2 Manfaat Cuka Apel untuk Darah Tinggi

Manfaat cuka apel untuk darah tinggi . Cuka apel merupakan hasil fermentasi dari buah apel. Kandungan vitamin dan mineral pada apel akan menyebabkan tubuh tetap bugar dan berguna sebagai pencegahan terhadap berbagai penyakit.

Apel sendiri terdiri dari berbagai varietas yang beragam dan memiliki khasiat yang luar biasa. Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa apel memiliki kansungan kalium dan pottasium yang tinggi dimana mineral ini merupakan salah satu pencegah terjadinya stroke akibat tekanan darah tinggi, mengurangi kadar kolesterol serta melancarkan aliran arah dan mencegah penyumbatan pada pembuluh darah. Berbeda dengan manfaat pisang untuk darah tinggi kebanyakan apel dikonsumsi langsung tanpa dijadikan olahan tertentu.

Salah satu bentuk olahan apel yang terkenal ialah cuka apel. Berbeda dengan manfaat makan granola Kandungan pektin sangat efektif guna menekan kolesterol jahat yang menyebabkan penyumbatan pada pembuluh darah serta meningkatkan kadar kolesterol baik. Cuka apel ialah sumber serat larut yang mengandung kalsium sebagai pengendali kolesterol dan lemak. Selain sebagai solusi untuk darah tinggi cuka apel juga bersifat antiseptik dimana dapat menekan jumlah baktei jahat pada pencernaan, memperbaiki metabolisme tubuh, memperlancar aliran darah, mencegah resiko obesitas serta cuka apel mengandung  karotenoid, sumber vitamin A yang berfungsi meningkatkan daya tahan tubuh.

Manfaat cuka apel sebagai obat darah tinggi, diantaranya:

1. Tinggi Kandungan Kalsium 

Mengatur tekanan darah agar tetap stabil diperlukan sejumlah mineral seperti kalsium, magnesium dan kalium. Berbeda dengan manfaat buah pir untuk diet secara alami cuka apel mengandung masing-masing nutrisi tersebut dalam jumlah yang relatif kuat, sehingga berkhasiat sangat ampuh jika dimanfaatkan sebagai obat untuk mengatasi masalah kesehatan seperti hipertensi. Cuka apel bersifat asam dikarenakan bahan utama didalamnya ialah asam asetat yang kuat. Campurkan dengan air atau jus sebelum mengonsumsinya. Disarankan untuk meminum cuk apel dengan dosis 2 gelas sendok makan per hari dengan mencampurkannya kedalam segelas air atau minuman lainnya yang tidak terdapat bahan pengawet maupun pemanis buatan.

2. Tinggi Kandungan Kalium

Tekanan darah tinggi merupakan kondisi kesehatan yang wajib diwaspadai. Salah satu kandungan dari cuka apel yang bermanfaat untuk hipertensi ialah kalium dimana kalium merupakan unsur yang mengurangi kadar sodium dalam tubuh. Berkurangnya kadar sodium dalam tubuh berarti mengurangi pula tekanan darah. Perlu diingat bahwa cuka sari apel harus digunakan hanya sebagai bagian dari makanan bergizi seimbang saja. Dokter menyarankan agar kita mengadopsi gaya hidup yang sehat untuk menjaga tekanan darah tetap sehat, seperti  tidak merokok, tidak mengurangi waktu tidur, menjaga pola makan sehat, mengelola stres dengan baik dan berolahraga secara teratur.

Semakin tinggi kadar kalium akan menyebabkan risiko terkena serangan jantung dan stroke semakin rendah karena kalium mengimbangi peran sodium di dalam tubuh. Dengan cuka apel akan membantu kadar kalium akan kembali seimbang. Manfaat kalium untuk menurunkan tekanan darah adalah dengan cara menyeimbangkan efek negatif dari garam. Untuk mengendalikan tekanan dalam darah, ginjal akan mengendalikan jumlah cairan yang tersimpan dalam tubuh Anda. Semakin banyak cairan dalam tubuh, maka semakin tinggi tekanan darah. Berbeda jika melihat manfaat jus rambutan ginjal mengendalikan jumlah cairan dengan cara menyaring darah dan menyerap cairan berlebih yang kemudian akan dikeluarkan sebagai urine (air kencing). Proses ini memanfaatkan keseimbangan antara garam dan kalium untuk menarik air melintasi dinding sel di ginjal.


Jika Anda sedang menjalani perawatan kesehatan, sebaiknya berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu untuk memastikan apakah mengonsumsi cuka  apel bertentangan dengan obat-obatan yang Anda konsumsi saat ini. Selalu periksa kesehatan secara rutin guna mencegah dan memprediksi berbagai kemungkinan penyakit berbahaya dalam tubuh. Semoga bermanfaat.

,
Oleh :
Kategori : Minuman