih setelah dipakai untuk santap makan siang. Bila ingin lebih efisien, bisa sediakan meja makan terpisah untuk karyawan menyantap makanan baik saat siang atau makan malam saat lembur di kantor.
Selanjutnya adalah kebersohan lingkungan kerja yang terjaga sudah tentu bisa juga menjaga dan meningkatkan mood karyawan. Bila karyawan bekerja di tempat yang kotor, kumuh, berantakan, bukan tidak mungkin lingkungan tersebut tidak baik untuk kesehatan. Dan tentu saja menurunkan motivasi karyawan untuk bekerja. Bisa jadi semangat karyawan untuk menyelesaikan pekerjaan menjadi menurun.
Bila kondisi meja kerja kotor, bisa jadi malah menimbulkan gangguan psikis seperti sumpek, stres, suntuk, hingga cepat mudah merasa lelah dan mengantuk. Oleh karena itu, sangat penting untuk memastikan kebersihan dan kesehatan lingkungan kerja terjaga.
Selanjutnya yaitu dengan lingkungan kerja yang bersih bisa menjaga sistem kerja mulai dari produktivitas hingga sosialisasi antar karyawan menjadi tetap efektif setiap harinya. Ketika suatu kantor atau perusahaan memiliki lingkungan kerja yang bersih dan sehat, maka memberlakukan sistem kerja yang sudah disepakati akan mudah dijalankan pula. Namun bila sebaliknya, bila kondisi lingkungan kerja tidak terawat dan kumuh, akan sulit meminta karyawan untuk mengikuti sistem kerja yang sudah ditetapkan.
Fasilitas yang mendukung produktivitas karyawan bukan tidak mungkin bisa menjadi tolak ukur kenyamanan karyawan bekerja di kantor. Perusahaan Google contohnya, menyediakan banyak fasilitias tidak hanya fasilitas untuk bekerja, namun juga fasilitas untuk merelaksasi diri agar karyawannya tidak mudah stres saat bekerja.
Di dalam lingkungan kerja yang terjaga kebersihan dan kesehatannya, bisa juga meningkatkan kualitas hubungan antar rekan kerja serta atasan. Komunikasi dan sosialisasi antar karyawan juga bisa berjalan lancar antara posisi dan divisi di perusahaan tersebut. Bila kondisi lingkungan kerja kotor dan kumuh, bisa jadi , hubungan tidak hanya antar rekan kerja, bisa juga dengan pimpinan menjadi sulit. Bahkan bila sudah tidak terbendung, kemalasan karyawan untuk pergi bekerja karena lingkungan kerja yang tidak sehat bisa terjadi dan menganggu kinerja perkembangan perusahaan menjadi lebih baik.
Demikian beberapa manfaat kebersihan lingkungan kerja yang terjaga untuk produktivitas karyawan. Semoga artikel ini membantu ya.