7 Manfaat Jeruk Kasturi bagi Kesehatan

Jeruk kasturi atau limau kasturi adalah salah satu jenis jeruk yang manfaatnya tidak kalah hebat dengan jeruk lemon maupun jeruk nipis, yang sudah sering dimanfaatkan khasiatnya untuk menyehatkan tubuh. Jeruk kasturi pada umumnya memiliki wangi yang lebih tajam dan lebih harum daripada jenis jeruk lainnya. Jeruk kasturi juga mengandung banyak khasiat untuk kesehatan tubuh yaitu kaya antioksidan seperti flavonoid, linalool, kalsium, fosfor, vitamin (A, B1, C) dan nutrisi lainnya. Setelah artikel sebelumnya membahas mengenai manfaat jeruk nipis untuk kesehatan dan kecantikan, kali ini akan dibahas mengenai manfaat jeruk kasturi bagi kesehatan yaitu:

1. Meningkatkan daya tahan tubuh

Sama seperti jenis jeruk lain, jeruk kasturi kaya akan manfaat vitamin C bagi kesehatan tubuh. Vitamin C yang terkandung di dalam jeruk kasturi sangat tinggi dan dengan mengkonsumsi dapat meningkatkan daya tahan tubuh dan bisa mencegah radikal bebas. Sehingga tubuh  tidak akan mudah terserang berbagai macam penyakit dan terinfeksi virus atau bakteri.

2. Mengatasi rasa lelah

Karena nutrisi yang terkandung di dalam jeruk kasturi memiliki manfaat untuk meningkatkan kekebalan tubuh, maka dapat menghilangkan rasa lelah dan membuat tubuh menjadi segar dan kembali fit. Untuk mendapatkan manfaat ini, jeruk kasturi dapat diperas sarinya lalu dicampurkan dengan madu dan air hangat.

3. Menyembuhkan sakit tenggorokan

Air perasan jeruk kasturi juga dapat digunakan untuk membantu menyembuhkan tenggorokan yang sakit seperti radang atau batuk.  Untuk dewasa, sari jeruk kasturi dapat dicampur dengan manfaat lada hitam bagi kesehatan dan dicampur dengan air hangat. Untuk anak kecil cukup dicampur dengan madu dan air hangat saja.

4. Mengobati pusing dan sakit kepala

Daya tahan tubuh yang menurun karena kurang nutrisi juga dapat mengakibatkan  sakit kepala muncul. Cara mengatasi sakit kepala atau pusing dengan jeruk kasturi sangatlah mudah, yaitu hanya dengan mengambil air perasannya saja dan diminum dengan air hangat tanpa campuran apapun.

5. Mengobati panas atau demam

Manfaat jeruk kasturi selanjutnya adalah untuk menyembuhkan panas atau demam. Seperti manfaat daun jeruk nipis, untuk menyembuhkan demam juga dapat dimanfaatkan daun jeruk kasturi. Caranya adalah dengan merebus daun jeruk kasturi, lalu gunakan air rebusan untuk mengompres dahi dengan menggunakan handuk lembut.

6. Menangani asam urat

Jeruk kasturi dapat digunakan untuk mengobati asam urat dengan efektif, terutama jika asam urat masih dalam tahap munculnya gejala seperti ngilu dan nyeri pada persendian. Dengan mengkonsumsi jeruk limau secara teratur dapat megatasi sakit persendian akibat menderita asam urat. Agar penyakit asam urat cepat sembuh perlu dihindari juga makanan pantangan asam urat seperti kepiting, jeroan dan lain sebagainya.

7. Membantu mencegah kanker

Seperti manfaat air rebusan daun sirsak , kandungan vitamin C yang tinggi di dalam jeruk kasturi juga dapat berkhasiat untuk mencegah penyakit kanker. Vitamin C dan antioksidan yang tinggi di dalam jeruk kasturi mampu membantu mencegah radikal bebas yang bisa memperparah kanker dan ikut dalam menghambat pertumbuhan dan perkembangbiakan sel kanker di dalam tubuh.

Selain khasiat jeruk kasturi bagi kesehatan di atas, jeruk kasturi juga sangat efektif untuk menyembuhkan sariawan dan membantu menghilangkan bau badan. Demikian informasi mengenai beberapa manfaat dari jeruk kasturi yang tidak kalah bagus dari jenis jeruk lainnya untuk kesehatan tubuh. Semoga bermanfaat.

Oleh :
Kategori : Buah Buahan