9 Manfaat Durian untuk Diet Yang Harus Diketahui

Salah satu buah yang mendapat julukan buah eksotis di dunia adalah durian dengan cita rasa sangat nikmat dan bau yang khas. Buah dengan julukan king of fruit ini sudah dikenal di seluruh dunia karena kenikmatannya mesi banyak juga orang yang tidak menyukai buah ini. Selain nikmat, buah durian juga memiliki banyak manfaat seperti jenis buah lainnya. Dalam durian mengandung vitamin A dan C serta beberapa mineral penting seperti serat, folat, thiamin, riboflavin, niacin, asam pantotenat, seng, magnesium, karoten dan masih banyak lagi. Salah satu hal positif yang bisa didapat dengan mengkonsumsi durian adalah manfaat durian untuk diet yang dalam artikel berikut akan kami ulas dengan lengkap.

  1. Sumber Energi

Dalam setiap 100 gram buah durian sudah bisa mencukupi sekitar 20% kebutuhan karbohidrat harian orang dewasa yang akan digunakan sebagai sumber energi untuk beraktivtas. Dengan kadar energi yang cukup padat, maka buah ini sudah cukup baik dalam mencukupi kebutuhan energi harian sehingga anda bisa tetap beraktivtas dengan baik meski sedang diet.

  1. Pencegahan Lelah Berlebih

Dengan hanya mengkonsumsi manfaat buah durian, maka sudah bisa menambah energi secara instan sehingga tubuh bisa tetap beraktivitas dengan baik sekaligus mengatasi rasa lelah dan mencegah anda dari penyakit.

  1. Menjaga Fungsi Pencernaan

Dalam buah durian mengandung manfaat serat tinggi yang sangat baik untuk meningkatkan sistem pencernaan seperti mencegah sembelit dan susah buang air besar. Serat dalam durian yang terdiri dari serat larut dan tidak larut ini juga baik dikonsumsi sebagai solusi kanker usus besar.

  1. Mencegah Anemia

Saat sedang diet, tubuh umumnya menjadi sangat kelelahan sebab kekurangan nutrisi karena pelaku diet membatasi makan yang juga bisa menyebabkan anemia. Manfaat zat besi, folat dan juga tembaga dalam durian ini sangat disarankan dikonsumsi bagi penderita anemia yang sedang menjalani diet karena bisa mencegah berbagai gejala anemia yang sangat mengganggu aktivitas sehari hari.

  1. Sumber Antioksidan dan Mineral

Buah durian juga menjadi sumber antioksidan serta mineral seperti vitamin C. Kegunaan dari vitamin C ini adalah untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh sekaligus mempercepat proses penyembuhan luka sehingga bisa melindungi tubuh dari radikal bebas berbahaya.

  1. Sumber Anti Inflamasi

Seperti jenis buah lainnya, buah durian juga merupakan buah anti inflamasi yang kuat sehingga bisa mengurangi beberapa jenis penyakit seperti serangan jantung dan stroke serta mengatasi berbagai peradangan.


  1. Camilan Sehat

Bagi anda yang sedang menjalankan program diet, menjaga pola makan sangat penting untuk dilakukan. Salah satu cemilan sehat yang bisa dikonsumsi adalah jenis buah buaha termasuk durian yang lebih baik dikonsumsi dibandingkan dengan berbagai cemilan lainnya.

  1. Sumber Kalium

Durian menjadi salah satu buah yang tinggi akan kandungan kalium. Mineral ini tidak hanya menjadi elektrolit penting untuk sel dan juga cairan tubuh dalam mengontrol detak jantung dan juga tekanan darah namun juga membantu program diet anda.

  1. Bebas Lemak

Durian dengan tekstur lembut yang mudah dicerna ini memiliki kandungan gula serhana seperti sukrosa dan juga fruktosa. Saat anda mengkonsumsi durian, maka akan diubah menjadi energi sekaligus merevitalisasi tubuh. Selain itu, buah durian juga tidak akan mengganggu program diet anda sebab bebas dari kandungan lemak jenuh sehingga tidak akan menyebabkan kolesterol tinggi.

Seperti pada berbagai jenis buah lainnya, manfaat buah durian untuk diet bisa mendukung pencernaan supaya lebih sehat untuk mengeluarkan racun dalam tubuh beserta lemak. Dengan ini, proses penurunan berat badan bisa berjalan dengan baik sekaligus menjaga kesehatan tubuh secara menyeluruh.

, ,
Oleh :
Kategori : Buah Buahan