10 Manfaat Rebusan Daun Kelor Paling Terkenal di Dunia

Kelor atau moringa merupakan sejenis tumbuhan yang bagian daunnya bisa digunakan sebagai sayur maupun obat begitu juga dengan bagian buah kelor yakni kelentang yang juga dapat dikonsumsi sebagai sayur. Daun kelor tidak hanya baik dikonsumsi orang dewasa namun juga baik untuk bayi dan anak anak dalam masa pertumbuhan karena mengandung vitamin C 7 kali lebih banyak dari jeruk, kalsium yang 4 kali lebih banyak dari susu, vitamin A yang 4 kali lebih banyak dari wortel, protein yang 2 kali lebih banyak dari susu dan juga potasium yang 3 kali lebih banyak dari pisang serta mengandung vitamin B2, B3 dan antioksidan. Dengan begitu banyak kandungan dalam daun kelor ini, tidak heran jika daun tersebut sudah banyak digunakan oleh masyarakat seluruh dunia sebagai pengobatan tradisional menyembuhkan penyakit. Salah satu cara terbaik untuk memperoleh manfaat daun kelor adalah direbus dan selain manfaat daun kelor untuk asam urat, ada banyak manfaat rebusan daun kelor ini bisa anda lihat selengkapnya dalam ulasan berikut ini.

  1. Menangkal Radikal Bebas

Daun kelor adalah sumber antioksidan yang sangat penting untuk menangkal radikal bebas, molekul penyebab stres oksidatif, kerusakan sel dan juga inflamasi. Daun kelor mengandung beberapa jenis antioksidan seperti polifenol, flavonoid dan juga asam askorbat. Dengan mengkonsumsi rebusan daun kelor ini, maka kerusakan dan degradasi bisa dicegah sekaligus melindungi DNA.

  1. Mencegah Peradangan

Peradangan bisa menjadi penyebab berbagai penyakit kronis seperti gangguan pernapasan, penyakit kardiovaskular, artitis dan juga obesitas. Air rebusan daun kelor ini bisa mengatasi peradangan dengan cara menekan enzim peradangan dan juga protein dalam tubuh.

  1. Mengurangi Gejala Diabetes

Daun kelor juga terbukti efektif untuk mengurangi kadar lipid dan glukosa sekaligus mengurangi stres oksidatif pada penderita diabetes namun lebih kepada melindungi kerusakan sel dibandingkan menurunkan kadar gula darah dan kolesterol.

  1. Melindungi Sistem Kardiovaskular

Manfaat daun kelor untuk jantung khususnya dalam mengendalikan lipid darah, mencegah pembentukan plak pada arteri dan juga menurunkan kadar kolesterol tinggi.

  1. Melindungi Kesehatan Otak

Kandungan vitamin C dan E tinggi dalam daun ini akan melawan oksidasi penyebab degenerasi neuron, memperbaiki fungsi otan dan juga menormalkan serotonin, dopamin serta noradrenalin neurotransmitter pada otak. Dengan mengkonsumsi air rebusan daun kelor dengan teratur, maka memori, mood, fungsi organ dan respon terhadap stimulus seperti stres dan perasaan gembira bisa ditingkatkan sekaligus mencegah depresi dan psikosis.

  1. Melindungi Organ Hati

Daun kelor mengandung polifenol tinggi yang sangat baik untuk melindungi organ hati dari racun, oksidasi dan juga kerusakan. Daun kelor bisa mengurangi kerusakan organ hati, detoksifikasi darah, memproduksi empedu lebih baik, metabolisme fruktosa, metabolisme lemak dan juga mengolah nutrisi lebih baik.

  1. Mengandung Antimikroba dan Antibakteri

Rebusan daun kelor juga mengandung antimikroba dan antibakteri yang sangat ampuh untuk melawan infeksi kulit dan strain bakteri serta menyembuhkan infeksi saluran kencing dan masalah pencernaan.


  1. Mempercepat Penyembuhan Luka

Daun kelor berkhasiat untuk proses pembekuan darah dan menyembuhkan luka lebih cepat sekaligus mengurangi rasa sakit yang ditimbulkan baik itu luka gore, memar atau menghentikan pendarahan. Gunakan air rebusan ini sebagai pembasuh luka sehingga bisa lebih cepat sembuh.

  1. Menurunkan Kadar Kolesterol

Air rebusan daun kelor selanjutnya juga bisa digunakan untuk mengurangi kolesterol tinggi dalam tubuh dan sudah banyak digunakan dalam pengobatan Asia untuk obat tradisional tonik jantung. Mengkonsumsi air rebusan ini bahkan bisa menurunkan kadar kolesterol hingga mencapai 86% dan mencegah pembentukan plak aterosklerotik.

  1. Membantu Menurunkan Berat Badan

Ekstrak daun kelor yang diambil dari air rebusan ini juga sangat ampuh digunakan untuk menurunkan berat badan karena mengandung anti inflamasi dan juga sifat diuretik sehingga retensi air bisa dikurangi. Sedangkan kandungan serat dalam daun kelor berguna untuk menyerap lemak berlebih dalam usus dan mencegah akumulasi lemak berlebih.

Manfaat rebusan daun kelor ini bisa dengan mudah dibuat yakni dengan merebus beberapa lembar daun kelor yang masih segar dengan air dan minum air rebusan tersebut dengan teratur. Selain itu, ekstrak daun kelor dalam bentuk bubuk juga sudah banyak dijual sehingga lebih praktis untuk dikonsumsi selain bisa juga dikonsumsi sebagai sayuran.

, ,
Oleh :
Kategori : Herbal