5 Manfaat Arang Aktif untuk Kesehatan

Manfaat arang bagi kesehatan sudah terbukti dapat membantu menyehatkan tubuh secara keseluruhan. Arang aktif memiliki pengertian yaitu arang yang di bakar pada suhu 6 sampai dengan 8 kali lebih panas dari suhu 100 derajat celcius. Pembakaran arang ini di lakukan di ruangan yang kedap udara sehingga membuat arang aktif ini memiliki pori – pori. Keberadaan pori – pori inilah yang menjadikan arang aktif. Dalam dunia kesehatan terdapat lima manfaat arang aktif antara lain adalah sebagai berikut :

1.Menurunkan kolesterol

Manfaat arang aktif yang pertama adalah untuk menurunkan kolesterol. Menurunkan kolesterol menjadi wajib bagi Anda yang memiliki riwayat kolesterol tinggi. Karena kadar kolesterol yang tingi dapat mengakibatkan penyakit jantung koroner. Dimana kadar kolesterol yang tinggi bisa disebabkan oleh makanan yang berminyak dan berlemak. Namun dibalik itu semua manfaat kolesterol tetaplah penting bagi tubuh. Kolesterol yang normal memiliki manfaat untuk melancarkan metabolisme dalam tubuh, membantu penyerapan kalsium dan membantu pembentukkan vitamin D. Dimana manfaat vitamin d bagi kesehatan tubuh adalah menjaga kekebalan tubuh dan mencegah kanker payudara.

2. Mencegah penuaan dini

Manfaat arang aktif yang kedua adalah untuk mencegah penuaan dini. Penuaan dini terjadi akibat radikal bebas yang terdapat diudara kemudian teroksidasi dan membuat kulit cepat mengalami penuaan. Penuaan dini ditandai dengan kulit yang mengalami keriput sebelum waktunya. Penyebab kulit mengalami keriput karena hilangnya kolagen dalam kulit. Kolagen ini memiliki manfaat untuk menjaga kekenyalan kulit sehingga tampak awet muda seperti halnya manfaat antioksidan. Selain itu kolagen banyak terdapat pada berbagai sumber antioksidan yang banyak terdapat pada buah – buahan dan sayur – sayuran.

3. Memutihkan gigi

Manfaat arang aktif yang ketiga adalah untuk memutihkan gigi. Gigi termasuk salah satu penunjang cantik penampilan. Memiliki gigi yang putih dan sehat merupakan keinginan semua orang. Namun untuk mendapatkan gigi yang putih dan sehat perlu kesadaran untuk melakukan perawatan gigi yang berkelanjutan. Biasanya kita dianjurkan untuk membersihkan gigi dua kali sehari. Manfaat odol adalah untuk membantu membersihkan sisa makanan yang terdapat di gigi. Selain itu Anda juga bisa menggunakan arang aktif untuk memutihkan gigi. Caranya sediakan arang aktif secukupnya kemudian beri sedikit air. Setelah itu oleskan dan gosokkan arang aktif tersebut pada bagian gigi secara merata. Jika sudah baru kemudian Anda berkumur – kumur.

4. Menyehatkan tubuh

Manfaat arang aktig yang keempat adalah menjaga kesehatan tubuh. Kesehatan tubuh termasuk salah satu bagian terpenting dalam kehidupan. Tubuh yang sehat memungkinkan Anda untuk melakukan berbagai kegiatan yang bermanfaat untuk orang banyak. Selain itu tubuh yang sehat membuat Anda mensyukuri nikmat yang diberikan oleh Tuhan. Arang aktif dapat menyehatkan tubuh dengan cara di minum. Anda dapat meminum air yang di campur dengan arang aktif ini yang sebelumnya sudah di konsultasikan dengan dokter kesehatan.

5. Menyehatkan kulit

Manfaat arang aktif yang kelima adalah menyehatkan kulit. Kulit merupakan salah satu bagian terbesar dan terluas yang di miliki manusia. Kulit yang sehat ditandai dengan kulit yang kenyal dan bebas dari berbagai macam penyakit kulit. Cara arang aktif menyehatkan kulit adalah dengan menjadikan arang aktif sebagai masker. Ini merupakan salah satu solusi kecantikan kulit secara alami.

Nah, itulah beberapa manfaa arang aktif untuk kesehatan yang dapat Anda jadikan sebagai salah satu pilihan menjaga kesehatan secara alami.