Manfaat Jambu Dersono Untuk Ibu Hamil – Langka Namun Baik Untuk Janin

Jambu dersono memiliki banyak sebutan lain seperti jambu jamaika, jambu bol dan juga jambu jambak. Buah jambu ini terbilang cukup langka karena hanya berbuah satu kali dalam setahun sehingga harga jambu ini juga termasuk mahal jika dibandingkan dengan jenis jambu lainnya. Tekstur daging buah jambu dersono sangat lembut dan padat jika dibandingkan dengan jambu air. Daging buahnya berwarna putih dengan rasa manis sedikit asam yang menyegarkan. Jambu yang memiliki warna merah untuk daging buah terluar ini juga memiliki aroma yang khas dan tentunya tinggi akan vitamin dan mineral penting seperti zat besi, serat, kalsium, protein, fosfor, lemak, vitamin A, vitamin B1 dan juga vitamin C. Dengan begitu banyak kandungan dalam buah ini, maka tentu juga sangat baik dikonsumsi yang bahkan ada juga manfaat jambu dersono untuk ibu hamil. Ingin tahu apa saja manfaat jambu dersono untuk ibu hamil selengkapnya, berikut kami punya ulasan menarik untuk anda.

  1. Menunjang Pertumbuhan Tulang Bayi

Ibu hamil dan juga menyusui disarankan untuk banyak mengkonsumsi buah yang mengandung kalsium seperti salah satunya jambu dersono. Manfaat kalsium yang terkandung dalam buah ini sangat penting untuk masa kehamilan karena bisa menunjang pertumbuhan tulang bayi. Jika tubuh kekurangan kalsium, maka pertumbuhan tulang bayi tidak normal. Selain mengkonsumsi jambu dersono, kalsium tinggi juga bisa ditemukan pada beberapa makanan lain seperti sayuran berdaun hijau, kacang kacangan, susu sapi, susu kedelai dan masih banyak lagi.

  1. Mencegah Bayi Terlahir Prematur

Ibu hamil juga sangat membutuhkan zat besi sehingga pembentukan sel darah merah bisa berjalan dengan baik karena penting untuk membawa oksigen ke seluruh bagian tubuh termasuk untuk bayi. Jika selama masa kehamilan ibu kekurangan zat besi, maka anemia bisa terjadi pada ibu serta bayi sesudah dilahirkan. Kondisi tersebut juga bisa meningkatkan risiko bayi terlahir prematur dan berat badan yang rendah. Untuk mencegah hal ini, maka mengkonsumsi jambu dersono bisa dijadikan solusi terbaik untuk mencukupi kebutuhan zat besi selama masa kehamilan.

  1. Meningkatkan Penyerapan Zat Besi

Vitamin B yang terkandung dalam jambu dersono atau manfaat jambu bol ini sangat penting untuk ibu hamil yakni meningkatkan penyerapa zat besi sehingga terhindar dari anemia dan mencegah kelahiran prematur. Selain mengkonsumsi jambu dersono, cukupi juga kebutuhan vitamin B selama masa kehamilan dengan beberapa makanan lain seperti daging merah, ikan laut, telur, gandum, kentang dengan kulit, brokoli dan berbagai makanan lainnya.

  1. Mencegah Keracunan Janin

Manfaat vitamin C yang terkandung dalam jambu dersono tidak hanya berguna untuk mencegah bayi lahir prematur namun juga kaya akan antioksidan. Antioksidan ini bermanfaat untuk mencegah keracunan pada janin sekaligus baik untuk meregenerasi sel selama masa kehamilan.

  1. Melancarkan Pencernaan Selama Kehamilan

Terkadang, dalam masa kehamilan membuat para ibu mengalami sembelit dan sampah serta zat sisa akan menumpuk dalam tubuh. Manfaat serat yang terkandung dalam jambu dersono ini bisa membantu para ibu untuk mengatasi sembelit karena kandungan zat tidak larut yang terkandung dalam jenis jambu ini.

  1. Sumber Energi

Pentingnya mineral fosfor yang juga terkandung dalam buah jambu dersono lebih banyak dibandingkan ketika sedang tidak hamil. Fosfor berguna sebagai sumber energi dan kekuatan selama masa kehamilan dan juga metabolisme lemak serta pati untuk meningkatkan kesehatan gigi dan gusi ibu. Selain itu, jika tubuh ibu hamil kekurangan fosfor, maka bisa menyebabkan tulang janin mengalami gangguan sekaligus menyebabkan tulang keropos pada ibu hamil.

Meski termasuk buah langka dan harganya lebih tinggi dibandingkan jenis buah jambu lainnya, ternyata manfaat jambu dersono untuk ibu hamil sangat penting karena kandungan mineral, vitamin dan antioksidan tinggi dalam buah ini. Semoga bisa bermanfaat dan menambah pengetahuan anda khususnya yang sedang merencanakan kehamilan.

, , , , ,
Oleh :
Kategori : Buah Buahan