13 Manfaat Buah Jambe Muda Untuk Stroke dan Penyakit Kronis

Manfaat Buah Jambe MudaBuah jambe berasal dari sejenis palma yang umumnya tumbuh di area Pasifik, Afrika bagian timur dan juga Asia yang memiliki banyak nama lain di berbagai wilayah Indonesia maupun negara seperti pining, pineung, hua dan dalam bahasa Inggris dikenal dengan nama Betel palm atau betel nut tree. Dalam buah jambe mengandung alkaloida seperti arekaina dan arekolina yang seringkali digunakan masyarakat Indonesia sebagai campuran makan sirih selain gambir dan juga kapur. Sedangkan zat lain yang terkandung dalam buah jambe diantaranya adalah arecaidine, arecolidine, guracine, guvacoline dan berbagai unsur lain yang memiliki banyak kegunaan untuk tubuh. Untuk pengolahannya sendiri bisa dilakukan dengan berbagai cara seperti mentah, dikeringkan, direbus, panggang dan juga bakar. Untuk lebih lengkap tentang manfaat buah jambe muda, silahkan simak ulasannya berikut ini.

  1. Pemulihan Stroke

Jambe mudah bisa digunakan sebagai pemulih stroke dengan cara mengekstrak buah jambe muda ini untuk mengontrol kandung kemih dan juga melatih kekuatan otot pasien sekaligus mengurangi rasa sakit dari gejala yang ditimbulkan stroke.

  1. Mengobati Skizofrenia

Skizofrenia merupakan gangguan mental kronis yang bisa menyebabkan penderita halusinasi, delusi, mengalami pikiran yang kacau dan juga perubahan perilaku. Skizofrenia ini umumnya berlangsung dalam waktu lama yang juga sering diartikan dengan gangguan mental karena penderita mengalami kesulitan dalam membedakan kenyataan dengan pikiran mereka sendiri. Gejala dari skizofrenia ini bisa dikurangi dengan cara mengkonsumsi buah jambe muda sekaligus menurunkan efek tremor dan gejala lainnya.

  1. Mencegah kerusakan Gigi

Dalam buah jambe muda ini memiliki sifat anti bakteri yang bisa digunakan sebagai pasta gigi untuk mencegah gigi berlubang. Sifat anti bakteri dalam buah ini akan mencegah bakteri terbentuk dalam mulut yang juga akan mencegah plak terbentuk pada gigi anda.

  1. Mengatasi Mulut Kering

Mengunyah buah jambe muda ini akan membantu untuk menghasilkan air liur lebih banyak sehingga bisa mencegah kekeringan pada mulut yang disebabkan karena gangguan kesehatan seperti diabetes dan juga sindrom Sjorgen.

  1. Menyembuhkan Luka

Buah jambe muda juga bisa digunakan sebagai obat luar penyembuh luka dengan cara yang cukup mudah seperti menghaluskan daging buah jambe muda dan digunakan untuk membalur bagian kulit yang terluka selama beberapa saat. Kandungan anti bakteri dalam buah ini akan membunuh bakteri penyebab infeksi sekaligus mempercepat proses penyembuhan luka.

  1. Meningkatkan Vitalitas

Buah jambe muda tidak hanya bisa digunakan untuk mengencangkan vagina sesudah melahirkan namun juga berguna untuk meningkatkan vitalitas pria. Buah ini akan merangsang hormon pria sehingga gairah seks bisa ditingkatkan karena senyawa dalam jambe muda yang sangat ampuh untuk meningkatkan kinerja jantung sehingga akan berpengaruh juga terhadap hormon.

  1. Mencegah Anemia

Buah ini juga sangat baik digunakan untuk mengatasi kekurangan zat besi dan kadar glukosa rendah sehingga sangat baik digunakan sebagai obat anemia para wanita selama masa kehamilan.

  1. Meningkatkan Fungsi Otak

Dari sebuah penelitian dikatakan jika buah jambe muda bisa ditemukan untuk memulihkan seseorang yang mengalami cedera otak, memperbaiki ucapan dan juga mengendalikan otot pada penderita gangguan otak seperti stroke.

  1. Mengatasi Cacingan

Cacingan merupakan infeksi parasit yang bisa terjadi karena cacing di dalam perut manusia. Jenis cacing yang menyerang cukup beragam dan memberikan gejala yang juga berbeda beda sebab masing masing jenis cacing memiliki siklus hidup dan juga cara masuk ke dalam tubuh manusia untuk menginfeksi dengan cara yang berbeda juga. Mengkonsumsi buah jambe muda ini dikatakan bisa mengatasi cacingan dan berbagai masalah yang bisa ditimbulkan dari cacing perut tersebut seperti solusi diare.

  1. Memiliki Sifat Anti Depresan

Kandungan lain dalam jambe muda ini adalah sifat anti depresan yang bisa meningkatkan sistem saraf dimana dalam penelitian yang diuji pada tikus membuktikan jika ekstrak buah jambe muda bisa menurunkan tekanan saraf pada tikus tersebut.

  1. Meningkatkan Energi

Kemampuan lain yang terkandung dalam buah jambe muda adalah bisa menjadi sumber energi untuk melakukan aktivitas sehari hari. Bahkan, mengkonsumsi buah jambe muda ini sangat berguna untuk membuat anda tetap terjaga di malam hari saat sedang berkendara. Semua kemampuannya ini didapat dari kandungan bahan aktif aecoline yakni alkaloid yang berfungsi sebagai stimulan kuat untuk sistem saraf pusat.

  1. Menyembuhkan Kudis

Kudis merupakan salah satu jenis penyakit kulit yang tidak disebabkan karena infeksi namun karena gigitan kutu bernama tungai sarcoptes scabiei berukuran kecil yang bersarang di lapisan kulit terluar manusia. Tungau ini nantinya akan menggali lubang pada kulit dan bertelur sehingga menimbulkan rasa gatal dan warna kemerahan pada kulit. Buah jambe muda ini bisa digunakan untuk mengobati kudis dengan cara menghaluskan 1 buah jambe muda atau juga bisa diparut lalu campur dengan 2 gelas air dan diaduk sampai rata. Gunakan air ini untuk mengoleskan kulit yang terkena kudis tersebut sekaligus sebagai solusi kecantikan kulit.

  1. Menyembuhkan Difteri

Difteri merupakan infeksi bakteri yang biasanya terjadi pada selaput lendir hidung dan terkadang juga bisa terjadi pada kulit. Penyakit ini merupakan penyakit menular yang sangat berbahaya jika tidak segera ditangani dengan serius. Untuk menyembuhkan difteri ini juga bisa dilakukan dengan menggunakan buah jame muda yakni 2 buah jambe muda yang dimemarkan lalu direbus dengan 2 gelas air hingga mendidih sampai hanya tersisa 1 gelas saja. Tambahkan 1 sendok makan madu lalu aduk rata dan minum secara teratur 1 kali sehari.

Indonesia yang merupakan negara tropis ini menjadi lahan subur untuk tanaman jambe tumbuh dengan baik sehingga anda bisa mengambil manfaat buah jambe muda ini untuk menyembuhkan berbagai penyakit dalam dan juga penyakit kulit secara mudah bahkan tidak perlu mengeluarkan biaya sama sekali.

, ,
Oleh :
Kategori : Buah Buahan