Manfaat Buah Gondang yang Belum Banyak Diketahui Orang

Ada banyak sekali jenis buah yang bisa anda jumpai di pasaran mulai dari mall hingga warung pinggir jalan. Biasanya jenis buahnya sangat familiar dan banyak disukai orang berbeda jika anda melihat cara pemanfaatan air beras untuk wajah berjerawat, namun dari segala jenis buah yang ada, masih banyak sekali jenis buah yang belum banyak diketahui orang. Salah satu jenis buah yang hanya diketahui oleh sebagian masyarakat yaitu buah gondang, dari segi namanya saja sangat mengundang banyak sekali pertanyaan. Bagi anda yang penasaran seperti apa dan bagaimana buah gondang, berikut kami sampaikan sedikit penjelasannya.

Buah kondang memiliki nama ilmiah Ficus Variegate yang merupakan jenis buah dari pohon kondang, saat ini memang pohon kondang sudah sangat jarang sekali dapat ditemui. Anda bisa menemui pohon kondang di daerah cagar alam, hutan ataupun pinggiran sungai, pohon kondang sangat menyukai daerah lembab dan luas. Seperti jenis pepohonan besar lainnya, pohon kondang mampu bertahan hingga puluhan tahum dan rata- rata pohon kondang di alam sendiri berkisar hingga 80 bahkan ratusan tahun.

Dan sama seperti pohon besar lainnya, biasanya pohon gondang ditanam karena akarnya yang kuat dan mampu menahan longsor serta abrasi. Tidak hanya itu saja berbeda jika anda melihat manfaat buah diblender, kayu pohon gondang juga memiliki nilai ekonomis di bidang furniture walaupun merupakan jenis kayu tingkat rendah. Dan biasanya akar pohon gondang digunakan sebagai salah satu obat tradisional, selain itu karena rasanya yang manis banyak juga orang yang menjadikannya sebagai bahan dasar pembuatan the.

Mulai dari akar hingga kayunya dapat dimanfaatkan, adapun buah pohon gondang yaitu buah gondang yang memiliki peranan penting bagi langsungan hidup pohon gondang. Pohon gondang dapat dibudidayakan dan ditanam dengan biji buah gondang. Adapun ciri dari buah gondang, buah ini berbeda dengan jenis buah lainnya yang biasanya memiliki tangkai buah. Buah gondang memang memiliki tangakai buah namun sangat pendek karena buahnya cenderung bergerumbun dan menempel pada batang pohonnya. Selain itu ternyata buah gondang mengandung senyawa yang penting bagi tubuh anda.

Kandungan Nutrisi Buah Gondang

  • Saponin
  • Flavonoid
  • Polifenol
  • Air

Tidak hanya menempel pada batang tetapi juga cabang, adapun bentuknya yang cenderung bulat dan mengerucut di ujungnya. Warnanya hijau dan akan berwarna merah jika matang berbeda jika anda melihat manfaat daun ketela rambat, permukaan buah gondang sendiri sedikit bertekstur kasar. Selain bentuknya yang menarik ternyata buah gondang memiliki banyak sekali manfaat yang mengejutkan. Bagi anda yang penasaran dengan apa saja manfaat buah gondang, berikut kami sampaikan informasinya.

Manfaat Buah Gondang

  1. Obat Diare

Diare merupakan salah satu gangguan pencernaan yang sering dialami banyak orang. Biasanya karena salah makan ataupun keracunan, untuk mengobati diare sendiri sebenarnya ada berbagai macam cara mulai dari mengkonsumsi obat dari dokter hingga menggunakan cara- cara alami dan tradisional. Ada pun keuntungan dari menggunakan cara tradisional, karena pada umumnya cara ini menggunakan bahan- bahan herbal dan dapat di ambil dengan mudah dari alam, maka tidak ada efek sampingnya. Berbeda jika anda mengkonsumsi obat yang terkadang cenderung memiliki berbagai efek jangka lama. Untuk mengobati diare sendiri anda bisa menggunakan buah gondang, dan berikut caranya :


  • Pertama sediakan buah gondang sebanyak 15 gram dan cuci dengan air matang hingga bersih.
  • Kemudian potong kecil- kecil, dan siapkan panci berisi air setara dengan dua gelas. Setelah mendidih masukkan potongan buah gondang dan tunggu hingga 25 menit.
  • Setelah 25 menit, angkat lalu dinginkan dan jangan lupa untuk menyaringnya. Untuk cara menghidangkannya, tuangkan pada 2 buah gelas dan campur dengan 1 sendok makan madu.
  • Minumlah sehari 2 kali pada pagi dan sore hari berbeda jika anda melihat manfaat daun mustajab, dengan begini diare anda akan sembuh dalam waktu 1 hingga 2 hari.
  1. Mengatasi Eksim

Ekksim merupakan salah satu penyakit kulit yang ditandai dengan adanya gatal- gatal. Biasanya ciri dari penyakit ini sering ditandai dengan munculnya ruam dan benjolan- benjolan kecil yang menyerupai cacar. Jika anda menggaruk kulit yang gatal aka nada cairan yang keluar dari benjolan tersebut. Eksim merupakan penyakit menular terlebih bila anda terkena dari cairan tersebut. Akan sangat parah jika eksimm digaruk karena gatal dan benjolan dapat menyebar. Adapun cara tradisional untuk mengatasinya  yaitu dengan meminum air rebusan buah gondang setiap hari sebanyak 2 hingga 3 kali sehari.

Itulah berbagai manfaat dari buah gondang yang dapat kami sampaikan yang tentunya berbeda dengan manfaat ubi ungu untuk diet, semoga informasi di atas dapat bermanfaat serta menambah pengetahuan anda.

, ,
Oleh :
Kategori : Buah Buahan