5 Manfaat Kayu Keruing Bagi Kehidupan

Hutan merupakan ekosistem penting dalam kehidupan, karena hutan menyimpan berbagai macam tumbuhan yang banyak mendukung manfaat hutan bagi kehidupan makhluk hidup bumi. Dari banyaknya jenis tumbuhan, salah satu jenis tumbuhan yang banyak dimanfaatkan di dalam kehidupan adalah Keruing. Di Indonesia sendiri, Keruing banyak tumbuh di hutan Kalimantan tapi juga terkadang dapat ditemukan di hutan Sumbawa dan Lombok.

Keruing merupakan jenis tumbuhan yang bisa tumbuh besar mencapai 65 meter yang biasanya akan tumbuh secara berkelompok di daerah tertentu seperti tepian sungai dengan arus deras, tanah gambut atau daerah lain di sekitar perbukitan. Seperti halnya dengan pohon berbatang besar lainnya, Keruing paling banyak dimanfaatkan kayunya. Nah, pada artikel kali ini akan dibahas lebih lanjut tentang manfaat kayu Keruing pada kehidupan manusia. Simak pembahasannya berikut ini ya.

1. Menjadi bahan dalam konstruksi bangunan

Seperti halnya dengan manfaat kayu meranti ataupun jenis kayu lainnya, kayu Keruing sering dimanfaatkan dalam konstruksi menengah hingga berat seperti pembangunan rumah, pelabuhan, gedung dan lain sebagainya. Hal ini karena kayu meranti dikenal dengan seratnya yang kokoh dan awet sehingga tidak akan mudah mengalami pelapukan. Biasanya kayu meranti akan dipakai untuk pembuatan pintu, tangga handrail, jendela atau lainnya.

2. Dijadikan bahan baku furnitur

Dengan kualitas kayu Keruing yang tahan lama, kokoh dan struktur kayu yang rapat akan membuat kayu Keruing sangat pas dipakai sebagai bahan pembuat furnitur. Tidak hanya untuk membuat furnitur indoor, namun juga cocok digunakan untuk pembuatan furnitur untuk outdoor seperti halnya dengan manfaat kayu agathis. Bahkan jika kayu Keruing diawetkan dan dipakai indoor maupun outdoor, ketahanannya bisa mencapai hingga 20 tahun penggunaan.

3. Menjadi kayu penghasil minyak

Manfaat kayu Keruing tidak hanya sekedar dimanfaatkan kayunya saja, namun juga apa yang dihasilkan oleh kayunya. Kayu Keruing bisa menghasilnya minyak yang disebut minyak Keruing atau juga bisa disebut dengan minyak lagan. Jenis minyak ini biasanya akan dimanfaatkan untuk membuat pernis yang akan digunakan untuk pemulas akhir pada perabotan kayu, rumah, dinding dan lain sebagainya. Di samping itu minyak Keruing ini juga cukup sering dimanfaatkan dalam pembuatan kosmetik atau pembuatan obat-obatan tertentu.

4. Menjadi bahan baku pembuat kertas

Di samping banyak digunakan dalam pembuatan furnitur dan dalam konstruksi bangunan, salah satu manfaat lainnya dari kayu Keruing adalah seperti manfaat kayu akasia, yaitu digunakan sebagai pembuat kertas. Bubur kayu Keruing akan diolah menjadi bahan baku dalam membuat kertas juga bisa digunakan untuk membuat box, kardus atau lainnya yang berbahan kertas.

5. Sebagai pewarna untuk industri keramik

Resin yang dihasilkan dari kayu Keruing tidak hanya dapat dipakai sebagai pernis saja, namun juga bisa dimanfaatkan sebagai pembuatan cat seperti halnya dengan manfaat kayu jati bagi kehidupan manusia. Cat yang dihasilkan kayu Keruing ini biasanya dimanfaatkan untuk mewarnai keramik. Resin yang dihasilkan ini biasanya akan keluar ketika kayu Keruing dilubangi dan dibakar secara berkala.

Walaupun banyak manfaat dari kayu Keruing seperti di atas, tetap saja penggunaannya harus tetap diawasi. Tidak hanya demi menjaga kelestarian Keruing agar dapat terus digunakan manfaatnya secara berlanjut, namun juga untuk menjaga kelestarian bumi. Demikian pembahasan tentang berbagai macam manfaat kayu Keruing untuk kehidupan, semoga bermanfaat.

, , ,
Oleh :
Kategori : Tumbuhan