9 Manfaat Ikan Julung Untuk Kesehatan dan Aquarium

Manfaat Ikan JulungIkan julung atau sering juga disebut dengan caraca tidak hanya nikmat dikonsumsi namun juga cantik dijadikan ikan hias karena bentuknya yang unik. Manfaat sumber daya laut yakni ikan julung mempunyai rahang bawah yang lebih panjang dari rahang bagian atas dengan tubuh pipih memanjang dan tipis. Ikan julung julung yang juga biasa disebut dengan ikan gepe atau ikan roa ini memiliki banyak kandungan gizi dan juga manfaat ikan julung seperti ulasan dari kami berikut ini.

  1. Sebagai Ikan Hias

Karena bentuknya yang unik dengan rahang bagian bawah memanjang seperti sungut dan warna hitam keperakan yang indah membuat ikan julung ini sering di pelihara sebagai ikan hias aquarium ataupun kolam ikan.

  1. Melancarkan Pencernaan

Manfaat laut bagi kehidupan manusia yang salah satunya adalah ikan julung yang juga sangat nikmat untuk disantap ini memiliki nilai protein tinggi seperti ikan pada umumnya. Serat protein yang lebih pendek dibandingkan dengan protein ayam atau sapi ini membuat ikan julung lebih mudah dicerna dan diserap dalam tubuh sehingga melancarkan pencernaan. Selain itu, ikan julung tepat dikonsumsi oleh orang yang mengalami masalah pada pencernaan dan juga sedang menjalani program diet.

  1. Meningkatkan Perkembangan Otak Anak

Manfaat makanan laut ikan julung ini tidak hanya bisa dimanfaatkan untuk orang dewasa, namun ikan julung juga baik di konsumsi anak anak untuk merangsang pertumbuhan sel otak anak karena kandungan protein tinggi dalam julung julung yang ampuh merangsang pertumbuhan sel otak anak bernama taurine.

  1. Menurunkan Kadar Kolesterol

Asam lemak tak jenuh dalam ikan julung sangat baik untuk mendukung pertumbuhan tubuh sekaligus menjaga kesehatan secara menyeluruh. Tingkat kolesterol di dalam darah juga akan menurun karena kandungan asam lemak omega 3 dalam manfaat ikan laut bernama julung. Hal ini tentunya sangat baik dikonsumsi oleh seseorang yang memiliki penyakit kolesterol tinggi.

  1. Mengandung Vitamin B Kompleks dan D

Selain manfaat ikan gindara yang tinggi akan vitamin, dalam ikan julung juga mengandung beberapa vitamin seperti vitamin D yang bermanfaat untuk proses pertumbuhan dan kekuatan tulang. Sementara vitamin B kompleks dalam ikan ini berguna untuk produksi energi, meningkatkan metabolisme karbohidrat, mencegah sakit kepala dan migrain, menjaga kesehatan jantung, mengurangi depresi, membantu sistem saraf, mengurangi alergi serta rasa lelah terlalu berlebihan.

  1. Meningkatkan Kecerdasan

Mineral dalam ikan julung seperti zat besi sangat baik untuk pencegahan anemia, sedangkan kandungan yodium didalamnya berperan penting dalam pencegahan penyakit gondok sekaligus membantu proses tumbuh kembang anak dan mencegah penyakit degeneratif Sedangkan kandungan vitamin E didalamnya berguna untuk mencegah penuaan prematur yakni keadaan seseorang yang terlihat lebih tua dibandingkan umur sebenarnya dan juga ada banyak manfaat vitamin E untuk kesuburan yang lainnya.


  1. Pencegahan Masalah Tulang

Manfaat kalsium bagi jantung yang terkandung dalam ikan julung ini juga sangat tinggi sehingga baik dikonsumsi untuk mencegah masalah tulang seperti osteoporosis dimana penyakit ini ditandai dengan menurunkan tingkat kepadatan tulang yang disebabkan kurangnya kadar kalsium dalam tubuh.

  1. Mencegah Gigi Berlubang

Proses gigi berlubang yang panjang dan dimulai dari menipisnya email sampai dentin yang terkikis. Apabila dentin sudah terbuka, maka semakin lama akan mengikis sampai menyentuh pulpa dan akhirnya bakteri membuat lubang pada gigi yang diikuti juga dengan rasa sakit tak tertahankan. Untuk mencegah terjadinya gigi berlubang ini bisa dilakukan dengan mengkonsumsi ikan julung dengan teratur karena kandungan flour dalam ikan ini.

  1. Mengobati Aterosklerosis

Meskipun ada manfaat glukosa dalam darah bagi tubuh, namun jika kadarnya berlebih akan menyebabkan masalah pada pembuluh darah. Aterosklerosis merupakan penyakit yang membuat pembuluh nadi menyempit karena timbunan lemak jenuh atau LDL. Penyakit ini akan menyebabkan penderita mengalami gangguan jantung, darah dan juga menurunnya sistem kekebalan tubuh dan bahkan bisa berujung dengan kematian. untuk mencegah penyakit aterosklerosis ini caranya cukup mudah yakni dengan mengkonsumsi ikan julung, bisa diasap atau diolah menjadi makanan lainnya.

Demikian ulasan dari kami mengenai manfaat ikan julung untuk kesehatan tubuh, mengatasi berbagai penyakit sekaligus cantik juga digunakan sebagai ikan hias. Untuk tips mengolah ikan ini adalah dengan cara diasapkan yang sangat lezat jika disantap bersama bumbu pedas.

, ,
Post Date: Tuesday 14th, November 2017 / 13:51 Oleh :
Kategori : Hewan