12 Manfaat Ikan Lemuru yang Kaya Nutrisi

Beberapa waktu lalu sempat beredar artikel bahwa ikan lemuru adalah salah satu menu sarapan favorit ibu Susi Pudjiastuti yang dulunya pernah menjabat sebagai Menteri Perikanan dan Kelautan. Oleh karena itu banyak orang mulai bertanya-tanya apakah ada khasiat atau manfaat ikan lemuru bagi kesehatan sehingga menjadi pilihan favorit Ibu Susi.

Apa Itu Ikan Lemuru?

Ternyata, masih banyak orang yang belum tahu apa itu ikan lemuru dan artikel yang disebutkan di atas mulai membuka banyak mata bahwa ikan lemuru merupakan salah satu jenis ikan laut yang merupakan salah satu kekayaan hasil laut Indonesia. Untuk habitat ikan lemuru sendiri sangat mudah ditemukan di sepanjang pesisir selatan pulau Jawa dan Bali. Ikan yang memiliki nama latin Sardinella lemuru ini merupakan salah satu jenis ikan yang biasa dijadikan ikan kaleng olahan lokal, ikan asing atau ikan pindang karena memang sifat ikan ini yang mudah busuk dan kalaupun dijual dalam bentuk ikan segar hanya ditemukan di tempat pelelangan ikan saja jarang sekali dijual di pasar pada umumnya.

Manfaat Ikan Lemuru

Ibu Susi Pudjiastuti merupakan sosok yang sepertinya tidak akan pernah lelah untuk menggalakkan gerakan gemar makan ikan karena menurutnya banyak sekali manfaat gemar makan ikan yang orang Indonesia harus tahu. Ikan lemuru sendiri merupakan salah satu jenis ikan yang beliau sarankan karena mengandung asam lemak omega 3 yaitu DHA dan EPA lebih tinggi dari ikan salmon. Untuk mengenal lebih jauh tentang manfaat ikan lemuru, Anda bisa melihat dari daftar berikut:

  1. Ikan Lemuru Tinggi Nutrisi

Ikan lemuru merupakan jenis ikan laut yang sangat tinggi nutrisi mulai dari vitamin, mineral serta protein yang tentunya sangat dibutuhkan oleh tubuh. Manfaat protein sendiri sangat penting dalam pembentukan  dan menjaga kesehatan massa otot.

  1. Tinggi Kandungan Omega 3, 6 dan 9

Salah satu keunggulan dari ikan laut yang merupakan ikan air asin adalah kaya akan manfaat omega 3, 6 dan 9 yang memiliki fungsi sebagai asam lemak baik bagi kesehatan tubuh manusia.

  1. Membantu Menjaga Daya Tahan Tubuh

Mengkonsumsi ikan laut secara teratur seperti ikan lamuru yang tinggi nutrisi ini dapat membantu menjaga daya tahan tubuh karena kandungan nutrisinya yang menjaga tubuh tidak mudah terserang penyakit.

  1. Meningkatkan Kesehatan Tulang dan Gigi

Mengkonsumsi makanan yang tinggi mineral seperti manfaat fosfor dari ikan lamuru sangat penting dalam menjaga kesehatan tulang dan gigi.

  1. Kaya Kandungan Vitamin A dan B Kompleks

Tak hanya tinggi kandungan mineral, terdapat banyak sekali manfaat vitamin A dan manfaat vitamin B bagi tubuh yang terkandung dalam ikan lamuru.

  1. Menjaga Kesehatan Jantung

Karena mengandung mineral yang sangat tinggi seperti potasium dan selenium, mengkonsumsi ikan lemuru secara teratur juga dapat menjaga fungsi jantung dan mengurangi risiko beberapa penyakit kronis seperti stroke dan serangan jantung.

  1. Mengandung Selenium

Selenium ternyata memiliki fungsi yang sangat penting bagi tubuh manusia dimana manfaat selenium diantara sebagai sumber antioksidan serta dapat membantu mencegah terjadinya kerusakan DNA akibat radikal bebas.

  1. Baik untuk Menjaga Kesehatan Otak dan Sistem Saraf

Mengkonsumsi ikan lemuru yang mengandung asam lemak yang baik bagi kesehatan terutama omega 3 dan 6 sangat baik untuk menjaga kesehatan otak dan sistem saraf.

  1. Direkomendasikan untuk Anak Masa Pertumbuhan

Anak-anak pada masa pertumbuhan sangat membutuhkan nutrisi yang optimal agar mereka dapat tumbuh optimal. Ikan lemuru yang kaya nutrisi seharusnya dapat memenuhi kebutuhan gizi harian mereka secara maksimal.

  1. Baik Dikonsumsi oleh Ibu Hamil

Selain anak-anak, ibu hamil juga sangat direkomendasikan untuk mengkonsumsi ikan lemuru karena kandungan omega 3-nya dapat mengoptimalkan perkembangan otak dan sistem saraf pada janin serta mengurangi risiko bayi lahir dengan kelainan bawaan atau birth defect.

  1. Mengatasi Masalah Kekurangan Darah Merah

Kandungan zat besi dan mineral lain terkandung dalam ikan lemuru juga dapat mengoptimalkan produksi darah merah. Seperti yang sudah diketahui, manfaat zat besi dapat mengatasi hipotensi atau darah rendah serta solusi alami untuk mengatasi anemia atau kurang darah.

  1. Mengurangi Risiko Terkena Kanker

Penelitian juga menyebutkan bahwa mengkonsumsi ikan sangat baik untuk mengurangi risiko terkena kanker karena dapat mengoptimalkan regenerasi sel secara optimal.

Mengkonsumsi ikan laut sebanyak minimal dua kali seminggu atau lebih sangat disarankan terutama bagi anak-anak masa pertumbuhan. Menurut penelitian anak-anak yang mengkonsumsi ikan dua kali dalam seminggu memiliki tingkat kecerdasan dan kognitif lebih baik dari anak yang kurang mengkonsumsi ikan. Hanya saja dibalik banyaknya manfaat ikan bagi kesehatan mengkonsumsi ikan yang berasal dari laut bisa juga berisiko mengandung merkuri yang sangat berbahaya bagi tubuh. Namun penelitian juga menyebutkan bahwa perairan Indonesia masih relatif aman dan ikan lemuru merupakan jenis ikan laut yang ditangkap dari perairan laut Indonesia sendiri jadi sangat aman untuk dikonsumsi.