12 Manfaat Minum Susu Sebelum Tidur Bagi Orang Dewasa

Manfaat minum susu saat anda sebelum tidur adalah informasi yang perlu untuk diketahui oleh masyarakat secara umum. Minum susu merupakan kebiasaan konsumsi yang dapat mendatangkan manfaat bagi kesehatan, namun kurang populer di kalangan masyarakat. Saat di usia anak-anak, mungkin mengonsumsi susu menjadi salah satu agenda rutin sebelum tidur. Hal ini tidak berlanjut hingga dewasa. Bahkan, sebelum menginjak usia 17 tahun pun sudah banyak anak-anak yang tidak lagi biasa mengonsumsi susu sebelum tidur.

Minum susu sebelum tidur dilakukan untuk menutrisi tubuh selama tidur untuk persiapan aktifitas keesokkan harinya. Manfaat dari minum susu merupakan hasil dari interaksi antar kandungan dalam nutrisi itu sendiri. Tentu anda sangat penasaran apa sajakah manfaat dari minum susu sebelum tidur dan apakah bedanya dengan mengonsumsi susu di pagi hari? Simak penjelasannya berikut ini.

Manfaat Biasa Minum Susu Sebelum Tidur hingga Dewasa

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, kebiasaan minum susu sebelum tidur perlahan-lahan hilang saat manusia beranjak dewasa. Seharusnya hal ini tidak terjadi, karena meminum susu sebelum tidur memiliki manfaat yang sagat baik bahkan ketika anda sudah dewasa. Berikut ini 12 manfaat minum susu sebelum tidur yang berhasil kami kumpulkan:

1. Membantu Relaksasi Tubuh Saat Tidur

Susu merupakan minuman yang memiliki zat triptofan. Zat ini merupakan zat yang ketika dikonsumsi akan berubah menjadi hormon melatonin. Hormon ini memiliki kemampuan untuk membuat tidur anda di malam hari tanpa gangguan. Tubuh anda akan lebih mudah relaksasi dan tidak lagi sulit untuk tidur. Oleh karena itu, bagi anda yang memiliki gangguan tidur atau menderita insomnia susu adalah obat alami yang terbaik. Tanpa menambahkan zat lainnya, anda akan mendapatkan hormon untuk membantu anda terlelap. Tubuh anda pun akan berangusur-angsur pulih tidak sulit tidur lagi. (baca juga: Manfaat Minum Susu)

2. Membantu Otak Lebih Mudah Terlelap

Salah satu kandungan dari susu adalah asam amino bernama triptofan. Asam amino ini memiliki kemampuan untuk menenangkan syaraf otak. Otak pun menjadi lebih mudah menerima sinyal untuk beristirahat. Penyakit-penyakit kesulitan tidur umumnya disebabkan oleh kerja otak yang sulit untuk berhenti. Oleh karena itu, susu adalah salah satu minuman alami yang dapat diandalkan dalam proses penyembuhan insomnia. Walau hanya dalam jumlah sedikit, biasakanlah mengonsumsi susu setiap malam sebelum tidur.

3. Meningkatkan Berat Badan

Perkembangan anak-anak mulai dari bayi sangat mengandalkan susu, khususnya dalam hal peningkatan berat badan dari bayi-bayi yang tergolong terlalu kurus. Hal ini juga berlaku bagi orang dewasa. Seringkali, orang dewasa memiliki berat badan yang terlalu kurus dan terlihat tidak sehat. Kalsium pada susu dapat membantu anda dalam menambah nafsu makan dan meningkatkan berat badan anda secara alami. Oleh karena itu, konsumsi susu sebelum tidur dipercaya mampu meningkatkan berat badan anda masing-masing. (baca juga: Manfaat Susu)

Artikel terkait:

4. Memasok Energi yang Tersedia saat Terbangun Pagi Hari


Selama tertidur di malam hari, akan sangat banyak energi yang habis. Agar lebih segar keesokkan harinya, tentu energi yang habis untuk terlelap itu harus memiliki pengganti segera. Manfaat minum susu sebelum tidur adalah salah satu cara untuk menyediakan asupan energi saat terbangun di pagi hari. Susu yang anda minum setiap malam ini tidak hanya bermanfaat untuk energi fisik saja, tetapi juga untuk energi mental ada. Hal ini menjadi alasan mengapa meminum susu di pagi hari sangat banyak diperbincangkan akhir-akhir ini.

5. Mengurangi Nafsu Makan di Malam Hari

Kebiasaan makan di malam hari merupakan kebiasaan yang tidak sehat dan merupakan latar belakang dari banyaknya penyakit saat ini. Makan di malam hari ini dikarenakan kondisi perut yang lapar dan menjadi terbangun-bangun saat tidur. Minum susu merupakan salah satu untuk menjaga perut tetap kenyang saat tidur, namun tidak perlu makan di malam hari. Minum susu sebelum tidur dapat memasok banyak protein dan mineral untuk membantu kamu tetap istirahat dengan tenang tanpa terbangun dari tidur. (baca juga: Manfaat Makan Pisang Sebelum Tidur)

6. Melancarkan Sistem Pencernaan dan Fungsinya

Usus yang aktif di malam hari ketika anda tidur dapat didukung dengan meminum susu sebelum tidur. Minum susu sebelum tidur ini dapat membantu usus memperbaiki kondisi saluran pencernaan dan fungsinya untuk berjalan lebih lancar. Oleh karena itu, mengonsumsi susu dikenal juga manfaatnya sama seperti pepaya yang sangat baik untuk pencernaan. Jika terus dikonsumsi dengan rutin, meminum susu sebelum tidur dapat mencegah terjadinya gangguan sistem pencernaan seperti sembelit dan gangguan lainnya.

7. Mencegah Penyakit Kanker Usus

Kanker usus merupakan permasalahan usus yang dilatarbelakangi oleh munculnya tumor ganas bernama adenoma. Tumor ganas adenoma merupakan jenis tumor di usus besar yang bersifat sangat berbahaya. Namun, jika kamu rajin minum susu sebelum tidur resiko perkembangan tumor ganas ini dapat dicegah. Susu kaya akan kalsium, dan kalsium sangat efektif dalam mencegah perkembangan tumor ganas adenoma. Oleh karena itu, konsumsilah susu setiap malam sebelum kamu tidur untuk memastikan bahwa kamu terbebas dari resiko penyakit kanker usus. (baca juga: Manfaat Susu Sapi Murni)

8. Mencegah Penyakit Osteoporosis

Penyakit osteoporis atau kelainan tulang ini merupakan penyakit yang disebabkan oleh kondisi tulang yang tidak sehat. Tulang yang tidak sehat merupakan tulang yang kurang asupan kalsium yang cukup. Susu merupakan sumber kalsium yang cukup tinggi. Jika dikonsumsi di malam hari, penyerapan kalsium pun berlangsung lebih efektif daripada di siang hari. Oleh karena itu, untuk mendapatkan tulang yang kuat dan jauh dari resiko osteoporosis konsumsilah susu setiap sebelum tidur. Selain osteoporosis, penyakit tulang lain seperti keropos tulang atau bahkan kanker tulang pun dapat dicegah perkembangannya.

9. Mengurangi Rasa Nyeri saat Haid

Rasa nyeri saat haid tentu sudah umum dirasakan oleh para wanita. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan oleh Dr.Jacobs, pemberian kalsium dalam jumlah cukup tinggi pada wanita yang sedang menstruasi dapat mengurangi hingga 48% keadaan tersebut. Oleh karena itu, kesimpulan dari penelitian ini adalah gangguan saat sedang haid salah satunya nyeri dapat diatasi dengan mengonsumsi susu setiap sebelum tidur dengan rutin. Kalsium merupakan zat yang mampu meminimalisir rasa sakit akibat peluruhan dinding rahim ini. (baca juga: Manfaat Tidur Tanpa Bh)

Artikel terkait:

10. Menguatkan Kondisi Tulang serta Gigi

Susu sangat kaya akan kalsium. Fakta ini tentu tidak perlu diragukan lagi. Manusia pun memiliki tulang dan gigi yang sangat membutuhkan asupan nutrisi kalsium ini. Sayangnya, minum susu bukanlah kebiasaan yang banyak dilakukan oleh masyarakat. Padahal kecukupan kalsium yang didapatkan dan meringankan resiko patah tulang yang anda alami jika anda kecelakan. Itu salah satu contohnya. Contoh lainnya, anda dapat menjaga kesehatan gigi anda agar tidak mudah lepas dan menjadi ompong. Kecukupan kalsium ini adalah yang paling menjadi perhatian dalam upaya menjaga kesehatan tulang dan gigi anda.

11. Melembabkan Kulit yang Kering


Kulit yang kering akan menghasilkan kulit yang kusam dan tidak sedap dipandang mata. Tentunya kulit kering ini harus dicari cara mengatasinya. Salah satu cara alami mengembalikan kulit anda yang lembab dan sehat bersinar adalah dengan mengonsumsi susu secara rutin sebelum tidur. Konsumsi susu sebelum tidur dapat meningkatkan efektifitas kerja dari asam laktat. Asam laktat merupakan jenis asam yang mampu mengangkat kulit mati dari permukaan kulit kita. Kulit mati yang terbasmi sempurna ini dapat membuat kulit anda semakin terlihat cerah dan tidak kusam serta kusut seperti sebelumnya lagi. Selain asam laktat, susu juga memiliki kandungan anti oksidan. Kandungan anti oksidan merupakan kandungan yang dapat juga meningkatan metabolisme tubuh. Penggolongan nutrisi dan penyebaran nutrisi secara merata dipengaruhi oleh rutinitas anda mengonsumsi susu secara rutin.

12. Meningkatkan Kemampuan Fertilitas Wanita

Wanita seringkali mengalami kesulitan dalam mendapatkan keturunan. Kesulitan ini memunculkan banyak usaha baik secara medis maupun tidak dalam upaya untuk dapat memiliki keturunan. Padahal, salah satu cara alami untuk meningkatkan kemampuan fertilitas seorang wanita adalah dengan mengonsumsi susu secara rutin sebelum tidur. Susu tinggi lemak khususnya yang dikonsumsi dalam jumlah yang tinggi dapat meminimalisir resiko anda. Gangguan kesuburan ataupun ovulasi merupakan penyakit yang dapat disembuhkan oleh kandungan susu. Konsumsi susu ini dapat menurunkan makar serta sebanyak 25%.

Nah, berikut tadi beberapa informasi mengenai manfaat minum susu yang sudah dilakukan. Semoga anda dapat menyelesaikan permasalahan anda dengan menggunakan konsumsi susu yang masih rutin dilakukan setiap hari sebelum tidur.

, , ,
Oleh :
Kategori : Minuman