9 Manfaat Daun Bidara Kering Untuk Kesehatan

Bidara dengan nama Latin Ziziphus Mauritana adalah tanaman penghasil buah yang menyerupai tumbuhan semak belukar yang proses pertumbuhannya termasuk cepat, memiliki banyak cabang dan duri di setiap bagian kayunya. Daun Bidara berbentuk elips dan berwarna hijau mengkilap, habitatnya ada di daerah yang cenderung kering dan hanya mendapatkan sedikit curah hujan. Dikenal juga dengan berbagai nama di daerah lain seperti widara, dara, bukol, bekul, ko, bedara, dan masih banyak lagi. Daun Bidara juga disebut dengan nama lain di negara lain seperti jujub, epal siam, manzanitas, putrea, dan lainnya. dalam bahasa Inggris dikenal dengan nama jujube, indian jujube, indian plum atau chinese apple dan jujubier dalam bahasa Prancis. Bidara berkualitas unggul diperjualbelikan sebagai buah segar untuk langsung dimakan atau dibuat menjadi minuman. Daun – daun mudanya bisa dijadikan sayuran sedangkan daun tua untuk pakan ternak. Rebusan daun bidara diminum sebagai jamu, karena berguna sebagai antioksidan, imunostimulan, sitoprotektif, hepatoprotektor dan berbagai manfaat farmakologis penting yang lain.

Khasiat Daun Bidara yang Dikeringkan

Daun bidara biasanya dikeringkan dan ditumbuk menjadi bubuk, lalu disimpan untuk keperluan konsumsi jamu tersebut dengan mencampurkannya bersama air hingga menjadi pasta oles atau untuk diminum. Beberapa manfaat daun bidara kering yaitu:

1. Mengobati luka bakar

Manfaat daun bidara untuk kesehatan dan kecantikan lainnya adalah untuk mengobati luka bakar. Daun bidara bisa digunakan untuk mengobati luka bakar karena mengandung senyawa yang bisa meringankan luka bakar yang diderita seseorang. Daun ini dapat memberikan efek dingin. Perawatan yang dilakukan secara rutin menggunakan daun bidara membuat belas luka akan menipis dan tampak seminimal mungkin.

2. Memperbaiki pencernaan

Kurangnya nafsu makan bisa menyebabkan seseorang mengalami berbagai masalah kesehatan yang merugikan pertumbuhan terutama pada anak – anak. Aroma dan senyawa dalam daun bidara mengandung manfaat daun bidara kering yang bisa meningkatkan nafsu makan. Daun bidara akan diolah menjadi kapsul atau teh yang bisa mempengaruhi sistem pencernaan dan mengubah pola makan sebelumnya. Daun bidara juga bisa meredakan berbagai macam penyakit pada lambung termasuk untuk penderita maag, tukak lambung dan bahkan kanker lambung. Manfaat daun bidara untuk ambeien juga bisa berasal dari perbaikan sistem pencernaan sehingga tidak menghalangi proses buang air besar.[AdSense-B]

3. Mengatasi gejala depresi

Depresi adalah gangguan yang disebabkan oleh adanya sistem saraf yang tegang. Untuk mengatasinya, di di dalam daun bidara terkandung senyawa yang bisa mengatasi ketegangan saraf. Anda bisa mendapatkan manfaat daun bidara kering yang akan membantu mengatasi gejala depresi. Melakukan manfaat olahraga untuk psikis manusia dan manfaat relaksasi otot progresif akan membuat gejala depresi berkurang pula.

4. Mengobati penyakit diabetes

Penyakit diabetes akan berbahaya bagi tubuh jika tidak diobati dengan benar. Manfaat daun bidara kering bisa mengobati penyakit diabetes melitus tipe 1 dan 2 ataupun diabetes gestasional karena indeks glikemik daun bidara sangat rendah. Daun bidara juga mampu melindungi tubuh dari kerusakan pengaturan kadar gula dalam tubuh, dengan mengonsumsinya seperti teh yang dapat menstabilkan kadar gula darah dan melindungi pengaturan produksi insulin pada tubuh.

5. Mengatasi jerawat

Manfaat daun bidara kering dapat mengatasi masalah jerawat di kulit wajah karena dapat membersihkan kulit dan menjaga kesehatan kulit. Campur bubuk yang didapatkan dari daun bidara kering lalu tambahkan sedikit air sampai agak kental. Oleskan sebagai masker pada wajah yang berjerawat, biarkan beberapa menit sampai agak mengering lalu bilas. Lakukan secara teratur dan jerawat akan berangsur hilang dari wajah Anda.

6. Mempercepat penyembuhan luka

Manfaat daun bidara kering dapat digunakan untuk mengobati luka dengan kandungan senyawa anti inflamasinya yang dapat membuat bagian tubuh yang luka menjadi lebih cepat sembuh. Gunakan daun bidara kering dan tumbuk sampai menjadi bubuk. Gunakan secukupnya dan campurkan dengan air hingga menjadi pasta kental. Oleskan pada bagian tubuh yang terluka setelahnya.

7. Merawat kulit kering

Kulit wajah yang kering menyebabkan seorang wanita kerap merasa tidak percaya diri karena tampak kusam dan tidak terawat. Manfaat daun bidara kering bisa digunakan sebagai masker untuk merawat wajah yang kering. hancurkan daun bidara kering sampai menjadi abu dan campur dengan sedikit air. Anda juga bisa mencampurnya dengan madu atau perasan jeruk lemon. Oleskan maskser pada seluruh wajah, tangan dan kaki. Diamkan beberapa menit lalu bilas dengan air hangat, dan lakukan secara rutin. [AdSense-C]

8. Menjaga kesehatan jantung

Konsumsi daun bidara berfungsi untuk menurunkan tingkat kolesterol jahat atau LDL di dalam darah. Air rebusan daun bidara bisa mengikat kolesterol di sistem pencernaan lalu membuangnya melalui feses. Dengan menurunkan tingkat kolesterol jahat ini juga dapat membantu mencegah penyakit jantung yang disebabkan oleh penumpukan kolesterol jahat dalam tubuh akibat pola makan yang salah.

9. Menurunkan berat badan

Bagi Anda yang perlu menurunkan berat badan, manfaat daun bidara kering  dapat membantu hal tersebut dengan membuatnya menjadi manfaat teh daun bidara. Mengonsumsi air rebusan atau teh daun bidara bisa membantu menurunkan berat badan karena rasa kenyang yang lebih lama dan juga dapat membantu dalam proses pembakaran lemak.

Manfaat daun bidara kering bagi kesehatan memang sangat banyak dan luar biasa termasuk juga manfaat buah bidara untuk kesehatan, juga manfaat sabun bidara untuk kecantikan, namun hal itu juga perlu diimbangi dengan perubahan gaya hidup sehat dan pola makan yang benar. Sebab hanya dengan mengonsumsi daun bidara tanpa mengubah hal – hal yang memicu penyakit, tidak akan mendatangkan hasil yang maksimal. Manfaat dari daun bidara tidak akan didapatkan dan tidak akan berhasil dengan baik tanpa adanya usaha secara menyeluruh untuk menjaga kesehatan tubuh Anda.